Vinfast Bawa Modal 18 Triliun ke Indonesia, Gebrakan Mobnas Vietnam!

by Tigor Sihombing
VinFast

Vinfast pabrikan mobil asal Vietnam siap serbu pasar Indonesia. Perusahaan otomotif yang berfokus pada elektrifikasi ini dikabarkan menjanjikan telah menyiapkan modal sebesar US$1,2 miliar atau senilai Rp 18 miliar lebih untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Mengutip laman Investmen Monitor 7 November 2023, Vinfast nantinya berencana mendirikan pabrik di Indonesia mulain tahun 2026 yang akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 50 ribu unit kendaraan per tahun.

VinFast menyatakan bahwa mereka berencana untuk mulai mengirimkan kendaraan listrik ke Indonesia pada tahun 2024 dengan meluncurkan model-model seperti VF e34, VF 5, VF 6, dan VF 7.

Perusahaan tersebut menyampaikan, telah mengidentifikasi Indonesia sebagai salah satu dari tujuh klaster pasar baru mereka. “Indonesia sebagai pasar potensial utama untuk mendirikan fasilitas manufaktur kendaraan listrik dan baterai kami, karena biaya produksi yang relatif rendah dan ketersediaan bahan baku dalam negeri,” tulis Vinfast.

Setelahnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko membenarkan bahwa produsen mobil listrik asal Vietnam, Vinfast akan membangun pabrik di Indonesia dan akan segera memulai pembangunan pabrik mobil listrik.

Baca juga  Daftar Harga VinFast Juni 2024, Promo dan Lokasi Diler

“Vinfast, salah satu perusahaan mobil listrik besar di kawasan, telah mengekspor kendaraannya ke Eropa dan Amerika. Mereka akan membangun pabrik mobil listrik di sini, dan mungkin akan membantu terbentuknya ekosistem industri mobil listrik,” kata Moeldoko.

Selain itu para eksekutif Vinfast telah bertemu dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Kantor Kementerian Perdagangan pada awal September 2023. Zulkifli Hasan menyatakan bahwa izin investasi Vinfast akan dipermudah di Indonesia.

“Akan dipermudah, karena Indonesia akan menjadi pusat produksi mobil listrik. Meskipun produksinya dilakukan di sini, nantinya ekspor juga akan menjadi opsi. Kami bersaing dengan Thailand. Keuntungannya adalah pasar kami besar dan kami memiliki sumber daya baterai, terutama nikel,” ungkap Zulkifli Hasan.

Vinfast VF3

VinFast

Mobil listrik VinFast VF3

Selain mobil-mobil VF e34, VF 5, VF 6, dan VF 7 yang katanya akan hadir di Indonesia, pabrikan yang juga bermarkas di Singapore ini baru saja memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka, VF3. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.114 mm, lebih pendek dari Suzuki Jimny yang memiliki panjang 3.625 mm.

Baca juga  Mobil Listrik VinFast VF3, SUV Mungil Asal Vietnam!

Desain eksterior mobil listrik VinFast VF3 mengotak. Tampil dengan dengan grill hitam, garis ornamen krom, dan logo “V” pada bagian depan. Bagian atap, spion, dan over fender juga dilapisi dengan warna hitam untuk kesan gagah. Bagian belakang menampilkan desain simpel dengan bumper berlekuk agresif, lampu berukuran sedang, dan garis horizontal krom.

Interior mobil memiliki desain minimalis dengan layar sentuh untuk pengoperasian AC. Setir dilengkapi dengan beberapa tombol dan logo “V” beraksen krom.

VinFast VF3 baru akan resmi didistribusikan pada kuartal III 2024. Perusahaan juga belum mengungkap harga pasti yang akan ditawarkan ke konsumen di negaranya. Demikian ulasan Vinfast yang siap dirikan pabrik di Indonesia.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.


 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika