oleh

5 Aksesori Mobil Untuk Musim Hujan, Wajib Punya!

Aksesori bukan saja bersifat hanya untuk pemanis mobil, namun berfungsi juga untuk mendukung kenyamanan dan keamanan saat berkendara, seperti contohnya aksesori mobil untuk musim hujan.

Aksesori mobil untuk musim hujan memang sudah banyak dijual baik di toko aksesori maupun di toko online. Pilihan dan harganya beragam, umumnya tergantung mereknya.

Beberapa pemilik mobil mengungkapkan penggunaan aksesori untuk musim hujan agar meminimalisir lumpur menempel pada bagian bawah mobil. Selain itu juga untuk menghindari kaca berembun.

“Aksesori mobil untuk musim hujan memang baiknya dipasang jika mobil digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sebab beberapa aksesori juga berfungsi untuk meminimalisir kotoran menempel pada mobil,” ungkap Safri, salah satu karyawan toko aksesori dibilangan Pamulang. (3/11/2021).

Berikut adalah rekomendasi aksesori mobil untuk musim hujan:

Daftar aksesori mobil penting saat musim hujan

1. Karpet mobil karet

aksesori mobil untuk musim hujan
Karpet mobil karet

Umumnya mobil bawaan dari pabrik masih menggunakan karpet berbahan beludru, memang terlihat selaras dengan nuansa interior mobil. Namun karpet berbahan beludru akan menimbulkan bau jika terkena air serta akan susah dihilangkan jika terkena kotoran lumpur.

Nah, untuk menghindari hal tersebut umumnya pemilik mobil memasang karpet berbahan karet. Sebab material bahan karet tidak menyerap air dan mudah dibersihkan jika terkena kotoran debu atau lumpur.

“Pilih karpet karet yang berkualitas, yang ukurannya agak tebal agar tidak mudah tergeser saat diinjak-injak. Memang ada karpet karet yang murah namun kualitasnya kurang bagus,” imbuh Safri.

Harga karpet mobil karet sebagai aksesori mobil untuk musim hujan dijual sekitar Rp 150 ribuan. Banderol tersebut sudah termasuk empat karpet untuk bawah jok depan dan belakang.

Baca juga  Diskon Sparepart Suzuki di JAW 2022, Hingga 30 Persen!

2. Talang air mobil

aksesori mobil untuk musim hujan
Ilustrasi talang air mobil

Aksesoris mobil untuk musim hujan berikutnya adalah talang air atau Door Visor. Talang air sudah banyak dijual dan harganya juga tidak mahal. Pun begitu juga dengan pemasangannya yang mudah.

Fungsi dari talang air untuk menahan air hujan masuk ke dalam kabin interior saat jendela mobil dibuka sedikit untuk keperluan sirkulasi udara agar kaca mobil tidak berembun.

“Membeli talang air juga jangan sembarangan, harus sesuai dengan jenis mobilnya. Karena ukurannya berbeda-beda, selain itu meski mudah pemasangannya namun harus tetap teliti agar posisinya pas,” jelas Safri.

Harga talang air mobil ini sekitar Rp 150 ribuan. Banderol tersebut sudah termasuk empat unit talang untuk masing-masing kaca samping mobil.

3. Mud Guard

aksesoris mobil untuk musim hujan
Kepet mobil atau mud guard

Aksesori mobil untuk musim hujan selanjutnya adalah mud guard atau juga dikenal dengan nama kepet mobil.

Mud guard berfungsi untuk menahan kotoran seperti debu dan lumpur yang tercecer di jalan akibat hujan, tidak langsung menempel pada bodi bawah mobil. Terutama bagian fender dan bodi samping.

Aksesori ini penting, karena kalau sampai kotoran mengendap di sana bisa membuat banyak komponen terimbas. Apalagi dibarkan terlalu lama.

Bila kena bagian bodi dalam, efeknya bukan tidak mungkin jadi karat. Lalu kalau di suspensi, bisa menyebabkan kebocoran.

Saat membeli mud guard, baiknya meminta toko aksesoris untuk memasangkannya sekaligus. Sebab jika pemasangan tidak pas akan mudah kendor dan bisa copot dengan sendirinya. Harganya sendiri sekitar Rp 150 ribuan untuk empat unit di masing-masing roda.

Baca juga  Kaca Film VKool Vs Solar Gard, Mana Lebih Baik?

4. Stiker kaca anti air

aksesoris mobil untuk musim hujan
Stiker kaca anti air 

Stiker kaca anti air untuk mobil sangat berguna untuk menunjang untuk visibilitas pengemudi mobil. Di mana fungsinya agar air hujan tidak mengendap pada kaca spion dan kaca mobil bagian sudut yang searah dengan kaca spion.

Aksesori ini ukurannya kecil berbentuk bulat dan ditempelkan pada kaca spion dan kaca mobil yang searah dengan kaca spion. Jadi pandangan tidak akan tetap jernih, meski di saat hujan.

“Stiker anti air ini sangat berguna saat musim hujan. Pengemudi akan lebih mudah melihat kaca spion saat diperlukan. Karena air hujan yang mengendap di kaca spion tentu akan menganggu visibilitas pengemudi mobil,” jelas Safri.

Harga aksesori mobil untuk musim hujan berbentuk stiker anti air, dijual Rp 50 ribuan.

5. Lampu kabut

aksesoris mobil untuk musim hujan
Ilustrasi lampu kabut

Aksesoris mobil untuk musim hujan berikutnya adalah lampu kabut. Yup, jika mobil sering digunakan di wilayah yang intensitas hujannya tinggi serta berkabut, aksesoris lampu kabut idealnya diperlukan.

Sebab fungsi lampu kabut adalah untuk membantu menerangi jalanan yang berkabut. Supaya pengemudi bisa lebih jelas melihat kondisi dan arah jalan.

Harga lampu kabut ini sekitar Rp 200 ribu untuk dua unit. Itu belum termasuk jasa pemasangannya.

Tips memilih aksesoris mobil

  • Jangan terkecoh harga murah

aksesoris mobil untuk musim hujan

Saat membeli aksesoris mobil tentunya akan memilih harga yang paling murah, hal tersebut sah-sah saja namun juga harus diingat bahwa harga umumnya juga menentukan kualitas produk.

Baca juga  10 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik, Mana Pilihanmu?

“Memilih harga yang paling murah itu hak konsumen, namun ya resikonya barang yang dibeli kualitasnya tidak terjamin,” jelas Safri.

  • Pastikan ukurannya sesuai

Aksesoris mobil memang sudah banyak dijual di toko onlen, namun beberapa pembelinya mengeluhkan jika barang yang datang ukurannya tidak sesuai. Karenanya pastikan terlebih dahulu dengan penjualnya bahwa barang yang akan dikirim sudah sesuai ukurannya.

“Kelebihan beli barang secara langsung datang ke toko aksesoris adalah bisa lebih jelas melihat dan memastikan barang yang akan dibeli sesuai ukurannya. Bukan berarti beli di onlen tidak direkomendasikan ya, sah-sah saja beli di onlen asal penjualnya jelas dan bertanggung jawab,” imbuh Safri.

  • Model dan warna

Dalam memilih aksesoris mobil ada baiknya memilih warna yang selaras dengan warna mobil, meski ada beberapa pemilik mobil yang mempunyai selera “ngejreng.”

“Selera orang berbeda-beda, namun umumnya pemilik mobil akan membeli aksesoris yang selaras dengan nuansa mobilnya. Misalnya untuk akseosris karpet, umumnya pemilik mobil memilih warna hitam atau krem agar terlihat klop dengan warna interior. Namun ada juga yang memilih warna merah atau warna menyala lainnya yang ingin tampil beda,” tutup Safri.

Moladiners, itulah ulasan mengenai aksesoris mobil untuk musim hujan. Untuk inforamsi otomotif menarik lainnya,pantau terus Moladin.com.

Terbaru