Selasa, Maret 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

10 Penyebab Motor Mati Mendadak Beserta Solusinya!

by Deni Ferlindungan
cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki

Pemilik sepeda motor kerap menghadapi kondisi motor mati mendadak. Menghadapi kondisi motor tiba-tiba mati tersebut tentunya tidak mengenakan.

Terkadang kondisi motor mati mendadak di alami ketika sedang asyik jalan dengan motor kesayangan. Panik? Tentu pasti dirasakan, karena kondisi ini biasanya mengakibatkan motor mogok.

Terlebih jika kondisi jalan yang dilalui adalah jalan kecil dan letak bengkel pun masih jauh. Alhasil memaksa kamu untuk mendorongnya.

Sebelum kamu kesal, dan terlanjur dorong motor. Sebaiknya kamu cek dahulu beberapa komponen yang mungkin menjadi penyebab motor mati mendadak.

Kenapa Motor Tiba-Tiba Mati?

Ilustrasi motor mogok

Ilustrasi motor mogok

Penyebab motor mati mendadak, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, Sob! Setidaknya ketika menghadapi kondisi seperti ini, kamu bisa langsung menemukan solusi dan tentunya tak perlu panik.

Pasalnya segala permasalahan mengenai motor mati mendadak ini, punya solusi yang mungkin bisa kamu atasi sendiri.

Biasanya penyebab motor mati mendadak saat jalan disebabkan oleh motor yang kehabisan bahan bakar. Selain itu, penyebab lainnya, bisa terjadi karena ventilasi tangki bensin tersumbat.

Alasan kuat motor sering mati saat jalan juga bisa disebabkan oleh main jet di ruang bakar mengalami mampet, atau bisa jadi busi motor kamu mengalami masalah.

Motor tiba-tiba mati juga bisa ditenggarai oleh overheat mesin. Mungkin tanpa kamu sadari mobil sudah berjalan jauh, dan memaksakan kinerja mesin. Hal ini bisa menyebabkan motor mati mendadak.

Busi yang kotor juga bisa berdampak pada kinerja mesin yang tidak maksimal. Dampaknya tentu bisa menjadi penyebab motor mati mendadak saat di jalan.

Faktor lain yang menyebabkan motor sering mati saat jalan. Bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. Dalam hal ini kamu BBM dengan oktan yang rendah.

Ketika menghadapi kondisi motor sering mati sendiri juga bisa disebabkan oleh filter udara yang kotor. Nahasnya kondisi terburuk yang bisa menyebabkan motor mati mendadak, karena pemasang klep tidak tepat.

Guna menunjang mesin kendaraan agar tetap prima. Kamu perlu melakukan perawatan rutin, karena jka kamu tidak pernah servis, bisa dipastikan masalah motor mati mendadak bisa terjadi pada motormu.

Baca juga  Ubah Kelistrikan Motor Dari AC ke DC? Ini Cara dan Biayanya

Dari seluruh kendala seputar motor mati mendadak di atas, Moladin juga akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ingin tahu cara mengangani motor yang sering mati sendiri? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Motor Kehabisan Bahan Bakar

Kehabisan bahan bakar mengakibatkan motor mati mendadak

Kehabisan bahan bakar mengakibatkan motor mati mendadak

Kehabisan bahan bakar kerap menjadi penyebab motor mati mendadak. Pasalnya, jika bahan bakar habir, motor tidak akan mampu berjalan

Saat mesin motor mati, kamu bisa cek dulu bahan bakar. Apalagi jika indikator bahan bakar motor kamu mati. Siapa tahu kamu lupa isi bensin, kan? Untuk kamu yang sering menunda-nunda mengisi bensin hingga kosong betul baru diisi, hati-hati, ada bahaya yang mengintai terutama motor injeksi.

Motor dengan sistem pembakaran injeksi sama sekali tidak boleh kehabisan bensin. Apabila sering terjadi, dapat mengakibatkan kerusakan di pompa bahan bakar, kemudia merembet ke komponen lain di dalam mesin.

Alangkah baiknya, sebelum motor mati mendadak kemudian rusak. Sebaiknya isi penuh dulu bahan bakar motor kamu sebelum jalan.

2. Ventilasi Tangki Bensin Tersumbat

tangki bensin tersumbat bisa berakibat motor mati mendadak

tangki bensin tersumbat bisa berakibat motor mati mendadak

Ventilasi tangki bensin yang tersumbat biasanya mengakibatkan motor mati mendadak. Jangan salah, lubang kecil satu ini, memiliki peran besar dalam mengalir atau tidaknya bahan bakar motormu.

Motor yang mati secara tiba-tiba padahal bensin penuh. Mungkin kamu bisa cek lubang kecil yang ada di tutup tangki bensin. Ventilasi ini berfungsi untuk menyamakan tekanan.

Kalau lubang kecil ini tertutup, bisa-bisa sirkulasi udara tidak lancar dan bensin akan tertahan, tidak mengalir ke karburator. Penyebabnya, bisa tertutup debu atau uap air yang masuk ke dalam saluran ventilasi tersebut.

3. Main Jet Mampet, Jadi Penyebab Motor Mati Mendadak

main jet

Main jet dapat mengakibatkan motor mati mendadak

Main jet merupakan saluran kecil yang berfungsi cukup vital bagi sepeda motor. Pasalnya main jet bertugas mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke intake manifold.

Baca juga  Kenali BBM Yang Sesuai Untuk Motor, Jangan Sembarangan Isi!

Bila saluran ini tersumbat, maka bensin tidak akan mengalir dan berujung motor mogok atau mengakibatkan motor sering mati sendiri. Main jet yang bermasalah, paling sering menyebabkan motor mati mendadak.

4. Kabel Busi Bermasalah

Kabel busi bermasalah berakibat motor mati mendadak

Kabel busi yang mengalami masalah dapat berakibat motor mati mendadak

Awas kabel busi bermasalah bisa berdampak fatal, karena menjadi penyebab motor mati mendadak. Ketika kabel busi bermasalah, dampaknya tidak bisa menghasilkan percikan listrik.

Dampaknya arus listrik pun hilang, yang mengakibatkan busi tidak akan menyala dan pembakaran tidak akan terjadi. Nah, saat pembakaran tidak terjadi maka motor tidak akan menyala.

5. Overheat Mesin

Mesin Motor Overheat

Mesin overheat paling sering mengakibatkan motor mati mendadak

Selanjutnya, membahas mengenai penyebab motor mati mendadak bisa disebabkan oleh mesin terlalu panas. Biasanya kendala ini disebabkan saluran oli yang tersumbat.

Seiring perjalanan jauh, oli memang akan berkurang, menguap melalui pori-pori mesin. Jika sudah seperti itu, ring piston akan kering dan macet. Oli ikut terbakar dan menyebabkan motor overheat sehingga motor mendadak mati.

6. Busi Kotor, Bisa Mengakibatkan Motor Mati Mendadak

Busi kotor bisa menyebabkan motor mati mendadak

Mesin kendaraan mati mendadak, bisa disebabkan busi kotor

Busi yang bermasalah atau kotor menyebabkan motor ‘brebet’ sebelum akhirnya mati. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka busi dengan kuncinya, lalu dekatkan pada blok mesin kemudian nyalakan kick starter.

Perhatikan dengan teliti, jika busi memercikkan api biru, berarti tidak ada masalah. Namun jika busi mengeluarkan api merah, itu tandanya busi kotor dan harus segera diganti.

7. Penggunaan BBM Rendah Oktan

BBM Jenis Premium

Jangan gunakan BBM dengan oktan rendah, karena mempengaruhi kinerja mesin

Pemilihan bahan bakar berpengaruh terhadap mesin motor yang bisa mati mendadak, lho! Semakin rendah kandungan oktan dalam bahan bakar, semakin besar kemungkinan timbal lepas dan menyumbat klep sehingga menyebabkan motor mati mendadak.

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik motor memilih bahan bakar Pertamax untuk mencegah terjadinya motor mati tiba-tiba. Pertamax memiliki oktan lebih tinggi, 92, sementara premium hanya 88.

Baca juga  Penyebab Membran RX King Bocor dan Efek Buruknya!

8. Filter Udara Kotor

penyebab motor brebet

Filter udara kotor, perlu dibersihkan secara berkala

Usia pemakaian motor yang lama dapat menyebabkan filter udara kotor. Sedangkan, untuk pembakaran yang sempurna, dibutuhkan filter udara untuk menyaring debu dan kotoran, agar tidak tercampur dengan bahan bakar.

Pada saat debu dan kotoran menumpuk, tarikan gas akan lebih berat dan berpotensi menyebabkan motor mati secara tiba-tiba. Hasilnya mengakibatkan motor mati mendadak, atau bisa jadi motor sering mati saat jalan.

9. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Klep motor

Setting klep yang tidak pas, mengakibatkan masalah pada kinerja mesin motor

Klep yang dipasang terlalu rapat bisa membuat mesin motor mendadak mati. Karena tidak ada celah, mesin berubah menjadi cepat panas, overheat, kemudian mati.

Kerenggangan yang dibutuhkan klep, beragam pada setiap motor. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui pemasangan klep dengan kerenggangan yang tepat pada motor sendiri.

10. Tidak Pernah Service Rutin

Service Rutin Membuat kinerja mesin jadi maksimal

Ingat, dengan rajin melakukan servis rutin. Sepeda motor kesayanganmu akan selalu dalam kondisi prima, Sob!

Hampir tidak pernah service rutin

Motor mati mendadak bisa disebabkan oleh perawatan yang kurang tepat. Kamu perlu mengetahui, bahwa wajib hukumnya untuk melakukan servis motor secara berkala.

Setidaknya kamu harus melakukan perawatan rutin dua bulan sekali. Cara ini cukup ampuh untuk merawat kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Dengan servis secara rutin, seluruh komponen motor kamu akan dibersihkan, sehingga tidak ada lagi busi kotor, ventilasi tersumbat, filter udara kotor, apalagi main jet mampet.

Walhasil, kendala motor mati mendadak bisa dipastikan tidak akan kamu alami, Sob!

Gimana, sekarang sudah tahukan mengenai 10 hal yang menyebabkan mesin motor mati mendadak. Selagi bisa mengecek masalahnya sendiri, kamu tidak perlu ke bengkel, kok!

Pun begitu, jika semua penyebab di atas semua kamu cek dan mesin masih tidak mau menyala. Itu artinya kamu harus segera mendatangi bengkel terdekat, ya!

Semoga informasi mengenai penyebab motor mati mendadak beserta solusinya ini dapat membantu kamu. Apalagi bisa menjadi solusi ketika kamu menghadapi kondisi tersebut.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin pada kendaraan, dan selalu tertib berlalu lintas, Sob!

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika