Motor Mati Mendadak Bikin Bete? Cek 10 Penyebabnya!

Moladin – Pernah mengalaminya? Lagi seru-serunya jalan sama motor kesayangan, tahu-tahu motor mati atau mogok begitu saja padahal sebelumnya tidak mengalami kendala. Panik melanda, apalagi jika jalan yang dilalui adalah jalan kecil dan letak bengkel pun masih jauh. Terpaksa dorong deh!

Nah, sebelum marah-marah, sebelum terlanjur jauh dorong motor, coba deh kamu cek dulu penyebabnya, kenapa motor tiba-tiba tidak menyala. Berikut Moladin merangkum untuk kamu, 10 penyebab mengapa motor kesayanganmu itu bisa mati mendadak. Cekidot!

 

1. Motormu Kehabisan Bahan Bakar

Ini penyebab utama motor kamu mati mendadak. Tanpa bahan bakar, motor nggak bakal jalan, dong! Coba, deh, cek dulu bahan bakar. Apalagi jika indikator bahan bakar motor kamu mati. Siapa tahu kamu lupa isi bensin, kan? Untuk kamu yang sering menunda-nunda mengisi bensin hingga kosong betul baru diisi, hati-hati, ada bahaya yang mengintai terutama motor injeksi.

Motor dengan injeksi sama sekali tidak boleh kehabisan bensin. Jika ini sering terjadi, akan menyebabkan kerusakan di pompa bahan bakar kemudian merembet ke komponen lain dalam mesin. Jadi, sebelum mati mendadak kemudian motor rusak, sebaiknya isi penuh dulu sebelum jalan, ya!

 

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

 

2. Ventilasi Tangki Bensin Tersumbat

Ini merupakan penyebab motor mati mendadak yang sering terjadi. Jangan salah, lubang kecil satu ini, memiliki peran besar dalam mengalir atau tidaknya bahan bakar motor kamu. Jika motor tiba-tiba mati padahal bensin penuh. coba cek lubang kecil yang ada di tutup tangki bensin.

Ventilasi ini berfungsi untuk menyamakan tekanan. Kalau lubang kecil ini tertutup, bisa-bisa sirkulasi udara tidak  lancar dan bensin akan tertahan, tidak mengalir ke karburator. Penyebabnya, bisa tertutup debu atau uap air yang masuk ke dalam saluran ventilasi tersebut.

 

3. Main Jet Mampet

Main jet adalah saluran kecil yang berfungsi mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke intake manifold. Jika saluran ini tersumbat, maka bensin tidak akan mengalir dan berujung mogok atau mati mendadak.

 

4. Kabel Busi Bermasalah

Kabel BusiKabel busi ada masalah

Penyebab keempat adalah kabel busi yang bermasalah sehingga tidak bisa menghasilkan percikan listrik. Jika arus listrik tidak ada, maka busi tidak akan menyala dan pembakaran tidak akan terjadi. Sementara, jika pembakaran tidak terjadi  maka motor tidak akan menyala.

 

5. Overheat Mesin

Penyebab mesin motor terlalu panas adalah saluran oli yang tersumbat. Seiring perjalanan jauh, oli memang akan berkurang, menguap melalui pori-pori mesin. Jika sudah seperti itu, ring piston akan kering dan macet, oli ikut terbakar dan menyebabkan motor overheat sehingga motor mendadak mati.

 

6. Busi Kotor

Busi kotorKondisi busi kotor

Busi yang bermasalah atau kotor menyebabkan motor ‘brebet’ sebelum akhirnya mati. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka busi dengan kuncinya, lalu dekatkan pada blok mesin kemudian nyalakan kick starter. Jika busi memercikkan api biru, berarti tidak ada masalah, namun, jika busi mengeluarkan api merah, itu tandanya busi kotor dan harus segera diganti.

 

7. Penggunaan BBM Rendah Oktan

BBM Jenis PremiumJangan gunakan BBM oktan rendah

Pemilihan bahan bakar berpengaruh terhadap mesin motor yang bisa mati mendadak, lho. Semakin rendah kandungan oktan dalam bahan bakar, semakin besar kemungkinan timbal lepas dan menyumbat klep sehingga menyebabkan motor mati. Pilih bahan bakar Pertamax untuk mencegah terjadinya motor mati mendadak. Pertamax memiliki oktan lebih tinggi, 92, sementara premium hanya 88.

 

8. Filter Udara Kotor

Usia pemakaian motor yang lama dapat menyebabkan filter udara kotor. Sedangkan, untuk pembakaran yang sempurna, dibutuhkan filter udara untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak tercampur dengan bahan bakar. Jika banyak debu dan kotoran, tarikan gas akan lebih berat dan berpotensi menyebabkan motor mati secara tiba-tiba.

 

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

 

9. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Klep yang dipasang terlalu rapat bisa membuat mesin motor mendadak mati. Karena tidak ada celah, mesin berubah menjadi cepat panas, overheat, kemudian mati. Kerenggangan yang dibutuhkan klep, beragam pada setiap motor. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui pemasangan klep dengan kerenggangan yang tepat pada motor sendiri.

 

10. Tidak Pernah Service Rutin

Service RutinHampir tidak pernah service rutin

Motor yang tidak terawat bisa mati mendadak kapan pun. Sedangkan service motor secara berkala, rutin dua bulan sekali, bisa membantu mesin motor kamu tetap awet. Ketika service rutin, semua komponen akan dibersihkan sehingga tidak ada lagi busi kotor, ventilasi tersumbat, filter udara kotor, apalagi main jet mampet. Motor jalan terus, tanpa harus mogok tiba-tiba.

Nah, itu dia 10 penyebab mesin motor mati mendadak. Selagi masih bisa mengecek masalahnya sendiri, kamu tidak perlu ke bengkel, kok! Namun, jika semua penyebab di atas sudah kamu cek dan mesin masih tidak mau menyala, itu artinya kamu harus segera mendatangi bengkel terdekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *