Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Asuransi Mobil All Risk dan TLO, Pilih Yang Mana?

by Firdaus Ali
mobil tertabrak singa

Di Indonesia, umumnya perusahaan asuransi menawarkan dua jenis produk asuransi mobil. yaitu asuransi komprehensif atau sering dikenal All Risk dan Total Loss Only (TLO). Keduanya mempunyai cakupan klaim yang berbeda, asuransi mobil All Risk dan TLO memang dibedakan untuk menyesuaikan kebutuhan bagi pemilik mobil.

Saat membeli mobil baru dari diler dengan cara kredit tentunya secara otomatis akan mendapatkan asuransi mobil, dengan pilihan asuransi All Risk atau TLO.

Pengertian asuransi All Risk dan TLO

  • Asuransi All Risk

asuransi_mobil

Mobil dengan harga tinggi sebaiknya menggunakan asuransi All Risk.

Pengertian asuransi All risk adalah perusahaan asuransi akan menanggung segala resiko. Artinya, ketika mobil mengalami musibah kecelakaan dan mengakibatkan kerusakan ringan atau berat maka perusahaan asuransi akan menanggung kerusakan tersebut.

Bukan hanya itu saja, jika mobil hilang karena dicuri maka pihak perusahaan asuransi juga akan mengganti sesuai dengan harga jual mobil tersebut saat itu.

  • Asuransi TLO

asuransi mobil__

Kerusakan di bawah 75% tidak dapat diklaim asuransi jenis TLO.

Sedangkan untuk asuransi Total Loss Only (TLO), perusahaan asuransi hanya menjamin risiko akibat pencurian serta kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Asuransi Total Loss Only (TLO) dipilih karena harga premi yang relatif lebih murah daripada asuransi all risk. Pihak perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan dan membantu melakukan tanggung jawab hukum terhadap kerusakan sebagian dan kerusakan total terhadap mobil yang diasuransikan sesuai besarnya nilai premi.

Sebagai catatan, pemilik mobil tidak bisa mengklaim asuransi TLO jika kerusakan yang dialami kurang dari 75%. Misalnya mobil disenggol oleh sepeda motor dan hanya mengalami penyok dibagian bumper belakang, maka pemilik mobil tidak bisa mengklaim ke pihak perusahaan asuransi karena kerusakan hanya sedikit alias tidak sampai 75 prsen.

Kelebihan asuransi TLO adalah biaya premi bulanan yang lebih murah dibandingkan asuransi jenis All Risk.

Pemilihan jenis asuransi sesuai kebutuhan

Pemilihan asuransi mobil harus cermat sesuai kebutuhan. Jika memiliki mobil dengan harga tinggi sehingga akan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit saat mengalami kerusakan. Sebaiknya memilih jenis asuransi mobil All Risk.

Sebab, perusahaan asuransi akan mengganti semua kerusakan yang terjadi pada mobil, jadi pemilik mobil tidak perlu merogoh kocek banyak untuk membetulkan kerusakan mobil tersebut.

Selanjutya, jika mobil yang dimiliki jenis mobil yang mudah didapatkan suku cadangnya serta mudah perawatannya dan mobil jarang digunakan, pemilik mobil bisa memilih asuransi jenis Total Loss Only (TLO).

Oh ya, selain pertimbangan resiko kecelakaan, resiko kriminalitas juga wajib menjadi pertimbangan dalam memilih jenis asiransi mobil.

Jika lingkungan rumah pemilik mobil rawan akan tindakan kriminal pencurian, asuransi jenis TLO cocok untuk menjadi pilihan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai jenis asuransi All Risk dan TLO, kamu pilih yang mana? Pastikan sesuai kebutuhan ya..

Untuk informasi seputar otomotif yang menarik, pantau terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika