oleh

Beli Mobil Cash atau Kredit, Mending Mana?

Beli mobil cash atau kredit tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Baik dari sisi finansial ataupun psikologis. Meski begitu, kedua transaksi tersebut bisa menjadi solusi keuangan jika konsumen bisa mengatur manajemen keuangan dengan baik dan benar.

Memang, semenjak tahun 2000-an mayoritas pembelian kendaraan bermotor termasuk mobil menggunakan cara kredit. Berbeda dengan era sebelumnnya seperti 1990-an yang masih didominasi dengan cash.

Perubahan Haluan transaksi pembelian mobil tersebut tentunya disebabkan beberapa hal. Seperti kondisi ekonomi, gaya hidup serta kemudahan proses kredit.

Pada era 1990-an, jika ada konsumen mau membeli mobil secara kredit maka syarat dan prosedurnya tergolong ribet. Seperti harus ada surat keterangan domisili dari Kelurahan, slip gaji atau buku laporan keuangan, dan beberapa prasayarat lainnya yang membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengurus dan mempersiapkannya.

Berbeda jauh dari sekarang yang tergolong mudah untuk bisa membeli mobil dengan kredit. Bahkan beberapa tenaga sales Lembaga pembiayaan mempunyai slogan “kredit pasti disetujui, data kami bantu”. Selain itu, dapat dilihat saat ini perusahaan Lembaga pembiayaan atau leasing semakin bertebaran di seluruh pelosok wilayah.

Kembali ke pembahasan kelebihan dan kekurangan beli mobil cash atau kredit. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Beli Mobil Kredit

  • Banyak Promo dan Hadiah

beli mobil cash atau kredit
Salah satu promo diler Toyota

Hampir semua diler mobil bekerjasama dengan leasing memberikan tawaran promo dan hadiah menarik untuk pembelian mobil secara kredit. Seperti hadiah langsung berupa gadget, kaca film, karpet mobil, serta hadiah undian berupa sepeda motor.

Tak hanya itu, ada pula program promo DP ringan serta diskon cicilan dan bunga rendah untuk tenor dan mobil tertentu.

  • Sudah Termasuk Asuransi

Saat membeli mobil secara kredit umumnya akan termasuk dengan asuransi. Adapun pilihan asuransi mobilnya jenis all risk atau TLO (total loss only).

Dengan adanya asuransi tersebut tentunya pemilik mobil akan lebih tenang karena tidak perlu khawatir jika mobilnya mengalami senggolan dengan mobil lain di jalan atau kehilangan mobil. semua hal tersebut akan di cover oleh pihak asuransi selama masa kredit berlangsung.

  • Uang Tabungan Bisa Digunakan Hal Lain

Kemudian, dengan belim mobil secara kredit tentu uang tabungan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan atau keperluan lain, seperti renovasi rumah, biaya sekolah anak atau untuk mengembangkan usaha bisnis.

Kekurangan Beli Mobil Kredit

beli mobil cash atau kredit
Harga total beli mobil kredit lebih mahal

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Begitu pula dengan beli mobil secara kredit. Jika sebelumnya membahas kelebihannya maka selanjutnya kita akan membahas kekurangan beli mobil secara kedit.

  • Harga Total Lebih Mahal

Kerugian beli mobil kredit yang pertama adalah harga total mobil lebih mahal karena dikanakan suku bunga selama masa kredit. Semakin lama tenor kredit maka semakin mahal harga total mobil tersebut, meski besaran cicilan terlihat lebih ringan.

  • Resiko Gagal Bayar

Dengan membeli mobil secara kredit tentu ada kewajiban membayar cicilan setiap bulan dengan besaran yang sudah disepakati antara pihak debitur dan kreditur. Nah, kewajiban membayar cicilan setiap buan tersebut yang beresiko mengalami gagal bayar.

Ambil contoh seperti tahun 2020, dimana tahun tersebut dilanda pandemii dan sektor ekonomi mengalami guncangan. Banyak oang di PHK dan pengurangan gaji alias penghasilan. Alhasil, banyak nasabah kredit yang gagal bayar sehingga resikonya mobil ditarik oleh pihak leasing atau bank.

  • Beban Hutang

beli mobil cash atau kredit
Beban hutang

Mempunyai kewajiban membayar cicilan kredit tentu menjadi beban hutang. Nah, beban hutang tersebut umumnnya bisa membuat orang menjadi stress.

Selanjutnya, setelah membahas mengenai keuntungan dan kerugian beli mobil secara kredit. Selanjutnya kita akan membahas untung rugi membeli mobil secara cash.

Kelebihan Beli Mobil Cash

  • Bebas Hutang

beli mobil cash atau kredit
Ilustrasi bebas hutang

Yup, kelebihan pertama beli mobil secara cash adalah terbebas dari hutang. Meski harus mengeluarkan uang dengan jumlah besar namun pemilik mobil tentu akan lebih tenang secara psikologis karena tidak adanya hutang.

  • Mobil Bebas Dimodifikasi

Kemudian, dengan membeli mobil secara cash tentunya pemilik akan memiliki kebebasan untuk memodifikasi mobilnya. Berbeda dengan mobil kredit yang di dalam klausul perjanjiannya tidak diperbolehkan memodifikasi mobil selama masa kredit berlangsung.

“Dengan beli mobil secara cash tentu pemilik bebas untuk memodifikasi mobilnya. Mau diceperin, ganti velg sampai au di airbrush juga tidak ada kekhawatiran,” ungkap Bobby selaku pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu (19/4/2022).

  • Mobil Mudah Untuk Dijual Kembali

Membeli mobil secara cash tentunya pemiliknya akan langusng menerima STNK dan BPKB. Berbeda dengan kredit yang BPKB masih di tahan oleh pihak leasing sampai masa kredit selesai.

Nah, dengan adanya BPKB di tangan pemilik mobil maka setiap saat mobil terebut akan dijual akan lebih mudah.

“Banyak juga pemilik mobil baru yang baru dipakai 2 tahun sudah dijual lagi dengan alasan bosan atau pindah kerja ke luar kota atau ke luar negeri. Tentunya kita lihat keabsahan surat seperti BPKB dan STNK serta kondisi mobilnya,” terang Vincent, salah satu Marketing diler BMW Astra Used Car.

Kekurangan Beli Mobil Cash

  • Pengeluaran Besar

beli mobil cash atau kredit
Ilustrasi uang cash dalam jumlah banyak

Kekurangan beli mobil cash adalah konsumen harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sesuai dengan harga mobil yang akan dibeli. Hal tersebut bagi Sebagian orang menjadi beban karena keterbatasan budget.

  • Tidak Termasuk Asuransi

Membeli mobil baru secara cash tidak mendapatkan asuransi secara langsung seperti kredit. Namun begitu pemilik mobil bisa membeli asurnasi secara mandiri, meski resikonya harganya lebih mahal.

Moladiners, itulah pembahasan kelebihan dan kekurangan beli mobil cash atau kredit. Pada intinya, beli mobil cash atau kredit kembali ke masing-masing budget dan pengaturan keuangan masing-masing.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru