4 Kekurangan Yamaha Freego, Cek Sebelum Beli

Kekurangan Yamaha Freego – Motor matik 125cc memang banyak pilihannya. Salah satu yang menarik untuk menemani kegiatan sehari-hari adalah Freego.

Bila dilihat dari spesifikasi, skuter ini punya banyak keunggulan dibanding rival. Kelebihan Yamaha Freego mulai dari sistem keyless, anti-lock braking system (ABS), hingga kehadiran power charger. Hal tersebut disebut sebagai kelebihan, lantaran Honda Vario 125 selaku kompetitor belum punya.

Walau punya banyak kelebihan, bukan berarti Freego tanpa kekurangan. Setidaknya ada empat kekurangan Yamaha Freego yang sudah kami himpun. Apa saja? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut sampai habis:

1. Tidak Punya Kompartemen Depan

kekurangan yamaha freego
Tidak punya kompartemen depan sama sekali, Yamaha Freego hanya memiliki pengait untuk kantong belanjaan

Kekurangan Yamaha Freego yang pertama, tidak memiliki kompartemen depan. Di dashboard sebelah kiri ditujukan untuk lubang tangki bensin. Sementara yang kanan habis dipakai kunci kontak.

Alhasil, satu-satunya tempat untuk menyimpan barang di depan hanya via pengait. Tentu ini jadi kekurangan, lantaran Honda Vario 125 memiliki dua tempat penyimpanan sekaligus pengait. Padahal fungsi kompartemen sangatlah penting, terutama untuk meletakkan berbagai barang. Sebut saja botol minum, uang, smartphone, dan lain-lain.

Sebagai ganti, pabrikan garputala memberi bagasi super luas di bawah jok. Kapasitas bagasi Freego mencapai 25 liter, lebih besar dari kepunyaan Yamaha Nmax dan tentunya Honda Vario 125.

Meski demikian, bagasi Freego juga punya kekurangan. Terlebih dalam hal meletakkan helm. Pengendara perlu menempatkannya secara terbalik alias punggung helm di bawah. Tentu ini berpotensi membuat helm lecet, karena bersinggungan langsung dengan lantai bagasi.

2. Performa Mesin Yamaha Freego Kurang Mantap

mesin yamaha freego
Mesin Yamaha Freego mengandalkan basis Mio M3 125, hanya ada tambahan smart motor generator (SMG)

Hampir semua motor Yamaha berkapasitas mesin 125cc, kalah dalam hal performa di atas kertas dengan Vario 125. Cuma Lexi 125 yang unggul, lantaran mengambil platform jantung mekanis Yamaha Aerox 155 yang sudah pakai teknologi katup variabel dan pendingin cairan.

Sementara motor lain di kelas 125cc seperti halnya Yamaha Freego, mengambil basis dari Yamaha Mio 125 dengan tambahan smart motor generator (SMG). Artinya masih mengandalkan pendingin udara dan performanya hanya terbilang cukup. Tidak istimewa. Inilah salah satu kekurangan Yamaha Freego.

Di atas kertas, mesinnya cuma mampu memuntahkan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,38 hp pada 8.000 rpm. Bandingkan dengan mesin Honda Vario 125 yang bisa mengeluarkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga 11 hp pada 8.500 rpm. Jauh kan bedanya?

Spesifikasi Mesin Yamaha Freego

Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 9,38 hp / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric & Kick Starter

Baca juga:

3. Kapasitas Tangki Bensin Tidak Sebesar Honda Vario 125

Freego S ABS
Freego cuma memiliki tangki bensin 4,2 liter, sementara Vario 125 mencapai 5,5 liter

Kekurangan Yamaha Freego selanjutnya adalah tangki bensinnya tidak terlalu besar. Pabrikan garpu tala cuma memberi tempat penampungan 4,2 liter, sama seperti Yamaha Mio M3. Sementara Honda Vario 125, memiliki kapasitas tangki mencapai 5,5 liter.

Padahal kalau melihat bodinya, Freego lebih bongsor. Hal ini dikarenakan lokasi tangki bensin Freego mengambil tempat di pijakan kaki atau lantai. Jadi, tempatnya tidak terlalu besar. Sementara di bawah jok sudah habis terpakai untuk bagasi.

Meski tangki bensinya tidak sebesar Honda Vario 125, kelebihan Yamaha Freego ada di kepraktisan pengisian bahan bakar. Lubang tangki Freego, posisinya di sisi kiri dashboard. Alhasil kamu tidak perlu repot-repot buka jok untuk isi bensin.

Lalu soal letak tangki bensin yang ada di dek, apakah aman? Yamaha sendiri sudah memberikan pengaman berupa pelat tebal, sehingga tahan terhadap berbagai benturan.

Spesifikasi Dimensi Yamaha Freego

P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L

4. Jok Yamaha Freego Cukup Tinggi

Yamaha FreeGo S-ABS
Tinggi jok Yamaha Freego mencapai 778 mm

Kekurangan Yamaha Freego selanjutnya ada di posisi jok yang cukup tinggi. Bila melihat spesifikasi, jok motor ini mencapai 778 mm. Lebih tinggi dibanding Yamaha Mio (750 mm) dan Soul GT (760 mm). Sementara Honda Vario 125 selaku kompetitor punya tinggi jok cuma 769 mm.

Dengan posisi jok cukup tinggi, tentu kaki pengendara dengan postur 168 cm perlu sedikit jinjit saat duduk di motor dalam posisi berhenti. Kaki jinjit ini juga dipengaruhi desain jok lebar, sehingga membuat paha terbuka lebar.

Itulah tadi daftar kekurangan Yamaha Freego. Setelah mengatahuinya, apakah kamu tetap tertarik untuk punya?

Pabrikan garputala menjual Freego dalam tiga varian: Standard, S Version dan S Version ABS. Harga Yamaha Freego Standard Rp19,275 juta (OTR Jakarta). Sementara harga Freego S Version Rp20,815 juta (OTR Jakarta) dan S Version ABS Rp23,19 juta (OTR Jakarta).

Beda Freego Standar dan S Version ada dua. Yamaha Freego S Version sudah dilengkapi keyless, stop & start system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Kemudian Freego S Version ABS sesuai namanya, dapat tambahan fitur keselamatan tersebut.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *