oleh

3 Alasan Beli Suzuki Ertiga untuk Mobil Keluarga

Sesungguhnya alasan beli Suzuki Ertiga dibanding kompetitor sangatlah jelas. Mobil ini punya harga yang terjangkau.

Alhasil kalau pertimbangan terbesar adalah bujet. Maka Ertiga selaku MPV 7-seater, harusnya jadi pilihan tepat.

Harga varian tertingginya atau Ertiga Sport cuma Rp 235,6 juta (OTR Jakarta). Sementara yang termurah atau varia GA dijual Rp 201,9 juta (OTR Jakarta).

Bukan cuma harga, mesin juga jadi pertimbangan penting. Ertiga pakai jantung mekanis yang sudah pasti bandel. Pasalnya Carry saja selaku mobil niaga mengadopsinya.

Lalu tampilannya juga elegan dan modern, tidak berlebihan. Pas ditunggangi oleh pria mau pun wanita.

Masih ragu beli mobil ini? Berikut akan kami sampaikan detail 3 alasan beli Suzuki Ertiga untuk mobil keluarga:

1. Harga Tidak Mahal

alasan beli suzuki ertiga 002
Varian Suzuki Ertiga Sport yang mejeng di Jakarta Auto Week 2022

Seperti yang sudah disebutkan di awal, harga Ertiga memang terjangkau. Dijual mulai Rp 201,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian paling murah.
Dengan begitu, bisa dikatakan Ertiga adalah salah satu LMPV termurah di kelasnya. Tidak percaya?

Ambil contoh Daihatsu Xenia yang dijual mulai Rp 202,6 juta (OTR Jakarta). Lalu Toyota Avanza mulai Rp 217,2 juta (OTR Jakarta). Mitsubishi Xpander varian GLS bahkan mulai Rp 249,93 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Bocoran Mobil Mungil Suzuki Terbaru, Murah!

Khusus si kembar Avanza-Xenia, varian paling rendah itu pun masih pakai mesin 1.3 Liter. Beda dengan Ertiga varian termurah yang sudah menggunakan kubikasi 1.5 Liter.

Kemudian kalau bicara Ertiga Sport atau varian termahal. Harganya mulai Rp 235,6 juta (OTR Jakarta). Itu pun bisa dikatakan sangat terjangkau dibanding kompetitor.

Varian Ertiga Sport punya fitur-fitur istimewa seperti aksen kayu di interior dan bodi kit di eksterior. Ada pula AC digital dengan auto climate dan heater, head unit layar sentuh besar 8 inci, start stop engine button, serta keyless.

Terkait keselamatan berkendara, Ertiga pun sudah cukup mumpuni layaknya LMPV kebanyakan. Dengan adanya dual SRS airbag, hill hold control, ABS, EBD, electronic stability programme, dan alat pemadam api ringan (APAR).

2. BBM Irit

Kelebihan Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Ertiga varian Sport saat kami uji coba, beberapa waktu lalau

Lalu alasan beli Suzuki Ertiga selanjutnya adalah mesin bandel dan irit. Kalau bicara bandel, jantung mekanis ini sudah digunakan oleh berbagai mobil Suzuki lain.

Sebut saja Jimny terbaru hingga Carry. Apalagi Carry adalah mobil niaga, jadi memang ketangguhan mesin benar-benar diperlukan untuk kegiatan harian.

Baca juga  Ratusan Renault Triber Jadi Kendaraan Operasional Bank DBS

Ternyata mesin Ertiga tersebut di mobil apa pun terkenal punya biaya servis yang murah. Di laman resmi Suzuki tertulis hingga 50 ribu KM gratis. Lalu untuk servis selanjutnya sekitar Rp 500 ribuan hingga Rp 1,6 juta, tergantung komponen yang diganti.

Kemudian yang menarik pula, mesin Ertiga irit bahan bakar karena pakai kubikasi tepat alias 1.462 cc. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Alhasil saat kami lakukan pengujian di jalan bebas hambatan dan lengang, bisa tembus 24,7 km/liter. Bahkan klaim Suzuki bisa 25,35 Km/liter untuk transmisi manual dan 29,34 Km/liter untuk transmi otomatis. Mantap bukan?

Kalau di kemacetan, tentu lebih boros lagi. Bisa 12,3 Km/liter untuk pemakaian rata-rata 20 km/jam. Tapi catatan ini masih sangat irit dibanding para kompetitor.

3. Desain Elegan

Interior Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Kelebihan Suzuki Ertiga memiliki interior dengan desain elegan dengan aksen kayu dan dominan warna hitam

Terakhir yang jadi alasan beli Suzuki Ertiga adalah desainnya mantap. Ya, mobil keluarga ini merupakan salah satu yang paling elegan dibanding para rival.

Desain Ertiga tidak neko-neko, tapi enak dilihat. Pas untuk ditunggangi oleh laki-laki dan perempuan. Lalu bicara dimensin juga tidak terlalu bongsor, masih pas untuk selap-selip kepadatan jalan.

Baca juga  MPV 7-Seater Kia KY Uji Jalan, Siap Lawan Xpander!

Kelebihan Ertiga juga punya varian Sport. Ini sudah dilengkapi dengan bodi kit full. Mulai dari under spoiler, upper spoiler, hingga side spoiler. Jadi tampilannya sporty.

Interiornya juga begitu nyaman dengan tema warna dominan hitam. Jadi tidak mudah kotor. Ada pun aksen kayu yang membuat kesan mewahnya semakin terasa. Hanya saja yang disayangkan jok belum dibalut kulit, untuk varian tertinggi sekali pun.

Itulah tadi alasan beli Suzuki Ertiga. Apakah menurut kamu mobil ini sudah tepat untuk keluarga? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru