Komparasi Mobil Bekas Wuling Almaz SE MT 2021 Vs Mazda CX-5 2.5 2014, Pilih Mana?

by Firdaus Ali
Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi mobil bekas Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014. Meski keduanya beda tahun, harga bekasnya mirip.

Kedua mobil bekas SUV itu tentunya punya kelebihan dan kekurangan. Mulai dari kelengkapan fitur, konsumsi bahan bakar, kenyamanan kabin dan performa mesinnya.

Wuling Almaz SE MT 2021 ini merupakan varian entry level alias yang terendah di keluarga Almaz series. Meski menyandang sebagai tipe terendah, tampilan Almaz banyak memikat konsumen yang mencari SUV 7-seater kala itu.

Tampilan eksterior Almaz cukup modern, kombinasi desain grill, headlamp dan bmpernya terlihat proporsional. Kemudian lekukan body dan bagian belakngnya juga cukup menarik.

Selanjutnya untuk Mazda CX-5 2.5 2014 juga tak kalah menarik. Punya desain eksterior yang lebih mewah jika dibandingkan dengan Almaz. Desain headlamp, grill dan bumpernya menunjukan ciri khas dari Mazda.

Kelebihan Mazda CX-5 2.5 2014

Komparasi mobil bekas Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014 pertama akan membahas kelebihan dari CX-5. Yup, meski mobil ini sudah berumur lebih dari 10 tahun, aura kemewahan dari mobil ini masih kental terlihat, baik dari sisi eksterior dan interiornya.

Bagian interior terlihat mewah berkat material soft touch yang disematkan ke beberapa bagian. Kemdudian untuk joknya juga sudah dilapisi dengan material kulit.

Kemudian posisi mengemudi juga terbilang nyaman, sebab setir sudah bisa diatur maju mundur dan atas bawah. Hal ini tentunya memungkinkan pengemudi mengatur posisi menyetir dengan lebih mudah.

Baca juga  Komparasi Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander Exceed 2018

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, Mazda CX-5 lansiran 2021 ini mengadopsi speaker premum merek Bose. Kemudian, ada pula sunroof untuk menambah kesan mewah pada mobil.

Kemudian untuk fitur keselamatan juga sudah disediakan Lane Keeping Assist (LKA). Fitur ini pakai sensor kamera atau sensor lainnya untuk mengidentifikasi garis pembatas jalan, seperti garis putih atau kuning di sepanjang sisi jalan. Setelah identifikasi tersebut, sistem akan mengawasi posisi kendaraan di dalam jalur dan memberikan peringatan atau intervensi jika kendaraan mulai bergerak keluar dari jalur tanpa adanya sinyal ganti lajur.

Kemudian ada pula fitur i-stop yang memungkinkan mesin mobil akan mati sementara jika dalam keadaan macet, kemudian mesin akan hidup kembali hanya dengan menekan pedal gas. Tak hanya itu saja, ada juga fitur AFS (Adaptive Front Lighting System), dimana AFS ini bisa mengatur arah sorotan lampu mengikuti arah setir. Selanjutnya ada juga fitur Cruise Control untuk mendukung kenyamanan berkendara.

Kamera mundur juga sudah disematkan pada CX-5 2.5 2014. Kemudian performa mesin juga mumpuni. Mazda CX-5 2.5 lansiran 2014 ini mengadopsi mesin 2.5L 4-silinder Skyactiv yang di atas kertas tenaganya mencapai 185 hp dan torsi puncak 250 Nm melalui transmisi AT 6-speed.

Baca juga  Komparasi Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander Exceed 2018

Kekurangan Mazda CX-5 2.5 2014

Komparasi mobil bekas Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014 selanjutnya adalah kekurangan dari CX-5 2.5 2014. Dimana salah satunya adalah transmisi matiknya bunyi “jedug”. Ini wajar karena mobil sudah berumur 10 tahun.

Kemudian sparepart juga mahal, sebagai contoh part pada bagian lampu depan (Adaptive Front Light System). Dimana jika komponen ini bermasalah, harga sparepartnya jutaan. kemudian juga harga discbrake satunya kisaran Rp 4 juta dan biaya servisnya mahal. Oh ya, meski mobil sudah berumur 10 tahun pajaknya mencapai Rp 5 juta.

Oh ya, kabin interiornya juga tergolong sempit utamanya untuk baris kedua. Ini tentu menjadi kekurangan jika mobil ini diisi penuh 5 penumpang.

Kelebihan Wuling Almaz SE MT 2021

Komparasi mobil bekas Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014 selanjutnya adalah kelebihan dari Almaz SE MT 2021. Dimana salah satunya adalah kabin interior yang lega dan menampung kapasitas 7-penumpang. Adapun dimensinya yaitu panjang 4.670 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm serta wheelbase 2.750 mm.

Kemudian terdapat pula head unit tuchscreen vertikal dengan ukuran yang besar. Layar infortainment ini juga bisa mengakomodir untuk mengaktifkan beberapa fitur mobil, sehingga memudahkan pengemudi ataupun penumpang depan.

Almaz SE MT 2021 juga sudah dilengkapi fitur Smart Voice Command berupa WIND (Wuling Indonesia Command), Airbag di bagian depan, Seatbelt Reminder untuk pengendara dan penumpang depan, Isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Emergency Stop Signal, ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System, Immobilizer, Alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, kamera parkir di belakang, dan Auto Door Lock.

Baca juga  Komparasi Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander Exceed 2018

Ada lagi, transmisi manual dari Wuling Almaz ini menurut kami sangat responsif sehingga mengasyikan bagi konsumen yang suka dan ingin merasakan akselerasi dari sebuah mobil berkopling.

Kekurangan Wuling Almaz SE MT 2021

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Nah, pada Almaz SE MT 2021 ini salahsatunya adalah seti hanya bisa tilt (naik turun) saja alias tidak bisa telescopic atau maju mundur.

Kemudian spion juga belum bisa melipat otomatis, tidak ada sunroof serta konsumsi bahan bakar boros. Menurut beberapa pemiliknya, konsumsi rata-rata BBM nya 1 banding 7 atau 8. Kekurangan selanjutnya adalah pada bagian kaki-kaki seperti steering rack yang sering bermasalah.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Komparasi mobil bekas Wuling Almaz SE MT 2021 vs Mazda CX-5 2.5 2014. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika