Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

8 Cara Membuka Usaha Bengkel Mobil Yang Bikin Bisnis Ramai Lancar

by Galih Nugraha
cara membuka usaha bengkel mobil

Kamu pegiat otomotif dan ingin punya bengkel sendiri? Tenang, ada berbagai cara membuka usaha bengkel mobil yang bisa kamu lakukan meski dengan modal secukupnya. Dari masa ke masa, mobil merupakan kendaraan roda empat yang dimiliki sebagian besar masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kebutuhan servis hingga modifikasi mobil masih banyak peminatnya sehingga mampu membuka peluang besar bagi usaha bengkel mobil. Lalu, apa saja, sih, cara membuka usaha bengkel mobil yang sesuai standar dan bisa mendatangkan banyak keuntungan? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut!

Moladin dealer

Cara Membuka Usaha Bengkel Mobil

Salah satu cara membuka usaha bengkel mobil yang unggul ialah kamu perlu mengetahui strategi untuk diterapkan selama persiapan maupun prosesnya mulai dari persiapan lokasi hingga upaya promosi.

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam memulai buka usaha bengkel mobil.

1. Cermat Menghitung Modal Operasionalnya

Modal selalu menjadi salah satu persiapan krusial dan harus diperhitungkan dalam menjalankan suatu bisnis. Banyak alat serta bahan dasar yang harus dimiliki ketika memulai bisnis bengkel mobil. Utamakan peralatan yang lebih dibutuhkan seperti kunci, obeng, hingga dongkrak. Jangan lupa, masukkan juga dana sewa tempat apabila kamu memang membuka bengkel mobil di luar wilayah rumah. Sementara itu, kebutuhan lainnya bersifat operasional seperti servis alat-alat, biaya listrik dan air, dan gaji karyawan.

2. Persiapan Lahan Usaha

Setelah perhitungan modal, saatnya menentukan tempat usaha yang strategis. Sebab, itu merupakan kunci utama yang bisa memengaruhi besarnya perhatian masyarakat terhadap bengkel milikmu. Untuk mencari suatu lahan untuk bengkel mobil, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

  • Upayakan mendapat lahan yang luas, setidaknya bisa muat lebih dari satu mobil agar pelayanan kepada konsumen lebih efisien.
  • Sediakan tempat parkir serta tempat menunggu bagi pelanggan kamu. Kamu bisa mengakali setiap sudut lahan dengan maksimal.
  • Pastikan lahan yang kamu pilih mudah dijangkau serta tidak merepotkan pelanggan saat memasukkan mobil ke area bengkel.
Baca juga  Pahami Jenis Dana Talangan, Fungsi, dan Risikonya

3. Siapkan Teknisi Berkualitas

Kualitas teknisi atau montir akan berdampak pada kelancaran usaha dan profit besar dari bengkel milikmu. Oleh karena itu, pastikan bahwa setiap tenaga kerja memang mumpuni, memenuhi kualifikasi, serta memberikan standar kerja optimal. Dengan begitu, bengkel berpotensi menjadi pembicaraan hangat soal pelayanan yang berkualitas. Tentunya bisa memberikan keuntungan sepertinya bertambahnya pelanggan tetap di bengkel milikmu.

4. Sediakan Ruang Tunggu Pelanggan

Selama mobil diperbaiki, pelanggan juga perlu bersantai di ruang tunggu. Jadi, jangan sampai tidak menyediakan ruang tunggu pelanggan. Di luar sana, banyak yang menyepelekan keberadaan ruang tunggu. Padahal, itu faktor penting akan mempengaruhi kepuasan pelanggan untuk kembali dan merekomendasikan bengkel kamu.

Berikut ini beberapa hal penting yang diperlukan.

  • Sediakanlah ruangan atau tempat yang cukup luas dan pastikan kebersihannya terjamin setiap saat.
  • Area servis dengan ruang tunggu sebaiknya dipisahkan dengan menggunakan sekat kaca agar pelanggan tetap bisa mengawasi mobil miliknya.
  • Pertimbangkan kelengkapan AC sebagai kenyamanan yang maksimal di ruang tunggu serta sediakan pula ruangan khusus perokok.
  • Apabila terdapat dana lebih, kamu bisa mengupayakan penggunaan Wi-Fi, televisi, kulkas minuman, dan hal sejenisnya.

5. Tentukan Daftar Harga

Kualitas pelayanan bengkel yang baik rupanya bisa mendorong pelanggan tidak berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang dengan nominal besar. Meski begitu, bengkel yang baru buka harus cerdik dalam menentukan harga serta tidak asal menetapkan rincian yang mahal sejak awal.

Baca juga  Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM agar Bisnis Tetap Eksis

Apabila berjalan cukup lama, segeralah lakukan survei harga kembali lantaran bisa jadi ada bengkel baru dengan harga lebih terjangkau di masa depan. Dengan begitu, kamu mampu memutuskan perubahan atau harga tetap agar pelanggan tidak hilang begitu saja.

6. Pahami Perbengkelan Mobil

Sebagai pemilik usaha bengkel mobil, sangat penting untuk kamu supervisi dan pengawasan secara rutin. Kamu perlu memastikan bahwa setiap karyawan melaksanakan tugas mereka dengan baik. Di sisi lain, salah satu hambatan pebisnis bengkel pemula ialah kurangnya wawasan di dunia tersebut. Oleh karena itu, mulailah mempelajari wawasan mekanik, interior, hingga eksterior mobil. Pastinya akan menguntungkan bisa dasarnya kamu penggemar mobil. Selain jadi sarana pengawasan terhadap karyawan, kamu pun dapat memberikan masukan kepada pelanggan seputar mobilnya sendiri.

7. Survei Pemasok Suku Cadang

Memiliki usaha bengkel mobil bisa memberikan keuntungan bagi layanan yang sudah ada. Baik itu perawatan maupun penggantian suku cadang. Dalam hal tersebut, pemasok suku cadang yang terpercaya dan sudah terkenal di kalangannya mampu menentukan kesuksesan reputasi bengkel kamu. Lakukan beberapa hal seperti:

  • Survei terhadap lebih dari satu pemasok sebagai bahan pertimbangan memilih yang paling menguntungkan
  • Pilih pemasok yang sifatnya supplier langsung agar harga lebih terjangkau serta masuk akal. Namun, persiapkan juga dana yang cukup banyak karena mereka menggunakan sistem grosir
  • Pastikan bahwa barang yang sampai ke bengkel kamu adalah yang terbaik dan berkualitas demi kenyamanan pelanggan
Baca juga  Pinjaman Modal Usaha Dealer Mobil Bekas Lebih Untung Dengan Kupon Promo Spesial

8. Optimalkan Strategi Promosi

Banyak bengkel yang juga memasang spanduk di depan lokasi agar menarik perhatian masyarakat yang melintas. Namun, kamu juga harus adaptif dengan kondisi saat ini dan mengupayakan strategi promosi secara online. Untuk membangun bonding dengan pelanggan, pastikan kamu menyertakan informasi promo, info seputar mobil, hingga testimoni konsumen sebelumnya. Dengan begitu, makin banyak orang sadar akan keberadaan bengkel serta bisa meningkatkan kepercayaan untuk mencoba di tempat kamu.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui sebagai cara membuka usaha bengkel mobil. Pastikan juga segala persiapan serta alur perjalanan bengkel dari diatur dengan baik. Perhitungkanlah setiap pengeluaran di awal hingga mendapatkan keuntungan yang berlipat di masa mendatang.

Jika ingin mencoba berbisnis bengkel mobil tapi modal kamu belum mencukupi, Moladin Dealer bisa menjadi solusi. Pembiayaan usaha dealer dari Moladin ini proses pencairannya begitu cepat untuk pembayaran jangka pendek maupun menengah.

Moladin Dealer adalah produk pelayanan dari Moladin untuk menyediakan dana talangan bagi pelaku usaha otomotif terutama bisnis dealer atau showroom mobil bekas. Pinjaman modal usaha UMKM ini tentunya syarat yang mudah, pencairan tinggi dan juga bunga yang rendah.

Tunggu apa lagi? Yuk, saatnya mengajukan pinjaman dan mulai buka bisnis bengkel mobil yang kamu inginkan dengan klik di sini.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika