by

All New Honda CRF250L Meluncur, KLX 250 Waspadalah!

Secara resmi, All New Honda CRF250L meluncur di Jepang. Motor offroad ini tampil dengan perubahan yang sangat signifikan. Bukan cuma tampilan, tapi juga fitur dan performa mesin.

Dari tampilannya, kamu bisa melihat siluet dari CRF450R selaku sang kakak. Hal tersebut terlihat dari penggunaan lampu depan pipih berbentuk vertikal yang sudah mengadopsi teknologi LED. Ada pula panel instrumen digital besar dengan berbagai informasi penting, seperti posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar, hingga kecepatan rata-rata.

Bodi motor Honda CRF250L dibiarkan ramping dengan dimensi panjang 2.210 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1.160 mm. Lalu untuk jarak sumbu roda 1.449 mm serta ground clearance 245 mm. Bobotnya pun cuma 140 Kg.

Pabrikan berlogo sayap juga meningkatkan kapasitas tangki bensin motor trail ini menjadi 7,8 liter. Kemudian secara tampilan, kuda besi tersebut semakin sportif dengan cat tema extreme red.

Menariknya lagi, Honda memberikan opsi varian CRF250L S yang punya kemampuan offroad lebih baik. Perbedaan tampak dari kehadiran suspensi yang lebih jenjang 10 mm di depan dan 20 mm di belakang. Alhasil ground clearance motor meningkat jadi 880 mm.

Baca juga  Ubahan Minor Pada Honda Vario 125 dan Vario 150 Setelah Setahun Dipasarkan

Performa Mesin Meningkat Signifikan

all new honda crf250l
Motor ini mendapat pengurangan bobot, sekaligus peningkatan performa mesin

All New Honda CRF250L mendapat mesin yang telah direvisi. Kubikasinya tetap 249cc, DOHC, satu linder, berpendingin cairan. Hanya saja ada beberapa perubahan di jeroannya.

Fitur assist & slipper clutch juga ikut dimunculkan, untuk menjadikan berkendara lebih nyaman. Assist berfungsi membuat kopling terasa ringan. Sementara slipper clutch mencegah roda belakang selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi secara cepat.

Bicara performa, mesin Honda CRF250L bisa melontarkan torsi hingga 23 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 24 PS pada 9.000 rpm. Kombinasinya adalah sistem transmisi 6-percepatan manual.

Supaya meningkatkan keselamatan, Honda juga memberi anti-lock braking system (ABS) di kedua roda. Menariknya, ABS untuk roda belakang bisa dinonaktifkan khusus untuk pengendara yang menginginkan rasa berkendara offroad yang menyenangkan.

All New Honda CRF250 Rally untuk Penikmat Touring

honda crf250 rally
Selain All New Honda CRF250L, hadir pula model CRF250 Rally yang lebih nyaman untuk berkendara jarak jauh

Lalu untuk kamu yang suka touring, bisa pilih model All New Honda CRF250 Rally. Motor ini hadir dengan tangki bahan bakar yang lebih besar, ditambah pula jok yang lebih nyaman.

Baca juga  Honda Lead 125 2021 Meluncur, Matik Bagasi Besar

“Tangki bensinnya ditingkatkan 2 liter jadi 12 liter, peningkatan efisiensi bahan bakar dan kemampuan untuk melakukan touring,” seperti dikutip dari rilis resmi Honda Jepang.

Khusus jok CRF250 Rally, dibuat lebih lebar 20 mm dibanding Honda CRF250L. Ada pula revisi dibagian mounting yang menjadikannya lebih minim getaran, sehingga semakin nyaman dipakai berkendara jarak jauh.

Beberapa aksesori khas motor touring juga jadi pembeda CRF250 Rally. Ambil contoh windshield tinggi, pelindung mesin, hingga hand guard. Honda juga menyediakan varian CRF250 Rally S yang punya kaki-kaki lebih jenjang.

Jika All New Honda CRF250L dan CRF250 Rally datang ke Indonesia, motor ini bakal jadi penantang kuat buat Kawasaki KLX250.

Terbaru