Friday, February 3, 2023
Banner

8 Kecanggihan Fitur Hyundai Smartsense

by Firdaus Ali
fitur hyundai smartsense

Fitur Hyundai Smartsense merupakan salah satu fitur unggulan terbaru dari pabrikan berlogo H miring. Beberapa lini produk mewah seperti, Hyundai Staria, Palisade, dan Santa Fe.

Ada pula di mobil-mobil listrik seperti Kona dan Ioniq. Kemudian kini semakin luas lagi dengan hadir di Hyundai Creta yang banderolnya lebih terjangkau.

Fitur Hyundai Smartsense diciptakan untuk membantu pengemudi dalam berkendara, ada beberapa fitur yang tercakup dalam Smartsense yang tentunya menjadi nilai lebih pada jajaran mobil Hyundai yang sudah menggunakannya.

Hyundai Smartsense merupakan fitur yang diciptakan agar pengemudi bisa lebih mudah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga fitur ini merupakan bukti bahwa Hyundai selalu menghadirkan teknologi-teknologi pada mobil modern dan punya nilai fungsi untuk keselamatan penumpang mobil,” terang Makmur selaku Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID).

Adapun teknologi yang mirip dengan Hyundai Smartsense adalah Toyota Saftey Sense (TSS) yang ada di Toyota Veloz dan Avanza 2021. Cakupan fitur yang ada di dalam Toyota Safety Sense sejatinya juga untuk mendukung keselamatan penumpang mobil, sama dengan fitur Hyundai Smartsense.

Merek lain yang juga punya fitur seperti ini yaitu Honda Sensing. Di produk-produk Honda, teknologi tersebut hadir di CR-V Facelift 2021, BR-V 2022, hingga Civic 2021.

Baca juga  Kesetrum Mobil Listrik Saat Charge Baterai, Bahaya?

Nah, apakah fitur Hyundai Smartsene lebih baik dari fitur Toyota Safety Sense dan Honda Sensing? Atau mungkin sama? Mari kita simak ulasan lebih jauh mengenai Fitur Hteknologi keselamatan ini lebih jauh:

Cakupan fitur Hyundai Smartsense

1. Surround View Monitor

fitur hyundai smartsense

Fitur Surround View Monitor

Fitur ini memudahkan pengemudi untuk melihat seluruh kondisi mobil, dimana untuk mendukung fitur ini terpasang beberapa kamera diposisi depan, samping dan belakang.

Jadi saat mobil melewati jalanan yang sempit, pengemudi bisa melihat dengan jelas apakah posisi mobil masih aman di jalur jalan yang dilalui atau tidak..

2. Blind-Spot Clollision -Avoidance Assist (BCA)

Fitur berikutnya yang ada di dalam fitur Hyundai Smartsense adalah BCA. Fitur ini berfungsi baik mobil  berada di parkiran pararel.

Fungsi BCA adalah memonitor blind-spot mobil saat akan keluar dari area parkir pararel. Dimana jika ada mobil terdeteksi maka LED pada kaca lampu spion akan menyala untuk memberikan peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan.

3. Forwad-Collision-Avoidance Assist (FCA)

fitur hyundai smartsense

Fitur ini berfungsi untuk memperingatkan pengemudi ketika sistem mendeteksi ada resiko benturan dari arah depan. Misalnya saja ada pejalan kaki yang menyebrang atau mobil di depan yang tiba-tiba melakukan pengereman mendadak.

Baca juga  Sejarah Hyundai H1, MPV Bongsor Mirip Alphard

Nah, jika peringatan tersebut tak dihiraukan, maka sistem akan melakukan pengereman secara otomatis.

4. Blind-spot View Monitor (BVM)

Fitur ini menarik, sebab fungsinya adalah untuk membantu pengemudi saat akan belok atau berpindah jalur. Dimana fitur ini akan menampilkan video di dalam panel cluster saat lampu sein dinyalakan.

5. Safe Exit Assist (SEA)

Fitur ini bertugas mendeteksi dan memberikan peringatan dari  sisi belakang saat penumpang akan membuka pintu belakang.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, beberapa penumpang belakang kurang waspada saat membuka pintu mobil yang berakibat terjadi kecelakaan, seperti sepeda motor yang menabrak pintu mobilnya.

6. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

RCCA bertugas memberikan peringatan saat mobil sedang berjalan mundur dan ada objek lain seperti mobil, sepeda motor atau orang berjalan yang mendekat.

Dalam jarak tertentu, mobil akan melakukan pengereman mendadak untuk mencegah terjadinya senggolan atau benturan.

7. Lane Following Assist (LFA)

fitur hyundai smartsense

Lane following assist mampu melacak penanda garis jalur jalan agar mobil tetap ada di jalur yang aman. Fitur ini dibantu oleh komponen kamera yang ada di bagian depan mobil.

8. Lane Keeping Assist (LKA)

Fitur lane keeping assist dibantu oleh komponen kamera untuk bisa mendeteksi tanda jalur yang umumnya ada di tepi jalan.

Baca juga  Harga Hyundai Creta Bekas, Sudah Turun?

Fitur ini bertugas untuk memastikan mobil berda pada jalurnya, sistem juga akan memberikan peringatan ke pengemudi jika mobil berpindah jalur tanpa menyalakan lampu sein.

Kemudian sistem akan membantu mengarahkan kemudi untuk Kembali ke jalur yang semestinya.

Mobil Hyundai dengan fitur Smartsense dan harganya

fitur hyundai smartsense

Beberapa mobil baru lansiran Hyundai yang beredar di Indonesia sudah mengusung fitur Hyundai Smartsense.

  • Hyundai Santa Fe 2021 varian Signature Rp 670 jutaan
  • Hyundai Staria varian Signature 7 Rp 1,02 miliaran
  • Hyundai Palisade Rp 899 jutaan
  • Hyundai Ioniq Signature Rp 677 jutaan
  • Hyundai Kona Rp 697 jutaan
  • Hyundai Creta varian Style, Prime dan Trend Rp 299 juta – Rp 399 juta)

Oh ya, harga tersebut berlaku untuk wilayah Jakarta. Adapun untuk wilayah lain akan menyesuaikan dengan regulasi masing-masing wilayah.

Selain itu, fitur Hyundai Smartsene merupakan fitur pendukung keselamatan. Jadi pengemudi tetap harus waspada dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Hyundai kini juga memiliki fitur lain yang semakin melengkapi Smartsense, sebut saja Bluelink. Teknologi tersebut istimewa, karena bisa mengintegrasikan smartphone dengan mobil secara komprehensif. Termasuk mengirim sinyal otomatis ke call center, bila terjadi kecelakaan. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai fitur Hyundai Smartsense. Untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika