Ingin Motor Tampil Memikat? Ini Bengkel Modif yang Tepat

Moladin – Pernah terpesona dengan hasil modifikasi sebuah motor? Tidak perlu keahlian khusus untuk menikmati dan mengakui keunikan kendaraan yang telah melewati sentuhan tangan para seniman di bengkel modifikasi.

Tampilan motor yang berbeda dengan yang lain menjadi daya pikat tersendiri. Itulah sebabnya, motor modifikasi cocok bagi Anda yang ingin menarik perhatian saat berkendara di jalanan.

Untuk memodifikasi motor, diperlukan kemampuan untuk mengutak-atik mesin. Jika hobi modifikasi motor dan akrab dengan dunia perbengkelan, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun, Anda juga bisa menyerahkan urusan ini pada ahlinya. Salah satu bengkel dengan spesialisasi modifikasi adalah Wiguna Motor yang berada di kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

 

Awalnya Bengkel Harian

Wiguna Motor ini awalnya bengkel harian dan akhirnya jadi spesialis Minor Figther

Pemilik Wiguna Motor adalah Ivan Wiguna. Awalnya, Wiguna Motor adalah bengkel harian yang menyelesaikan masalah-masalah pada motor seperti biasa. Namun, karena kecintaannya pada dunia modif motor, bengkel ini kemudian beralih menjadi bengkel spesialisasi modifikasi.

Modifikasi motor memang cukup tren di Indonesia. Ada beberapa jenis motor yang sangat potensial untuk disulap dengan modifikasi sehingga bisa tampil lebih menarik. Para pehobi modif motor pun terus bertambah tiap hari. Karena permintaan yang tinggi, tak heran jika bengkel modifikasi pun semakin banyak dan berkembang.

Wiguna Motor awalnya mengerjakan modifikasi untuk aliran Minor Fighter. Motor yang telah dimodif dengan aliran ini akan terlihat buntung dan “nungging”. Bagaimana tidak, bagian bodi belakang motor memang dipotong dan ditinggikan sekitar 50 cm. Aliran modif Minor Fighter biasa diterapkan pada motor berjenis naked bike atau motor sport.

Saat ini, Ivan Wiguna tidak hanya mengerjakan modifikasi Minor Fighter. Karena banyaknya permintaan untuk modifikasi motor dengan aliran lain, ia pun menerima tantangan itu. Beberapa aliran seperti Cafe Racer, Street Cub, dan Street Fighter, juga bisa dikerjakan di bengkel ini.

Untuk menjalankan usaha modifikasi motor tersebut, Ivan Wiguna memiliki modal awal sebesar Rp30 juta. Seiring waktu berjalan, bengkel pun semakin berkembang. Banyak pelanggan datang untuk memodifikasi motor dengan biaya yang beragam, mulai dari 20 juta hingga 35 juta.

 

Ingin Modifikasi Motor, Apa Langkahnya?

Wiguna Motor selalu mengedepankan hasil maksimal dalam pengerjaannya

Nah, jika Anda masih awam dengan seluk-beluk modifikasi motor, tetapi bermimpi memiliki motor modif yang keren, tidak perlu bingung. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Pertama, Anda tentu harus menyediakan sebuah motor yang akan dimodifikasi bentuknya. Di Wiguna Motor, hampir semua motor bisa dimodifikasi, mulai dari motor matik hingga motor sport.

Selanjutnya, tentukan jenis aliran modifikasi yang diinginkan. Ada berbagai aliran modifikasi yang tren di kalangan pehobi modifikasi motor. Sebut saja, Chopper, Bobber, Cafer Racer, Jap’s Style, Scrambler, Street Fighter, Street Cub, dan sebagainya. Masing-masing model ini akan menawarkan kesan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan sejak awal pengerjaan modifikasi.

Setelah itu, jangan lupa mempersiapkan anggaran untuk pengerjaan modifikasi motor. Pada umumnya, besar biaya untuk melakukan modifikasi sangat beragam. Ada yang terjangkau, tetapi banyak pula yang cukup mahal. Semua itu diukur berdasarkan jenis aliran modifikasi, komponen yang akan diubah, lama pengerjaan, dan sebagainya.

Langkah terakhir adalah memilih bengkel modifikasi yang tepat. Memodifikasi motor tidak boleh sembarangan karena hal ini berkaitan dengan keamanan saat berkendara. Jika komponen yang dipasang tidak sesuai dengan spesifikasinya, motor mungkin akan mengalami masalah, bahkan berisiko bahaya.

Akan lebih baik jika Anda memilih bengkel yang khusus menangani modifikasi motor, bukan sekadar bengkel biasa. Biasanya, pengerjaan pun akan lebih maksimal karena dikerjakan oleh para ahli yang berpengalaman.

 

Aturan Modifikasi Motor?

Modifikasi motor adalah hobi yang biasanya digandrungi oleh para pria. Modifikasi dilakukan untuk mengubah model kendaraan standard dari pabrikan motor supaya terlihat lebih mentereng. Biasanya biasanya tidak murah karena harus mengganti sejumlah komponen pada motor. Meskipun demikian, penggemarnya ternyata cukup banyak.

Meskipun ada berbagai aliran modifikasi yang bisa diterapkan pada kendaraan, pemilik kendaraan tidak boleh melanggar aturan yang telah ditetapkan secara asal.

Beberapa di antaranya adalah tidak mengubah dimensi, warna, rangka, kapasitas mesin, maupun pelat kendaraan. Jika dilanggar, motor dapat terkena tilang dari pihak yang berwajib. Bengkel yang profesional biasanya telah memahami aturan ini.

Inilah sekilas perkenalan dengan bengkel modifikasi milik Ivan Wiguna yang awalnya merupakan bengkel harian. Wiguna Motor terletak di Jalan Ampera Besar No. 3C RT 13/RW 6, Pademangan, Jakarta Utara, atau belakang Samsat Mangga Dua. Pengerjaan modifikasi motor dilakukan di sebuah lokasi yang tidak terlalu besar, tetapi cukup mudah untuk ditemukan.

Nah, setelah mengetahui seluk-beluk bengkel Wiguna Motor, apakah Anda kini tertarik untuk melakukan modifikasi motor? Selamat mencoba!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *