10 Tips Kredit Motor Bekas via Online Tanpa Ribet dan Aman

Moladin – Saat ini Moladiners bisa memanfaatkan layanan pembelian kredit motor bekas secara online yang menjadi solusi ketika ingin punya motor dengan dana terbatas.

Aplikasi smartphone memberikan banyak kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bahkan, keberadaan aplikasi smartphone juga bisa sangat membantu kalau Moladiners ingin memiliki motor baru.

Cara penggunaan layanan kredit motor bekas via online dapat dilakukan secara cepat, jauh lebih ringkas dibandingkan dengan kredit motor secara konvensional. Hanya saja, moladiners perlu memperhatikan tingkat keamanannya.

Kalau tidak melakukannya dengan cara yang benar, hasilnya bakal fatal. Alih-alih memperoleh motor bekas yang bagus, moladiners bakal mendapatkan motor yang bobrok dan tak sesuai keinginan.

Lalu, bagaimana cara agar bisa memperoleh keuntungan kredit motor bekas tanpa ribet dan aman secara online? Ada 10 tips yang perlu moladiners terapkan, yakni:

 

1. Pilih tempat belanja yang tepat

Motor bekas kini juga hadir di Moladin

Tips pertama yang perlu moladiners lakukan adalah memilih tempat kredit motor bekas yang tepat. Pastikan bahwa tempat yang dipilih memang menawarkan motor bekas berkualitas dan dapat dipercaya. Sebagai pertimbangan, Moladiners dapat memilih belanja kredit menggunakan marketplace khusus sepeda motor seperti Moladin.

Moladiners dapat menemukan banyak penjual motor bekas dengan sangat mudah. Selain itu, Moladiners juga bisa mengecek reputasi dari masing-masing penjual.

Tahapan ini sangat penting, sebagai filter awal dalam menyeleksi penjual yang memang benar-benar amanah. Apalagi, Moladin memiliki berbagai fitur yang memudahkan moladiners dalam melakukan penyeleksian penjual.

 

2. Pilih kreditur yang punya reputasi bagus sebelum kredit motor

BAF jadi salah satu kreditur yang punya reputasi bagus

Ketika memilih kredit motor bekas online, Moladiners tak hanya perlu memperhatikan reputasi penjual. Reputasi dari pihak kreditur juga perlu diperhatikan secara cermat. Jangan mudah tergoda dengan penawaran kredit dengan bunga murah ataupun cicilan kecil. Pilih penyedia layanan kredit yang memiliki reputasi jelas dengan nama yang telah dikenal luas seperti Adira, WOM Finance, ataupun BAF.

 

3. Pertimbangkan kredit dengan tingkat bunga yang tetap

Tingkat bunga diperhatikan saat kredit motor bekas

Pertimbangan penting berikutnya ketika memakai layanan kredit motor bekas lewat internet adalah dengan mencermati tingkat bunga yang dibebankan.

Pada beberapa kasus, moladiners bakal menjumpai kreditur yang menetapkan bunga dengan nilai yang berubah-ubah, yang tentu saja cukup merugikan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Moladiners memilih kredit dengan bunga yang tetap.

 

4. Tentukan besaran cicilan sesuai kemampuan saat ingin kredit motor

Besarnya cicilan juga wajib diperhitungkan

Terkait cicilan, Moladiners perlu tahu bahwa nilai cicilan sangat berkaitan erat dengan tenor atau jangka waktu pembayaran pinjaman. Semakin lama tenor, semakin kecil nilai cicilan. Sebaliknya, ketika Moladiners memilih tenor yang singkat, beban cicilan yang perlu dibayarkan lebih banyak.

Pilih tenor serta nominal cicilan sesuai dengan kemampuan. Pilihan membeli motor secara kredit adalah memudahkan Moladiners. Jangan sampai Moladiners mengalami gangguan keuangan yang sistemik hanya karena salah dalam memilih tenor dan nominal cicilan.

 

5. Pilih jenis sepeda motor sesuai kebutuhan

Motor matic jadi salah satu yang paling banyak dipakai

Saat belanja motor secara kredit, moladiners memiliki variasi jenis motor yang sangat beragam, mulai dari motor bebek, motor sport, hingga motor motor matic. Jenis-jenis motor tersebut memiliki kegunaan serta cara pemakaian berbeda, pilih sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Moladiners dapat memaksimalkan budget.

 

6. Cek kelengkapan dokumen

Surat dan kelengkapan motor juga di cek sebelum membeli

Hal penting yang tak boleh terlewatkan ketika kredit motor bekas lewat internet adalah kelengkapan dokumen kendaraan. Periksa apakah pajak kendaraan sudah terbayar atau memiliki tunggakan? Lalu, bagaimana dengan kelengkapan STNK dan BPKB? Jangan sampai Moladiners mendapatkan motor bodong yang ternyata merupakan motor hasil curian.

 

7. Manfaatkan deskripsi produk

Manfaatkan deskripsi yang ada di website

Moladiners juga perlu membaca deskripsi yang ditulis penjual secara lengkap. Seorang penjual yang jujur, akan memberikan informasi kondisi sepeda motor secara gamblang. Langkah ini sangat berguna untuk mempermudah moladiners dalam menemukan sepeda motor yang sesuai keinginan.

 

8. Periksa kondisi motor secara langsung

Perika kondisi motor

Kalau memungkinkan, Moladiners dapat meluangkan waktu untuk melihat kondisi fisik sepeda motor secara langsung. Hal ini bisa dilakukan ketika penjual berlokasi tidak jauh dari tempat tinggal moladiners.

 

9. Jangan lupa negosiasi harga

Jangan lupa untuk selalu negosiasi

Moladiners juga bisa mencoba untuk melakukan negosiasi harga dengan pihak penjual. Meski mereka telah mematok harga secara pasti, tetapi tak menutup kemungkinan harga tersebut masih bisa dinegosiasikan kembali. Kalaupun tak bisa memperoleh potongan harga, Moladiners juga bisa negosiasi agar memperoleh benefit lain, seperti jaket, helm, ataupun fasilitas servis dan ganti oli gratis.

 

10. Pilih sepeda motor dengan garansi pembelian

Pilih motor yang masih bergaransi

Tips terakhir dalam membeli motor bekas adalah dengan melihat fasilitas garansi. Penjual yang jujur, kerap menyertai garansi pembelian motor bekas dalam durasi waktu tertentu. Pemberian garansi ini sangat berguna bagi moladiners, untuk mengantisipasi hal-hal tak mengenakkan selama mencoba motor secara langsung.

Itulah 10 tips yang bisa Moladiners terapkan ketika ingin mencari motor bekas di internet dengan cara kredit. Semoga bermanfaat.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *