Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Babak Baru The Big Van Indonesia Kini Jadi Wadah Bagi 8 Komunitas Mobil Van

by Ivan
The Big Van Indonesia kumpul bareng di PGV

Perjalanan The Big Van Indonesia (BVI) kini memasuki babak baru seiring dengan bertumbuhnya minat untuk mengembangkan komunitas mobil van ini menjadi lebih besar.

Pertengahan Juli 2023 sendiri menjadi tonggak berdirinya The Big Van Indonesia. Kala itu anggota komunitas BVI terbagi dalam tiga komunitas yaitu, Nav1, Noah & Voxy Community Indonesia (Navy.id), Voxy Club Indonesia (VCI), Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI) yang menjadikan BVI sebagai arena kopdar bareng.

Berjalannya waktu, dengan pertemuan para ketua umum, akhirnya disepakati BVI perlu untuk melakukan deklarasi bersama. Hal ini agar anggota lintas komunitas bisa lebih saling mengenal.

Deklarasi Kebersamaan BVI

Deklarasi kebersamaan BVI rangkul 8 komunitas mobil van

Deklarasi kebersamaan The Big Van Indonesia rangkul 8 komunitas mobil van

Secara bersama-sama dalam forum ketum umum masing-masing komunitas, diputuskan BVI deklarasi kebersamaan pada Sabtu (27/1) di Podomoro Golf View (PGV), Cimanggis, Kab. Bogor. PGV sendiri mengakomodir kegiatan yang diikuti oleh banyak anggota tersebut.

Deklarasi ini disambut baik oleh para anggota komunitas. Menariknya, secara jumlah yang ikut deklarasi bertambah, tidak hanya tiga komunitas terdahulu. Tapi akhirnya diikuti Hyundai H-1 Family Indonesia (H1FI), Biante Owner Club (BOC), Indonesia Serena Owner Community (ISOC), Nissan Elgrand Owners Community (NEOC) dan Mitsubishi Delica D5 Indonesia (D:5i).

Sekitar lebih dari 20 mobil dari masing-masing komunitas ikut dalam deklarasi tersebut. Diawali dengan sebagian besar anggota kumpul di Cibis Park, Jakarta Selatan yang lantas konvoy ke lokasi PGV. Termasuk yang langsung ke lokasi karena berdomisili dekap area PGV.

Setelah rombongan sampai di lokasi, diajak untuk berputar ke sekitar PGV terlebih dahulu. Karena panjangnya rangkaian membuat pihak PGV harus benar-benar menata parkir. Maklum saja, mobil keluarga ini tidak ada yang pendek.

Visi deklarasi kebersamaan BVI ialah untuk menyatukan dan membesarkan BVI

Visi deklarasi kebersamaan BVI ialah untuk menyatukan dan membesarkan BVI

Ketika sudah parkir dengan baik, para anggota diajak untuk masuk ke tempat acara. Setelah registrasi dan menukarkan makanan, beberapa acara sudah menanti. Seperti hadirnya band performance, talk show dari PGV tentang investasi hunian, lalu deklarasi kebersamaan yang diwakili oleh masing-masing ketua umum, juga talk show dari anggota komunitas.

Talk show ini cukup menarik, karena pembicaranya punya keahlian masing-masing. Seperti Andra dari AVOCI pemilik bengkel Platinum yang membicarakan modifikasi khususnya pemasangan air suspension.

Kemudian ada lagi Nabil Ibrahim, Presiden NEOC yang membahas seputar oli transmisi matic. Dilanjutkan Nabil Yusuf, Ketum Navy.id tentang keteraturan konvoy, juga berkomunitas. Masih ada lagi perwakilan dari H1FI yang mengupas mengenai campervan. Baik pembuatan serta regulasinya.

Setelah acara talk show, keseluruhan kegiatan ditutup dengan pertanyaan kepada nara sumber tersebut. Untuk menarik peserta, setiap penanya diberikan hadiah. Sementara itu, hadirnya BVI ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antar komunitas. Selain itu juga membuat komunitas lebih menyatu.

Bergabungnya 8 komunitas bikin keanggotaan BVI kini mencapai lebih 1.500 member

Bergabungnya 8 komunitas bikin keanggotaan BVI kini mencapai lebih 1.500 member

“Adanya The Big Van Indonesia ini menyatukan dan membesarkan kita,” ucap Yusman, Ketua Umum (Ketum) BOC sambil menyebutkan yel-yel BVI, Jaya-Jaya-Jaya. Bukan hanya sekedar komunikasi saja, diharapkan untuk selanjutnya akan tercipta aktivitas-aktivitas bersama antar komunitas tersebut.

“The Big Van Indonesia menjadi wadah perkumpulan mobil van yang berukuran besar, yang juga punya visi dan misi sama dalam dunia otomotif,” tambah Jeffrey Irawan, Ketum VCI. Nabil Yusuf, Ketum Navy.id menambahkan dengan adanya komunitas yang lebih luas ini membuka peluang untuk saling bertukar informasi serta menjalin semangat kebersamaan. “Diharapkan juga akan semakin kompak dan semakin banyak manfaatnya di kemudian hari,” jelas pria asal Sumbar ini.

BVI tidak berhenti sampai di deklarasi saja. Tapi jelas ke depannya akan ada kegiatan bersama. Soebekti, Ketum AVOCI justru sudah mengajak untuk membuat Jambore Nasional (Jamnas) setiap tahunnya. Dengan rangkaian yang lebih panjang dan banyak tentu akan sangat menarik.

Namun sebelum menuju Jamnas, akan ada kegiatan turing bersama ke luar kota bersama-sama dengan keluarga. BVI

Tentang BVI Kini

Cikal bakal BVI terbentuk dari kopdar 3 komunitas yang akhirnya terus bertambah

Cikal bakal BVI terbentuk dari kopdar 3 komunitas yang akhirnya terus bertambah

Dimulai dari kopdar 3 komunitas yang akhirnya terus bertambah. Deklarasi pada 27 Januari 2024 di Podomoro Golf View (PGV), menjadi wadah BVI untuk terus berkembang.

Beranggotakan komunitas mobil van yang punya mesin berkapasitas 2.000-3.500 cc, baik bermesin bensin dan juga diesel. Saat ini BVI mencakup 8 komunitas mobil van yang bergabung jadi satu. Nav1, Noah & Voxy Community Indonesia (Navy.id), Voxy Club Indonesia (VCI), Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI), Biante Owner Club (BOC), Hyundai H-1 Family Indonesia (H1FI), Indonesia Serena Owner Community (ISOC), Nissan Elgrand Owners Community (NEOC), Mitsubishi Delica D5 Indonesia (D:5i).

Berdasar data dari masing-masing komunitas, total keanggotaan BVI lebih dari 1.500 member. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika