Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Belum Juga Apa-apa, GWM Haval H6 Facelift Malah Rilis

by Ivan
Foto GWM Haval H6 Facelift terkuak

Rasanya baru awal Maret lalu PT Indochape Indomobil Energi Baru selaku prinsipal GWM di Indonesia mengumumkan harga resmi GWM Tank 500 dan Haval H6 HEV. Tapi kabar terbaru menyebutkan telah hadir GWM Haval H6 facelift berjantung ICE.

Kehadiran GWM Haval H6 facelift ini memang baru sebatas peluncuran di negara asalnya, Cina. Dimana sudah berhembus kabar kehadiran mobil ini diperkuat dari beberapa foto teaser baik dari gambar eksterior dan juga detail powertrain.

Haval H6 2024 adalah versi facelift dan bukan generasi baru dengan tampilan samping yang sedikit berbeda dari versi saat ini yang beredar di Indonesia. Semua ubahan besar difokuskan pada bagian depan dan belakang mobil.

Perbedaan Eksterior GWM Haval H6 Facelift vs Haval H6 versi Indonesia

Desain fascia GWM Haval H6 facelift berubah lebih modern
Desain fascia GWM Haval H6 facelift berubah lebih modern

Sekarang mari kita bedah beberapa perbedaan pada bagian luar GWM Haval H6 Facelift dengan tampang Haval H6 HEV yang sudah dijual resmi di Indonesia.

Pada eksterior GWM Haval H6 Facelift hadir dengan gril depan yang lebih luas dan memiliki pola bazel yang cukup khas dibubuhi emblem Haval terbingkai mengotak yang menonjol.

Baca juga  GWM Hadir di Smart Transportation and Energy 2023, Selangkah Lebih Dekat ke Peluncuran di Indonesia

Di bawah gril tersebut sudah bersemayam saluran air inlet. Gradasi cahaya turun ke sekitar garis yang memanjang dari atas saluran air inlet. Garis cahaya yang sama nampak diperpanjang sehingga terlihat lebih fresh, plus DRL LRD yang menciptakan guratan bentuk seperti angka 7.

Di bawah gril GWM Haval H6 facelift bersemayam saluran air inlet
Di bawah gril GWM Haval H6 facelift bersemayam saluran air inlet

Lampu depan ‘starlight’ terdiri dari 54 bohlam LED, dengan pancaran tiap kelompok lampu masing-masing mencapai 110 meter dan 190 meter.

Di bagian belakang, perbedaan terbesarnya adalah lampunya tidak lagi bertipe through sehingga memberi ruang untuk logo Haval di antara kedua cluster. Lalu lampu belakangnya sendiri berbentuk mirip dengan lampu Haval H6 HEV saat ini dan dijejali spoiler di bagian atasnya.

Mesin GWM Haval H6 Facelift

Pertambahan panjang 50 mm semuanya masuk ke bagian overhang
Pertambahan panjang 50 mm semuanya masuk ke bagian overhang

Meski mobil facelift tersebut masih menggunakan mesin yang sama dengan Haval H6 2023 namun telah faktanya GWM telah melakukan serangkaian upgrade.

Pada varian mesin 1.5L turbo, tenaganya sekarang menjadi 130 kW. Untuk versi 2.0L tenaganya meningkat dari 155 kW menjadi 170 kW dan konsumsi bahan bakar diklaim bisa menggapai kini 8,1 l/100 km. Kedua mesin tersebut menggunakan transmisi kopling ganda basah 7 percepatan. Diproyeksi versi Haval H6 hybrid dan PHEV kemungkinan akan segera menyusul.

Baca juga  Perbedaan GMW Ora GT dan Ora Standar Yang Sempat Mejeng di GIIAS

Sementara untuk dimensinya kini memiliki panjang, lebar dan tinggi mobil ini masing-masing 4.703 mm, 1.886 mm, 1.730 mm, dan jarak sumbu roda 2.738 mm. Sedikit berbeda dengan dimensi Haval H6 saat ini 4.653 mm, 1.886 mm, 1.730 mm dengan jarak wheelbase sama yakni 2.738 mm. Jadi sepertinya pertambahan panjang 50 mm semuanya masuk ke bagian overhang.

GWM HavalH6 facelift 4
desain pelek baru

Haval H6 adalah salah satu mobil terlaris di lini produk Great Wall meskipun zamannya sebagai SUV terlaris di Tiongkok sudah berlalu. Debut Haval H6 facelift kemungkinan besar akan diungkao saat perhelatan Beijing Auto Show minggu depan dan akan mempertahankan mobil tersebut hingga generasi keempat H6 yang juga diproyeksi akan hadir.

Penetrasi GWM di Indonesia

Harga resmi GWM Tank 500 HEV dan Haval H6 HEV
Harga resmi GWM Haval H6 HEV di Rp 500 jutaan

Sedikit kembali mengulas terkait penetrasi GWM di Indonesia. Pabrikan Cina satu ini memang memiliki strategi yang berbeda dan tak mau terburu-buru merilis mobil berpenggerak listrik.

“Untuk penjualan kami akan mulai dalam waktu dekat di akhir kuartal 1 (Maret) dengan menjual Tank 500 dan Haval H6 baru selanjutnya dengan kendaraan-kendaraan yang akan kita rakit secara lokal,” kata Constatinus Herlijoso, General Manager PT Indochape Indomobil Energi Baru, di Jakarta (20/2)

Baca juga  GWM Tank 500 Raih Peringkat Keselamatan Tertinggi dari ANCAP
Harga resmi GWM Tank 500 HEV dan Haval H6 HEV
Harga resmi GWM Tank 500 HEV Rp 1,1 miliaran

Beberapa alasan mendasari GMW tidak mau buru-buru jualan mobil listrik dan cenderung mendorong line-up Hybrid baik model HEV dan PHEV. “Mobil listrik atau kita sebut BEV memang sedang jadi tren tapi secara data pencarian penjualan terbesar tetap dari HEV (Hybrid Electric Vehicle). Secara pasar, potensi keduanya besar tapi potensi saat ini yang kami ambil di HEV dan tidak menutup kemungkinan kami akan merakit BEV tapi tentu dengan beberapa persiapan,” tambah Herlijoso lagi.

Saat ini baru 2 produk GWM yang sudah sah dilabelin harga yakni GWM Tank 500 HEV yang dijual seharga Rp 1.196.000.000,- dan Haval H6 HEV yang diniagakan seharga Rp 595.800.000,-.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika