Jangan Asal! Begini Cara Pilih Bengkel Modifikasi Motor

Moladin – Beberapa orang memang kurang puas dengan motor standar pabrikan, banyak dari mereka yang memilih untuk memodifikasi motornya, tapi tetap harus perhatikan bengkel modifikasi motor, supaya tampilannya tampak lebih unik dan tampil beda daripada yang lain. 

Memodifikasi motor pun tidak boleh sembarangan. Serahkan kepada bengkel motor agar tidak sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Memilih bengkel untuk modifikasi pun jangan sembarangan.

Bagi yang sudah punya bengkel langganan pasti akan selalu mempercayakan proses modifikasinya di tempat tersebut. Bagi yang belum pernah melakukan modifikasi sama sekali, berikut adalah beberapa cara untuk memilih bengkel modifikasi motor yang tepat.

 

1. Cari Referensi dari yang Sudah Berpengalaman

Bengkel Motor ModifikasiCari referensi bengkel yang berpengalaman

Bagi yang ingin memodifikasi motor kesayangan dan sangat suka dengan motor yang dimodifikasi tak ada salahnya untuk bergabung dengan komunitas modifikasi motor. Dari sini juga nanti Anda akan mendapatkan banyak informasi dan juga pengalaman seputar modifikasi.

Jangan malu untuk bertanya sebanyak-banyaknya soal modifikasi. Para senior yang sudah memodifikasi motor mereka pasti tidak akan segan berbagi pengalaman soal motor mereka. Tanya juga soal bengkel yang direkomendasikan oleh mereka. Cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mengubah motor Anda jadi “beda”.

Rekomendasi soal bengkel modifikasi motor ini bisa didapat dari klub motor, media, atau bahkan melihat sendiri hasil kerja dari bengkel tersebut. Intinya adalah jangan malu untuk bertanya dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak menyesal nantinya.

 

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

 

2. Bengkel Bernama Besar

Jika Anda tidak menemukan referensi atau kurang informasi, jalan terbaik adalah memilih bengkel dengan reputasi yang baik. Bengkel modifikasi motor dengan reputasi yag baik ini biasanya sudah memiliki nama yang besar dan banyak orang melakukan modifikasi di tempat tersebut.

Bengkel dengan nama yang besar bekerja dengan profesional dan memiliki cara kerja yang sistematis. Bagi yang pemula tidak ada salahnya untuk memodifikasi motor di tempat yang sudah terpercaya.

 

3.Melihat Cara Kerja Bengkel

Modifikasi MotorCek dan selalu lihat cara kerja bengkel

Nah, cara ini adalah yang paling bisa membuat pertanyaan terjawab. Coba kunjungi bengkel modifikasi motor yang akan Anda pilih. Utarakan maksud pada pemilik untuk melihat terlebih dahulu proses kerja yang dilakukan oleh bengkel tersebut.

Pemilik pasti akan sangat senang jika ada calon konsumen yang datang. Ini bisa jadi cara menarik perhatian konsumen baru yang akan memodifikasi motornya. Memang melihat langsung cara pengerjaan modifikasi adalah langkah yang paling memuaskan.

 

4. Cari Tahu Lama Pengerjaan

Motor ModifikasiHal yang tidak boleh ketinggalan, tanya estimasi waktu pengerjaan

Ini adalah hal yang penting. Sebagai konsumen, jelas ingin agar modifikasi motornya cepat selesai. Tanya soal durasi lama pengerjaan motor jika Anda ingin memodifikasi di bengkel tersebut.

Ada bengkel yang suka menumpuk motor, ada pula bengkel yang mengerjakan modifikasi cepat namun mengesampingkan kualitas, ada pula yang waktu pengerjaannya lama tapi hasilnya memuaskan. Sebaiknya perhatikan betul soal waktu ini agar nantinya tidak kecewa.

Menunggu sedikit lama tidak apa-apa asalkan hasil yang ditunjukkan benar-benar maksimal. Jangan sampai nanti menyesal saat modifikasi tidak berjalan sesuai keinginan hanya karena ingin cepat selesai.

 

5. Pembayaran

Modifikasi bukanlah hal yang murah. Dibutuhkan budget yang cukup lumayan untuk mengubah motor kesayangan jadi tampak berbeda dan juga unik. Karena itu Anda juga disarankan menyiapkan budget dan juga bertanya soal sistem pembayaran pada bengkel.

Ada bengkel yang menawarkan pembayaran secara bertahap tapi ada pula yang menginginkan pembayaran di depan. Semua ini perlu ditanyakan secara jelas dan gamblang di awal agar tidak terjadi miskomunikasi dan tak ada lagi hal yang mengganjal selama proses modifikasi motor berjalan.

 

SM Sport SM Classic

*Angsuran mulai dari

 

6. Jarak Bengkel

Jika bisa, pilih bengkel modifikasi motor yang sesuai keinginan di tempat yang dekat dengan rumah. Ini akan memudahkan serta menghemat pengeluaran saat harus riwa-riwi mengecek proses modifikasi.

Sebisa mungkin pilih bengkel yang satu kota. Jika berbeda kota akan merepotkan dalam hal waktu. Biaya yang dikeluarkan pun juga harus ekstra karena jarak yang ditempuh cukup jauh. Karena itu sebaiknya prioritaskan bengkel yang dekat dengan rumah atau berada dalam satu kota.

Untuk memodifikasi motor memang sebaiknya diserahkan pada ahlinya kecuali Anda memang mengetahui soal seluk beluk kendaraan bermotor. Modifikasi bukan cuma soal mengubah tampilan motor.

Soal keamanan dan juga kenyamanan saat dikendarai juga wajib untuk diperhatikan. Untuk apa tampilan motor sangar tapi tidak nyaman untuk dikendarai bukan?

Jika memang tidak menemukan bengkel yang sesuai dengan keinginan, mengerjakan sendiri modifikasi motor bisa jadi jalan terbaik. Tapi ingat, harus sangat berhati-hati dan tahu betul modifikasi yang benar.

Ini tidak disarankan untuk yang masih pemula. Memodifikasi motor sendiri tentu akan lebih fleksibel waktunya dan juga biaya lebih bisa dikondisikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat memodifikasi motor kesayangan jadi unik dan beda!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *