by

5 Cara Kredit Mobil Bekas, Tidak Sulit!

Cara kredit mobil bekas terbilang mudah, sebab beberapa diler mobil bekas telah bekerjasama dengan beberapa lembaga pembiayaan untuk memfasilitasi konsumen yang ingin membeli mobil bekas yang diinginkan dengan cara kredit.

Hanya saja memang ada batas usia mobil bekas yang bisa dikreditkan, dikombinasi dengan tenor. Misal kalau kendaraan dengan usia di atas 10 tahun, cuma boleh mengambil tenor kredit 1 tahun. Sementara mobil bekas berusia di bawah 10 tahun, umumnya bisa mengambil tenor kredit hingga 5 tahun.

Banyak orang yang belum mengetahui jika mobil bekas juga masih dapat dibeli dengan skema kredit. Baik itu membeli lewat perorangan ataupun melalui diler mobil bekas.

Untuk showroom atau diler mobil bekas memang umumnya telah bekerjasama dengan pihak leasing. Sementara jika berniat membeli melalui mobil bekas melalui perorangan, calon pembeli juga bisa melakukan pengajuan kredit ke lembaga pembiayaan dengan syarat yang wajib diikuti.

Melakukan pembelian mobil bekas melalui diler atau showroom yang sudah bekerjasama dengan lembaga pembiayaan tentu proses pembelian mobil bekas secara kredit lebih mudah. Pihak showroom yang akan mengarahkan calon pembeli ke pihak leasing.

Nah, berbeda halnya dengan cara kredit mobil bekas melalui perorangan. Calon pembeli harus mencari sendiri lembaga pembiayaan untuk pengajuan kredit membeli mobil bekas, setelahnya calon pembeli akan diminta berkas-berkas dokumen yang diperlukan untuk proses kreditnya.

“Pertumbuhan mobil bekas  cukup baik dimana ada Showroom yang multichanel, yaitu online dan offline. Sehingga secara pemasaran lebih luas dengan adanya sistem online, namun customer juga masih tetap bisa melihat unitnya secara langsung dengan cara datang ke showroomnya,” ujar Harjanto Tjitohardjojo selaku Direktur Clipan Finance. (6/10/2021).

Baca juga  Daftar Harga Daihatsu Ayla Bekas, Mulai Rp 60 Jutaan

Ingin tahu cara kredit mobil bekas secara detail, berikut bahasan lengkapnya:

Ketahui Langkah untuk Kredit Mobil Bekas

1. Pilih mobil sesuai pilihan dan budget

cara kredit mobil bekas

Langkah pertama cara kredit mobil bekas adalah dengan memilih mobil bekas yang akan dibeli. Dalam hal memilih mobil bekas, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima. Mulai dari kondisi bodi, mesin, kelistrikan dan kaki-kaki.

Oh ya, sesuaikan juga budget keuangan saat memilih mobil bekas yang ingin dibeli. Sebab jangan sampai over budget yang tentunya juga akan mempengaruhi besaran uang muka dan cicilan kredit mobil bekas tersebut.

2. Pilih leasing dengan bunga rendah

Setelah mobil yang ingin dipinang ada, selanjutnya memilih lembaga pembiayaan atau leasing. Dalam hal memilih lembaga pembiayaan, baiknya jangan terburu-buru. Pelajari dengan seksama besaran bunga setiap bulannya serta besaran uang muka dan tentunya yang diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk showroom mobil bekas umumnya sudah bekerjasama dengan beberapa pihak leasing. Calon konsumen tinggal memilih mana leasing yang sekiranya cocok.

Berbeda halnya dengan perorangan, calon pembeli yang harus mencari dan mengajukan sendiri untuk pembiayaan kredit mobil bekas. Konsumen bisa mendatangi kantor leasing atau melalui aplikasi dari leasing yang diminati untuk mengajukan permohonan kredit mobil bekas.

Umumnya bunga yang dikenakan untuk kredit mobil bekas dikisaran 8 sampai 8,5 persen. Dengan pilihan DP dari 20 persen sampai 50 persen. Sementara tenor mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.

Jadi misalnya budget konsumen Rp 50 juta dan harga mobil Rp 100 juta. Maka konsumen menghendaki DP 50%, kemudian untuk kredit yang diajukan ke leasing adalah sisanya sebesar Rp 50 juta.

Baca juga  Mobil Retro Vs Klasik, Ternyata Banyak Bedanya

3. Menentukan asuransi

Cara kredit mobil bekas selanjutnya adalah dengan membeli asuransi. Biasanya kalau unit seken, kreditnya tidak digabungkan dengan asuransi.

Walau demikian, asuransi tetap dianjurkan. Pasalnya kehadiran asuransi mobil, mampu membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Umumnya asuransi mobil ada dua pilihan, comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Pilih salah satu dari asuransi tersebut, sesuaikan dengan jenis dan aktivitas mobil. Jika mobil bekas yang dibeli merupakan jenis mobil yang harga sparepartnya murah dan mudah didapatkan bisa memilih TLO. Namun jika mobil bekas yang dibeli harga dan sparepartnya mahal dan susah dicari baiknya menggunakan asuransi mobil jenis comprehensive.

4. Survey unit mobil bekas dan lokasi

Nissan Serena bekas

Selanjutnya, setelah menentukan leasing dan asuransi mobil yang akan digunakan, pihak lembaga pembiayaan dan asuransi umumnya akan melakukan survey untuk melihat kondisi mobil secara langsung.

Selain itu juga untuk memastikan dokumen surat-suratnya, harus lengkap. Baik Stnk dan BPKB. Selain itu pihak leasing juga aan melakukan survey ke rumah untuk memastikan status tempat tinggal pemohon kredit.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwasanya kondisi mobil bekas yang akan dikreditkan tersebut kondisinya layak dan sesuai dengan harganya.

Untuk pihak asuransi, survey tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi mobil mulai dari bodi, mesin, interor dan kelistrikan dalam kondisi baik.

Namun jika pihak asuransi menemukan kondisi mobil rusak pada bagian tertentu, maka bisa jadi pihak asuransi tidak mau menjual produknya. Meskipun notabennya calon pembeli mobil bekas pastinya akan memilih mobil yang akan dibeli dengan kondisi bagus dan prima.

Baca juga  Daftar Harga Mitsubishi Pajero Sport Bekas, Mulai Rp 170 Jutaan

5. Konfirmasi kredit

Setelah dilakukan survey oleh pihak leasing dan asuransi, umumnya maksimal satu minggu konsumen akan diinformaskan apakah pengajuan kredit tersebut lolos atau tidak.

Oh ya, umumnya pihak lembaga pembiayaan hanya akan memfasilitasi kredit mobil bekas dengan umur mobil tidak lebih dari 10 tahun saat pengajuan kredit tersebut.

“Untuk tenor kredit sampai 5 tahun, mobil bekas yang bisa kita fasilitasi kredit maksimal buatan tahun 2012. Namun jika tenor kredit hanya satu tahun, mobil bisa lansiran tahun 2006,” imbuh Pak Har sapaan akrabnya.

Dokumen syarat kredit mobil bekas

cara kredit mobil bekas

Untuk mengajukan pembiayaan kredit mobil bekas tentunya dibutuhkan dokumen sebagai syarat mutlaknya.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan dan syarat calon pemohon kredit adalah sebagai berikut:

  • WNI, Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
  • Lama kerja minimal 1 atau 2 tahun
  • KTP pemohon dan KTP pasangan, FC Kartu Keluarga atau Surat / Akte Nikah
  • Bukti Kepemilikan Rumah atau bukti tempat tinggal ( Rek Listrik / Telepon / PAM / PBB / AJB)
  • Karyawan: Bukti penghasilan berupa Slip Gaji atau Surat Keterangan Gaji (Slip Gaji minimal 3 bulan terakhir)
  • Wiraswasta: Rekening Tabungan / Rekening Koran / Kwitansi / Bon-bon usaha / Rekap pendapatan usaha; Foto tempat dan aktivitas usaha disertakan fotocopy SIUP / TDP / TDR / SKDP / SITU / Asli surat keterangan usaha dari RT/RW/Kel/Kec. / Surat lapak / dokumen lain yang menunjukkan kepemilikan tempat usaha / Denah tempat usaha.
  • NPWP jika pembiayaan lebih dari Rp 50 Juta
  • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 55 tahun

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara kredit mobil bekas. Mudah bukan?

Untuk informsai seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru