oleh

Beda 4 Varian Hyundai Ioniq 5 Indonesia, Jangan Salah Beli!

Berikut Moladin sampaikan 4 varian Hyundai Ioniq 5 Indonesia. Hyundai Ioniq 5 telah memperkenalkan mobil ini di Tanah Air pertama kali, pada ajang pembukaan IIMS 2022 yang digelar 31 Maret 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan Ioniq 5 dalam empat varian: Ioniq 5 Prime Standard Range, Ioniq 5 Prime Long Range, Ioniq 5 Signature Standard Range, dan Ioniq 5 Signature Long Range.

Hyundai mengklaim, jika mobil listrik berdesain ala hatchback futuristik tersebut adalah sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air, lantaran menjadi mobil listrik murni pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

President Director of PT Hyundai Motors Indonesia, SungJong Ha, mengatakan melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia.

“Ioniq 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia,” kata Sungjong, saat perkenalan resmi Ioniq 5 di JIExpo Kemayoran.

Nah jika kamu ingin mengetahui detail spesifikasi perbedaan 4 varian Hyundai Ioniq 5, berikut ulasannya.

1. Ioniq 5 Tipe Prime Standard

Varian Hyundai Ioniq 5
Desain Ioniq 5 terinspirasi dari mobil jadul Hyundai Pony

Dari 4 model yang dipasarkan di Indonesia, sedikitnya ada beberapa perbedaan yang paling mencolok di antara masing-masing variannya.

Terutama soal kemampuan jarak tempuh. Misal pada Ioniq 5 tipe Prime Standard dalam satu kali pengecasan saat kondisi baterai full mobil ini bisa dikendarai sejauh 384 KM.

Tipe ini membutuhkan waktu 5 jam untuk satu kali pengisian hingga baterai full. Sedangkan untuk pengecasan di fasilitas fast charging hingga kapasitas 80%, untuk tipe Prime Standard membutuhkan waktu 46 menit.

Dalam jangka panjang, Hyundai menjanjikan berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe Inoniq 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Baca juga  Mobil Listrik Produksi Indonesia dari Hyundai, Meluncur Maret 2022

Tipe Ioniq 5 tipe Prime Standard ditawarkan dalam lima pilihan warna yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam Black 1-tone saja. Terkait performanya,seluruh Hyundai Ioniq type standard range mengusung kapasitas baterai 58 Kw.

Hyundai Ioniq 5 type Standard Range memilki tenaga sebesar 170 PS yang dicapai pada 350 Nm. Berdasarkan data yang dirlis Hyundai, dari segi performa, tipe Prime Standard mampu membuat Ioniq 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik.

Perbedaan lainnya kaki-kaki. Ioniq 5 Prime Standard mengusung ban ukuran 235/55 ring 19. Pada interior, karena hadir tanpa vision roof untuk head room Ioniq 5 Prime Standard lebih lega yakni 1.046/970.

Ioniq 5 tipe Prime Standard juga memiliki fitur cruise control.

2. Ioniq 5 Tipe Signature Standard

hyundai ioniq 5 tanpa fitur bluelink - interior
Salah satu kelebihan Hyundai Ioniq 5 Signature Standard juga memiliki fitur cruise control.

Varian Hyundai Ioniq 5 berikutnya adalah tipe Signature Standar. Sama dengan tipe Prime Standar Ioniq 5 tipe ini dalam satu kali pengecasan, saat kondisi baterai penuh bisa menempuh hingga 384 KM.

Ioniq 5 Signature Standard juga membutuhkan waktu 5 jam untuk satu kali pengisian hingga baterai full. Sedangkan untuk pengecasan di fasilitas fast charging juga sama, yakni bisa mencapai kapasitas 80% dalam waktu 46 menit pengecasan hingga penuh.

Pada Hyundai Ioniq 5 tipe Signature Standar juga ditawarkan lima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Warna interiornya juga sama, yakni hanya menyediakan Black 1-tone saja. Untuk kapasitas baterai dan performa, Hyundai Ioniq 5 tipe Signature Standar meusung kapasitas baterai 58kw.

Untuk performanya juga sama tipe Signature Standard mampu membuat Ioniq 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik.

Nah perbedaannya Signature Standard sudah memiliki vision roof yang bisa dinikmati penumpangnya untuk menikmati keadaan sekitar melaui atap mobil. 

Baca juga  NJKB Hyundai Stargazer, Punya 6 Tipe

Karena sudah memiliki vision roof, maka roof mobil ini sedikit lebih sempit dibanding Prome Standar yakni 1.034/953.

Ioniq 5 tipe Signature Standard juga didukung oleh ban ukuran 235/55 ring 19 dan fitur cruise control.

Untuk fitur model ini juga sudah menggunakan memory seat configuration (all seat), front heated and ventilated seat, relaxion comfort seat yang terdapat pada kursi baris depan, High beam Assist (HBA), rear heated seat, foward collision -avoidance assist (FCA), Driver atention Warning (DAW), Smart Cruise Control (SCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Fitur lainnya adalah Dual Zone Automatic Climate Control System,
Wireless Smartphone Charging System, Sliding Center Console, Rear Door Window Curtains, Power Tailgate, Vehicle to Load (V2L).

Pada infotainment juga sudah dibekali dengan BOSE Premium Sound System dengan 8 Speakers with External amplifier.

3. Ioniq 5 Prime Long Range

Varian Hyundai Ioniq 5
Jarak Tempuh Hyundai Ioniq 5 varian Long Range bisa tembus 481 Km

Perbedaan varian Hyundai Ioniq 5 lainnya, pada tipe Prime Long Range adalah daya jelajahnya yang semakin jauh. Tipe ini mampu menjelajah sejauh 481 km.

Dengan waktu pengecasan sekitar 6 jam. Sedamngkan fast chargingnya unutk mencapai 80% hanya memerlukan waktu 56 menit.

Sedangkan tenaga maksimalnya mencapai 217 PS pada torsi 350 Nm. Ioniq 5 Prime Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik. Lebih Cepat dari dua tipe yang disebutkan sebelumnya.

Karena model ini tidak memiliki vision roof, Ioniq 5 tipe Prime Long Range memiliki haed room 1.046/970. Namun model ini memilki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 72,6Kwh.

Ioniq 5 tipe Prime Long Range juga didukung oleh ban ukuran 235/55 ring 19.

4. Ioniq 5 Signature Long Range

Varian Hyundai Ioniq 5
Bisa test drive Hyundai Ioniq di IIMS 2022

Yang terakhir, pada varian Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range merupakan varian tertinggi dan telengkap dibanding ketiganya.

Dalam hal kemampuan jarak tempuh, pada Ioniq 5 tipe Signature Range dalam satu kali pengecasan saat kondisi baterai full mobil ini bisa dikendarai sejauh 451km.

Baca juga  Penjualan Mobil Listrik Hyundai Terlaris di Indonesia

Tipe Ioniq 5 Signature Long Range ini membutuhkan waktu 6 jam untuk satu kali pengisian hingga baterai full. Sedangkan untuk pengecasan di fasilitas fast charging hingga kapasitas 80%, untuk tipe Prime Standard membutuhkan waktu 56 menit.

Ioniq 5 Signature Long Range juga ditawarkan dalam lima pilihan warna yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Sedangkan untuk warna interior, juga tersedia dalam Black 1-tone saja. Terkait performanya,seluruh Hyundai Ioniq type standard range mengusung kapasitas baterai 72,6 Kwh.

Hyundai Ioniq 5 type Signature Long Range memilki tenaga sebesar 217 PS yang dicapai pada 350 Nm. Mobil ini bisa melesat dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 7,4 detik.

Perbedaan lainnya kaki-kaki. Ioniq 5 Signature Long Range mengusung ban ukuran 255/45 ring 20. Sebagai informasi hanya model Signature Long range yang mengusung pelek ukuran ring 20.

Pada interior, mobil ini sudah menggunakan vision roof, dengan ukuran head room yakni 1.034/953.

Menyendang sebagai tipe tertinggi, model ini juga sudah menggunakan memory seat configuration (all seat), front heated and ventilated seat, relaxion comfort seat yang terdapat pada kursi baris depan, High beam Assist (HBA), rear heated seat, foward collision -avoidance assist (FCA), Driver atention Warning (DAW), Smart Cruise Control (SCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot View Monitor (BVM),
Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Fitur lainnya adalah Dual Zone Automatic Climate Control System,
Wireless Smartphone Charging System, Sliding Center Console, Rear Door Window Curtains, Power Tailgate, Vehicle to Load (V2L).

Pada infotainment sudahh dibekali dengan BOSE Premium Sound System dengan 8 Speakers with External amplifier.

Demikian ulasan terkait perbedaan 4 varian Hyundai Ioniq 5 di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otmotif.

Terbaru