oleh

7 Keuntungan Beli Mobil Cash, Masih Mau Kredit?

Ada beberapa keuntungan beli mobil cash dibandingkan membeli secara kredit. Salah satunya, tidak terlilit utang di kemudian hari akibat cicilan yang tidak terbayarkan.

Walau begitu, membeli mobil cash sesungguhnya sudah jarang ditemui beberapa tahun ini. Bukan tanpa alasan, berbagai promo cicilan serta mudahnya proses kredit membeli mobil membuat banyak masyarakat tergiur.

Padahal jika ditelisik lebih jauh, selisih harga mobil yang dibeli dengan cara kredit, tentunya lebih mahal dibanding cash. Ini dikarenakan, beli mobil kredit terkena bunga.

Sedikit menengok industri otomotif di era 1980 hingga 1990-an,  ketika itu masyarakat lebih banyak membeli mobil dengan cara cash. Bahkan kalau mau beli secara kredit, syaratnya susah dan berbelit-belit.

Memasuki era 2000, haluan berubah. Masyarakat justru lebih banyak melakukan pembelian mobil secara kredit hingga sekarang. Hal tersebut dikarenakan lebih mudah, serta tidak butuh uang banyak di muka kalau mencicil.

Kembali ke pembahasan keuntungan beli mobil cash dibanding kredit. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Dapat Diskon Besar dan Harga Lebih Murah

Keuntungan beli mobil cash
Salah satu Wiraniaga menjelaskan spesifikasi mobil dan tawaran diskon

Keuntungan beli mobil cash yang pertama adalah konsumen bisa dapat diskon yang cukup besar. Yup, meski hampir semua diler menawarkan promo kredit cicilan, nyatanya tetap ada diskon khusus untuk pembelian cash.

“Promo kredit jelas ada, namun diskon khusus untuk pembelian cash juga ada. Seperti contohnya untuk pembelian Avanza terbaru, ada diskon khusus pembelian cash hingga Rp 5 juta,” ungkap salah satu Wiraniaga diler Toyota dibilangan Pondok Cabe (18/4/2022).

Selain diskon, kalau ditelaah lebih jauh. Sesungguhnya beli mobil cash, harganya tentu lebih murah dibanding harus mencicil. Tidak percaya? Coba saja lakukan simulasi pembelian tunai dan kredit. Kalau diakumulasikan antara uang muka, cicilan setiap bulan, dan bunganya, pasti versi kredit jauh lebih mahal.

2. Mudah Untuk Dijual Kembali

Keuntungan beli mobil cash
Mudah untuk dijual kembali

Keuntungan beli mobil cash selanjutnya adalah mobil tersebut mudah untuk dijual kembali. Yup, dengan membeli mobil secara cash otomatis kelengkapan surat kepemilikan kendaraan akan langsung di tangan pemilik mobil.

“Ya enaknya beli mobil cash itu, kalau suatu saat mendadak butuh uang itu lebih cepat untuk dijual kembali mobilnya. Kalau beli kredit kan tidak bisa, karena BPKB masih di leasing,” ujar Bobby, salah satu pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu.

3. Menghindari Gagal Bayar

keuntungan beli mobil cash
Hutang bisa menjadi beban hidup

Saat melakukan pembelian mobil secara kredit, tentu ada risiko gagal bayar. Contohnya tahun 2020, tidak ada yang mengira kondisi ekonomi akan terpuruk karena pandemi Corona. Banyak orang kehilangan pekerjaan, sehingga jumlah nasabah bank dan leasing banyak yang gagal bayar.

Jika pemilik mobil kredit menunggak cicilan lebih dari tiga bulan, umumnya pihak leasing akan menarik mobilnya bisa secara langsung. Bisa juga melalui pihak ketiga yang telah ditunjuk oleh Bank atau leasing yang berkaitan.

4. Tidak Ada Tanggungan Cicilan Bulanan

keuntungan beli mobil cash
Simulasi menghitung cicilan

Keuntungan beli mobil cash berikutnya adalah tidak ada tanggungan bayar cician setiap bulan. Uang dari penghasilan kerja dan bisnis setelah pembilan mobil, bisa ditabung atau dibelikan aset yang berharga lain seperti emas Batangan atau tanah dan rumah.

“Banyak orang yang memaksa membeli mobil di luar kemampuan membayar cicilan setiap bulannya. Imbasnya tentu cicilan macet dan mobil ditarik oleh pihak bank atau leasing. Mau untung malah buntung,” terang Bobby.

6. Bebas Untuk Dimodifikasi

Keuntungan beli mobil cash
Mobil bebas untuk dimodifikasi

Keuntungan beli mobil cash selanjutnya adalah pemilik bisa bebas memodifikasi mobil miliknya. Jelas saja, karena tidak ada keterikatan cicilan kredit dengan bank atau leasing.

“Enaknya beli mobil cash kita bisa leluasa memodifikasi mobilnya. Kalau kredit kan ada aturan dalam klausulnya bahwa selama masih masa kredit alias belum lunas maka mobil tidak boleh dimodifikasi,” jelas Bobby.

Meski tetap saja ada beberapa pemilik mobil yang masih kredit, nekat memodifikasi mobilnya. Namun alangkah baiknya, kita mematuhi klausul terkait modifikasi ini, supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari.

7. Hidup Lebih Tenang Karena Tidak Ada Hutang

keuntungan beli mobil cash
Lunas cicilan hutang membuat hidup tenang

Nah, keuntungan beli mobil cash yang utama adalah hidup jauh lebih tenang karena tidak punya hutang dengan pihak lain seperti bank atau leasing.

Dengan begitu maka pemilik  mobil bisa lebih fokus untuk mengurus keluarga atau kerjaan dan bisnisnya. Berbeda dengan yang punya hutang kredit, sering kali mengalami stress karena memikirkan cicilan kredit mobil.

Moladiners, itulah ulasan mengenai keuntungan beli mobil cash. Gimana, tertarik beli mobil secara cash?

Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya serta deretan mobil bekas berkualitas.

Terbaru