oleh

7 Beda Toyota Avanza Vs Veloz FWD Terbaru, Mending Mana?

Avanza vs Veloz FWD terbaru meluncur berbarengan menjelang akhir tahun 2021. Keduanya terkenal dengan julukan “anak kembar,” meski sebenarnya terdapat perbedaan pada beberapa bagian. Mulai dari desain eksterior, desain intrior serta beberapa fitur-fiturnya.

Keberadaan Veloz tentu menjadi pelengkap keluarga Avanza. Ia hadir untuk mengisi varian tertinggi di mobil yang dikenal dengan julukan “sejuta umat” ini.

Sebelum mengulas lebih jauh Avanza vs Veloz FWD, ada baiknya sedikit menegok perjalanan keduanya di Tanah Air. Avanza hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2003 dengan pilihan varian E dan G, keduanya menggusung mesin 1.300 cc DOHC dengan transmisi manual.

Mendapat sambutan hangat di segmen Low MPV, Avanza terus mengalami ubahan desain, penambahan fitur dan transmisi otomatis. Singkat cerita, pada tahun 2011, Avanza meluncurkan generasi keduanya dengan pilihan varian 1.3 E, 1.3 G, serta Veloz dengan kapasitas mesin 1.5.

Selain kapasitas mesin yang lebih besar, Veloz juga merupakan varian tertinggi yang fiturnya tentu paling komplit. Meski demikian, Avanza baru 2021 untuk varian G sudah mengadopsi mesin 1.500 cc, bahkan mesin tersebut juga digunakan pada Veloz yang peluncurannya bersamaan pada 10 November 2021.

Lalu, apa saja yang membedakan antara Avanza Vs Veloz FWD terbaru? Berikut ulasannya:

1. Desain Eksterior Veloz Lebih Mewah

Avanza vs Veloz FWD
Avanza vs Veloz 2021

Avanza vs Veloz FWD yang pertama adalah pada desain eksterior. Jika pada generasi sebelumnya kedua mobil ini sepintas sulit untuk dibedakan dari tampilan luarnya, hal tersebut tidak pada Avanza dan Veloz baru 2021.

Baca juga  Toyota Veloz Laris Manis di GIIAS 2021, Avanza Nomor Dua

Bagian depan kedua mobil ini perbedaanya sangat jelas, meski sama-sama mengusung desain grill heksagonal, namun detailnya berbeda. Avanza menggunakan aksen garis-garis horizontal yang diapit dua foglamp dengan balutan rumahnya berkelir hitam.

Sementara pada Veloz terbaru, detail desain grill berbentuk lubang-lubang seperti rumah tawon. Dimensinya juga sedikit lebih kecil, hal tersebut untuk memberikan ruang bumper yang ada di bawahnya dengan desain garis melintang. Oh ya, terdapat pula foglamp yang dibalut dengan aksen krom berbentuk seperti boomerang.

Perbedaan jelas juga terlihat pada bagian belakang mobil. Veloz baru sudah tidak lagi menempatkan emblem dibagian kanan pintu bagasi. Emblem Velos sekarang tampil dengan ukuran lebih besar yang posisinya di bagian tengah pintu bagasi di bawah logo Toyota.

Sementara itu untuk desain belakang Avanza terlihat lebih sederhana namun tetap terlihat elegan. Desain lampunya tidak terlalu besar serta emblem tulisan Avanza pindah ke bagian kiri bawah dengan ukuran font yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

2. Tema Warna Interior Avanza Vs Veloz

Avanza vs Veloz FWD
Interior Avanza vs Veloz 2021

Perbedaan lainnya adalah soal tema warna. Veloz dibuat lebih elegan dengan kombinasi warna terang dan gelap. Ada pula jok kulit dengan kombinasi kain yang membuatnya terkesan mahal.

Sementara Avanza varian tertinggi, joknya belum dibalut kulit. Kemudian kombinasi warna interiornya dominan gelap.

Baca juga  Panduan Modifikasi Agya, Ganti pelek Sudah Cukup?

Bicara kesamaan, baik jok Avanza dan Veloz mampu memuat 7 orang penumpang dengan nyaman. Sekaligus punya 7 head rest. Ditambah lagi pengaturan bangkunya cukup fleksibel, bisa diubah-ubah, termasuk dalam mode long sofa.

3. Fitur Veloz Lebih Lengkap

Avanza vs Veloz FWD
Fitur wireless charging yang ada di Veloz 2021

Kemudian perbedaan ketiga dari Avanza dan Veloz ada di fitur modern. Veloz punya segudang fitur istimewa sebut saja wireless charger, auto AC, panel instrumen TFT besar, illumination light, hingga layar entertainment untuk penumpang belakang.

Sementara Avanza belum memiliki itu semua. Walau demikian, bukan berarti Avanza tidak istimewa. Toyota juga memberikan head unit layar sentuh 9 inci, start stop engine button, AC digital seperti layaknya Veloz.

Bicara keselamatan, untuk varian tertinggi, keduanya juga sudah punya Toyota Safety Sense (TSS). Fitur keselamatan aktif terintegrasi pre collision system (PCS), Pedal Misoperation control, blind spot monitoring (BSM), Lane Departure Assist, Front dearture alert, dan rear crossing traffic allert (RCTA).

Ditambah fitur keselaman lain seperti 6 titik airbags, hill start assist, dan lain-lain.

4. Rem Parkir Manual Vs Elektrik

Avanza vs Veloz FWD
Veloz sudah pakai rem parkir elektrik

Perbedaan kedua, terlihat ketika masuk ke interior. Veloz sudah pakai rem parkir elektrik dengan fitur brake hold. Ditambah lagi untuk cakram, di Veloz fitur itu hadir di keempat roda.

Sementara Avanza, cakram cuma ada di rem depan. Roda belakangnya masih pakai rem teromol. Lalu bicara rem tangan juga belum elektrik alias pakai model tarik yang konvensional.

Baca juga  World Premiere Toyota Land Cruiser 2021, Catat Tanggalnya!

5. Mesin Avanza Vs Veloz FWD

mesin avanza fwd
Avanza punya opsi mesin 1.300 cc dan 1.500 cc

Lalu yang juga berbeda dari Toyota Avanza Vs Veloz terbaru ada di pilihan mesin. Kalau Avanza tersedia dalam dua opsi: 1.300 cc dan 1.500 cc. Sementara Veloz cuma 1.500 cc.

Hanya saja buat kamu yang menginginkan mesin Avanza 1.300 terbaru, transmisinya hanya ada manual 5-percepatan. Sementara versi 1.500 cc, punya dua opsi, selain manual tersedia pula tranmsisi CVT. Hal ini juga berlaku untuk Veloz.

6. Pilihan warna Avanza lebih banyak

harga avanza fwd 2021
Toyota Avanza FWD 2021 punya beragam pilihan warna

Perbedaan Avanza vs Veloz FWD selanjutnya adalah dari pilihan warna yang disediakan. Avanza tersedia dalam lima pilihan warna. Yaitu Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic, serta White.

Sementara untuk Veloz hanya tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Metallic, Silver Metallic, serta Platinum White Pearl.

7. Harga Avanza Lebih Murah

Avanza vs Veloz FWD

Soal harga, selisih dari setiap varian terbilang tidak terlalu jauh. Untuk varian 1.3 E M/T dibanderol Rp 206.200.000, varian 1.5 G M/T Rp 228.500.000, varian 1.5 G CVT Rp 241.400.000, serta varian 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000.

Sementara untuk Veloz varian Veloz M/T Rp 251.200.000, varian Q CVT Rp 272.100.000, dan varian Q CVT TSS Rp 291.500.000.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perbedaan Avanza vs Veloz FWD. Jadi kamu mau pilih yang mana? untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru