by

5 Perbedaan Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard

Ninja ZX-25R Special Edition – Motor yang ditungu-tunggu, Kawasaki Ninja ZX-25R meluncur juga. Kuda besi ini resmi hadir dan dijual di Indonesia pada Jum’at (10/7/2020).

Pabrikan geng hijau memasarkan ZX-25R dalam dua varian: Special Edition dan Standard. Apa perbedaannya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita tahu dulu persamaan keduanya.

Soal kelebihan, kamu tidak perlu ragu dengan performa motor ini. Dua varian Kawasaki Ninja ZX-25R punya mesin 250 cc empat silinder yang serupa. Jantung mekanis itu mampu mengelurkan torsi hingga 22,9 Nm pada 14.500 rpm dan tenaga 51 PS pada 15.500 rpm.

Performa hebat tersebut juga didukung kehadiran ram air duct system yang diposisikan di tengah paras. Dengan kehadirannya, Kawasaki mengklaim tenaga Ninja empat silinder bisa naik 1 PS (jadi 51 PS). Ram air akan bekerja pada speed 100 Kpj. Ketika itu udara masuk ke mesin sehingga meningkatkan kinerja.

“Top Speed 187 Kpj yang versi official sudah kita test,” kata Head Sales & Promotion KMI, Michael C. Tanadhi dalam sesi peluncuran produk.

Kehebatan mesin ZX-25R sungguh mengalahkan para rival. Jangan coba bandingkan dengan Honda CBR250RR dan Yamaha R25 yang cuma pakai dua silinder. Performa motor empat silinder ini masih jauh di atas mereka.

Geng hijau juga membekali ZX-25R dengan electronic throttle valves yang diklaim mampu memberikan respons mesin halus. Sekaligus tidak lagi memerlukan kabel gas, lantaran volume bahan bakar (via fuel injector) dan udara (via throotle valves) yang dikirimkan ke mesin diatur secara elektronik.

Lalu apa yang membuat kedua variannya berbeda? Setidaknya ada 5 perbedaan Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition vs Standard. Mulai dari anti-lock braking system (ABS), Kawasaki Quick Shifter (KQS), aksesori yang melekat, pilihan warna bodi, dan harga.

Baca juga  Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R, Harga Mulai Rp 96 juta

Kalau kamu mau tahu detailnya, cek bahasan berikut:

1. Anti-lock Braking System (ABS)

Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard 003
Varian special edition mendapat fitur ABS untuk keselamatan berkendara

Sistem pengereman jadi pembeda Ninja ZX-25R Special Edition dan Standard. Di versi Special edition sudah menggunakan ABS untuk kedua roda. Sementara di varian standard belum tersedia.

ABS adalah fitur keselamatan yang mencegah roda terkunci saat pengendara ZX-25R melakukan pengereman mendadak. Dengan ABS, kamu jadi bisa tetap mengendalikan motor dan menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Sementara itu untuk komponen lain yang melekat di kaki-kaki, tidak ada beda. Baik varian special edition dan standar telah menggunakan cakram di kedua roda. Cakram depan berukuran 310 mm dan belakang 220 mm.

Penggunaan ban juga serupa, pakai merek Dunlop GP300 radial. Ukuran karet bundar depan 110/70-17 inci dan belakang 150/60-17 inci.

Suspensinya sendiri, baik ZX-25R Special Edition dan Standar sangat istimewa mengikuti kepunyaan ZX-6R. Di depan ada upside down SFF-BP dengan diameter 37 mm. Sementara di belakang pakai horizontal back-link suspension.

2. Kawasaki Quick Shifter (KQS)

Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard
Fitur quickshifter di Ninja ZX-25R Special Edition aktif saat putaran mesin menyentuh 2.500 rpm

Perbedaan Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard juga hadir lewat fitur bernama Kawasaki Quick Shifter (KQS). Fungsinya untuk memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi transmisi naik dan turun, tanpa menekan kopling.

Alhasil pengendara jadi merasa lebih nyaman saat melaju di jalan raya. Begitu juga ketika dipacu di lintasan, KQS pastinya bisa menjadikan performa mesin semakin maksimal.

Fitur KQS tidak aktif begitu saja. Pengendara Kawasaki Ninja ZX-25R baru bisa menggunakannya saat mesin sudah berputar di rentang 2.500 rpm. Jika di bawah itu, tidak akan bisa.

Baca juga  7 Kelebihan Suzuki GSX-R150 Dibanding R15 dan CBR150R

Meski varian standard tidak memiliki KQS, namun Kawasaki tetap memberi berbagai fitur elektronik lain untuk membuat rasa berkendara semakin menyenangkan. Sebut saja power mode selection, Kawasaki Traction Control (KTRC), dan sistem pencahayaan LED.

Guna power mode untuk mengatur aliran tenaga, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Manfaatkan mode full power saat ingin menikmati performa maksimal mesin empat silinder. Lalu low power bisa dimanfaatkan ketika melewati jalan dengan kondisi kurang baik.

KTRC beda lagi, disediakan tiga mode untuk membuat rasa percaya diri semakin meningkat dalam melewati berbagai medan jalan. Fitur terakhir adalah lampu LED yang bisa memberi visibilitas berkendara lebih baik dengan daya listrik rendah.

3. Aksesori yang Melekat

Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard
Kawasaki Ninja ZX-25R varian standard pakai windshield bening dan cuma tersedia dalam satu warna bodi

Kamu juga bisa melihat perbedaan Kawsaki Ninja ZX-25R Special Edition dan Standard, lewat aksesorinya. Geng hijau memberi banyak tambahan untuk varian Special Edition, sebut saja smoke windshield, frame slider, jok single seater, dan stiker pelek.

Di samping membuat tampilan jadi lebih keren, aksesori tersebut juga punya fungsi yang tidak kalah penting. Terutama frame slider, mampu mencegah bodi samping rusak parah saat motor terjatuh.

Walau berbeda aksesori, namun soal rangka sama saja. Kawasaki Ninja ZX-25R Standard juga pakai teralis dengan arched design swing arm. Rangka tersebut sanggup memberikan kelenturan dan keseimbangan saat motor diajak berkendara.

Baca juga:

4. Pilihan Warna Bodi

Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard
Varian special edition lebih istimewa dengan frame slider, jok single seater, smoke windhsield, stiker pelek, dan pilihan warna yang beragam

Sisi yang jadi pembeda Ninja ZX-2R Special Edition Vs Standard juga tampak dari warna bodi. Jika kamu pilih versi standard, cuma tersedia satu opsi: metallic spark black (hitam). Cat hitam ini benar-benar minim grafis. Cuma ada tulisan Ninja, Kawasakai, dan ZX-25R di sisi bodi.

Baca juga  Daftar Harga Suzuki GSX-R150, Paling Murah di Kelasnya!

Lain halnya dengan Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition yang punya tiga pilihan warna: Lime Green / Ebony (ABS SE), Metallic Spark Black / Pearl Flatdust White (ABS SE), Candy Plasma Blue / Metallic Spark Blue (ABS SE).

Kalau kamu lihat secara detail ada yang menarik di varian special edition, lantaran Kawasaki memberi opsi biru. Padahal cat tersebut identik dengan punya merek asal Jepang lain yaitu Yamaha.

Michael saat diminta konfirmasi soal hal ini, hanya menjawab bahwa semuanya dilakukan berdasar survey ke para konsumen Kawasaki.

5. Harga Jual Jadi Pembeda Ninja ZX-25R Special Edition dan Standard

Kawasaki Ninja ZX-25R Special Edition Vs Standard
Pilihan warna lengkap dari Kawasaki Ninja ZX-25R

Dengan segala macam keistimewaan yang ada di Ninja ZX-25R Special Edition, tentu harganya juga beda. Varian ini dijual Rp 112,9 juta (OTR Jakarta). Sementara varian standar cuma Rp 96 juta (OTR Jakarta).

Jika kamu menginginkan paket lengkap, tentu saja varian special edition sangat menggiurkan. Bukan hanya untuk dipakai di sirkuit, tapi juga di jalan raya. Walau demikian, kalau memang bujet terbatas maka varian standar juga sebenarnya sudah lebih dari cukup.

Kawasaki mulai membuka keran pemesanan untuk ZX-25R pada 11-12 Juli 2020 di markas Abdul Muis, Jakarta. Buat kamu yang ada di daerah luar Jakarta, bisa langsung hubungi dealer Kawasaki terdekat. Unitnya sendiri bakal dikirimkan ke rumah konsumen pada Agustus 2020.

Setelah mengetahui perbedaan kedua varian, kira-kira ZX-25R apa yang bakal kamu beli?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru