Beda Varian Yamaha R15 Standar dan Livery MotoGP: Selisih Rp 500rb

Beda Varian Yamaha R15 – Ngomongin soal motorsport 150cc, pabrikan berlogo garpu tala andalkan Yamaha R15. Generasi terbaru dari Yamaha R15 diperkenalkan awal 2017. Dibanding generasi sebelumnya, generasi terbaru ini memiliki tampilan yang lebih sporti. Generasi terbaru dari Yamaha R15 ini juga terdapat penambahan fitur dan adanya peningkatan performa.

Yamaha R15 memiliki dua varian, yaitu; Yamaha R15 Standar dengan livery MotoGP. Sekilas kedua varian ini tidak memiliki perbedaan. Yamaha R15 standar dibanderol dengan harga Rp 36.075.000 (OTR Jakarta), sementara untuk R15 livery MotoGP lebih mahal Rp 500rban. Varian Yamaha R15 edisi khsus dibanderol dengan harga Rp 36.680.000 (OTR Jakarta).

Punya selisih harga yang cukup lumayan, lalu apa saja perbedaan dari varian Yamaha R15 standar dan R15 livery MotoGP? Simak bahasan berikut;

 

Desain

Tampangnya sporti abis

Yamahan R15 generasi memang tampil sporti abis, karena terinspirasi dari motor balap MotoGP. Hal tersebut terlihat dari adanya lubang yang berada di tengah-tengah. Tampil lebih gagah, berkat balutan suspensi depan upside down dengan ukuran ban yang besar.

Desainnya yang sporti ini membuat Yamaha R15 miliki tampang moge. Mengadopsi DNA Yamaha R-Series yang sporti dengan lampu utama ganda yang tajam, bodi belakang runcing dan ramping, serta fairing aerodinamis yang kekar.

Yamaha R15 standar dilengkapi dengan tiga pilihan warna, yaitu; racing yellow, racing black dan racing blue. Sementara untuk Yamaha R15 livery MotoGP hanya terdapat satu pilihan warna saja, yaitu Yamaha Movistar Energy.

Mungkin disinilah salah satu letak perbedaannya antara varian Yamaha R15 standar dan R15 livery MotoGP. Grafis di kedua sisi bodinya berbeda. Kalau Yamaha R15 punya grafis bertuliskan ‘R15’ di kedua sisi bodinya. Sementara untuk varian Yamaha R15 livery MotoGP, menggunakan grafis layaknya M1 yang digunakan oleh pembalap Yamaha Monster Energy di MotoGP.

 

Dimensi

Punya dimensi layaknya moge

Yamaha R15 memang di desain dengan dimensi mirip seperti motor yang menggendong mesin 250cc. Motor ini punya dimensi 1.990mm x 725mm x 1.135mm. Penggunaan ban dengan tapak lebar, bikin motor makin terlihat lebih besar dari motorsport 150cc umumnya, pakai ban depan berukuran 110/80-17 inci dan belakang 140/70 inci.

Yamaha R15 sudah menggunakan desain aluminium rear arm terbaru, memiliki bobot yang ringan sehingga memberikan kestabilan lebih saat dikendarai. Rangkanya sudah pakai deltabox frame yang kuat dan kokoh, bikin berkendara lebih stabil.

Baca juga;

 

Mesin

Dilengkapi assist & slipper clutch

Berbicara soal dapur pacunya, jelas tidak ada perbedaan varian Yamaha R15 standar dan R15 livery MotoGP. Menggendong jantung mesin 155,1cc. Mesin dengan konfigurasi satu silinder SOHC berpendingin cairan tersebut, juga sudah dilengkapi teknologi katup variabel (VVA) yang membuat performa maksimal hadir di berbagai rentang rpm.

Mampu semburkan torsi puncak 14.7Nm/8.500rpm dan tenaga maksimal 19.04Hp/10.000rpm. Performa makin ciamik berkat sistem transmisi 6-percepatan yang dilengkapi assist & slipper clutch bikin kopling lebih ringan dan mencegah gejala selip saat sedang naik-turun gigi.

 

Fitur

Sudah pakai panel instrumen digital dilengkapi shift timing light

Varian Yamaha R15 standar dan R15 livery MotoGP dilengkapi dengan fitur yang sama. Motor ini punya bagasi 11L, cukup luas untuk ukuran motorsport 150cc. Selanjutnya, motor ini sudah menggunakan sistem pencahayaan LED untuk lampu depan dan belakangnya, yang bikin sorotan lampu lebih terang.

Merupakan salah satu motor sport 150cc yang punya fitur berlimpah, makanya Yamaha R15 sudah menggunakan panel instrumen digital dilengkapi shift timing light. Tidak cuman itu saja, motor ini sudah dilengkapi dengan lampu hazard, fungsinya sebagai tanda keadaan darurat yang dialami pengemudi.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *