by

7 Rekomendasi Ban Dual Purpose Ring 14 untuk Motor Matic

Cari ban dual purpose ring 14 yang bisa dipasang ke motor matic? Sebenarnya cukup banyak pilihan, namun barangnya jarang terlihat di bengkel atau toko ban.

Hal ini dikarenakan skuter sejatinya hanya digunakan untuk keperluan dalam kota. Jadi soal karet bundar, standarnya adalah penggunaan ban on road atau khusus aspal.

Meski begitu, beberapa pabrikan mulai berani memproduksi motor matic bergaya adventure seiring tren yang berkembang. Ambil contoh Suzuki Nex II Cross dan Honda ADV 150. Supaya aura petualangnya keluar, mau tidak mau ban yang digunakan pun harus dual purpose.

Tren tersebut pun bergulir ke motor matik lain. Banyak pemilik motor yang tertarik menggunakan ban dual purpose ke skuter kesayangannya. Selain membuat tampilan semakin gagah. Ban jenis ini juga lebih nyaman ketika melewati jalanan tidak rata.

Meski demikian, menggunakan karet bundar dua alam bukan tanpa kekurangan. Saat melewati jalan aspal mulus, biasanya ban bakal lebih berisik dari biasanya. Tentunya buat sebagian orang, ini bakal mengganggu kenikmatan berkendara.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, apa saja pilihan ban dual purpose ring 14 untuk motor matic yang tersedia di pasaran? Kalau kamu mau tahu jawabannya simak rekomendasi berikut ini:

1. Corsa Cross S

ban dual purpose ring 14
Kelebihan Corsa Cross S punya kompon yang awet dan tahan lama.

Pilihan ban dual purpose ring 14 yang pertama adalah Corsa Cross S. Tersedia banyak sekali pilihan ukuran, mulai dari 80/90-14 inci hingga 110/80-14 inci. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan motor matic kesayangan.

Corsa mengklaim ban ini menggunakan teknologi hybrid compound, alhasil daya cengkeramnya maksimum termasuk saat melewati jalan basah. Terkait habitat, Cross S diklaim 60 persen lebih cocok untuk on road dan 40 persen off road. Soal harga, ban dual purpose untuk motor matic ini dijual mulai Rp 150 ribuan.

Baca juga  7 Motor Matic Terbaik untuk Pria, Mana Pilihan Kamu?

Di samping ukuran ring 14, Corsa Cross S juga tersedia dalam ring 13. Maka ban dual purpose ini bisa pula diaplikasikan ke Yamaha Nmax. Terkait pilihannya mulai dari 110/70-13 inci hingga 140/70-13 inci.

2. Swallow Street Enduro

ban dual purpose motor matic
Kekurangannya agak licin saat melewati jalan basah

Ban dual purpose ring 14 yang cocok buat motor matic selanjutnya adalah Swallow Street Enduro. Kelebihannya punya tampilan gagah dan mencengkeram sangat baik saat melewati jalanan bergelombang.

Hanya saja ketika hujan, masalahnya adalah ban cukup licin. Maka dari itu, kamu perlu hati-hati ketika cuaca mendung atau melewati genangan air.

Soal ukuran, Swallow Street Enduro untuk motor matic tersedia mulai dari 70/90-14 inci hingga 100/80-14 inci. Harganya paling murah Rp 150 ribuan.

3. Zeneos Turino

ban dual purpose ring 14
Ban Zeneos Turino punya harga yang cukup terjangkau.

Pilihan band dual purpose untuk motor matic ring 14 selanjutnya adalah Zeneos Turino. Kelebihannya punya tiga teknologi utama: grip enhance advancedment design, tread under cushion, dan non aromatic oil.

Fitur yang pertama atau grip enhance advancedment design, memastikan cengkeraman ban ke segala medan menjadi sangat baik, mau itu basah, kering, aspal, dan off road ringan. Penyebabnya adalah desain kembangan yang dibuat begitu presisi dengan sistem komputerisasi.

Kemudian fitur tread under cushion memastikan ban tetap sejuk dan punya daya tahan kuat. Ditambah lagi, non aromatic oil memastikannya tetap ramah lingkungan.

Baca juga  Rekomendasi Ban Nmax Terbaik Buat Harian

Zeneos Turino tersedia dalam ukuran mulai dari 70/90-14 inci hingga 100/90-14 inci. Harga ban dual purpose ring 14 untuk motor matic ini mulai Rp 165 ribu.

4. IRC GP-5

ban dual purpose motor matic
Suzuki Nex II Cross menggunakan IRC GP-5 sebagai ban OEM.

Produk IRC GP-5 merupakan ban bawaan pabrik untuk motor matic, Suzuki Nex II Cross. Hal ini membuktikan bahwa kualitasnya memang baik, mau itu melewati jalan on road dan offroad.

Kelebihan ban dual purpose ring 14 ini ada di kompon spesial yang bisa dipakai melibas jalan kering dan basah. Kemudian konstruksinya juga kuat, sehingga tahan terhadap benturan.

Terkait ukuran, IRC GP-5 tersedia mulai dari 70/90-14 Inci hingga 100/80-14 Inci. Banderolnya mulai dari Rp 150 ribuan.

5. Maxxis Dual Purpose

maxxis dual purpose
Kelebihan ban dual purpose, bikin tampilan motor matic semakin gagah.

Pilihan ban dua alam untuk motor matic selanjutnya, Maxxis dual purpose. Kelebihannya punya pola blok pattern bertentuk membujur di tengah untuk mengentrol fleksibilitas saat melewati berbagai medan jalan.

Kemudian desain tapaknya tinggi dan kokoh, memastikan usia ban lebih lama atau tidak mudah aus. Terakhir adalah kekakuan blok pada sisi ban, diklaim bisa memperluas landasan sekaligus meningkatkan cengkeraman saat menikung.

Terkait ukuran ban, inilah yang jadi kekurang dari Maxxis dual purpose. Cuma ada opsi 80/90-14 Inci dan 90/90-14 Inci. Di sisi lain, Maxxis menyediakan pilihan ban tubeless dan ban dalam. Penggunaan umum motor matic masa kini tentu tubeless karena lebih praktis. Hanya saja kalau benar-benar mau dipakai di jalan offroad dengan kombinasi pelek jari-jari, pastinya versi ban dalam lebih masuk akal. Soal harga, kisarannya Rp 450 ribu sepasang.

Baca juga  Honda Genio Terbaru Tampil Beda, Harga Rp 17 Jutaan

6. Michelin M45

ban dual purpose ring 14 untuk motor matic
Salah satu ban dual purpose untuk motor matic terbaik, tapi sayang cuma ada satu ukuran.

Sebenarnya ini ban dual purpose ring 14 yang cukup banyak peminat, lantaran kualitasnya mantap. Hanya saja ukurannya untuk motor matic cuma ada satu yaitu 110/80-14 Inci.

Alhasil pemilik motor jadi tidak bisa terlalu banyak eksplorasi terkait ukuran. Spesifikasi tersebut kebanyakan bisa dipakai sebagai ban motor matic bagian belakang saja. Walau begitu, dipakai di ban depan pun tidak masalah kalau muat.

Kelebihan Michelin M45 memiliki cengkraman istimewa di berbagai medan baik itu off road dan on road. Jalanan kering serta basah juga tidak soal. Ban tetap mampu nempel ke aspal dengan istimewa.

Oleh karena performanya yang mantap, band dual purpose untuk motor matic dari Michelin ini cukup mahal. Banderolnya mulai Rp 250 ribuan.

7. Aspira Premio Terreno

band dual purpose motor matic
Ini merupakan ban lokal rasa impor, cocok buat kamu yang menginginkan gaya dual purpose.

Pilihan ban dual purpose untuk motor matic ring 14 yang terakhir adalah Aspira Premio Terreno. Kualitasnya tidak beda jauh dari Michelin.

Ban ini memiliki teknologi progressive groove design yang bisa diajak berkendara di berbagai medan jalan. Melewati aspal basah dan kering, jalur off road ringan sekalipun masih percaya diri.

Hanya saja memang ketika baru dikenakan, pasti ada rasa tidak nyaman. Walau demikian, seiring waktu bakal berubah lebih menyenangkan. Tersedia ukuran mulai dari 70/90-14 inci hingga 100/90-14 inci. Kalau kamu tertarik, harganya mulai Rp 200 ribuan untuk size terkecil.

Itulah tadi tujuh rekomendasi ban dual purpose ring 14 untuk motor matic. Dari kelimanya, mana yang lebih tertarik untuk kamu pilih?

Terbaru