by

Biaya Asuransi Mobil Bekas, Apakah Mahal?

Biaya asuransi mobil bekas sangat variatif, tergantung merek dan jenis mobil serta tahun pembuatannya. selain itu, pihak perusahaan asuransi juga akan mengecek terlebih dahulu kondisi mobilnya untuk menentukan harga preminya.

Selain mobil baru, asuransi mobil bekas sama pentingnya. Sebab kejadian-kejadian tak terduga bisa terjadi saat berkendara di jalan raya. Apalagi di kota-kotabesar seperti Jakarta yang volume kendaraanya berlimpah, otomatis resiko bersenggolan yang mengakibatkan baret atau penyok kerap terjadi.

Meski demikian, nyatanya masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui rate biaya asuransi mobil bekas. Padahal tidak mahal. Ambil contoh untuk jenis TLO, kisarannya bisa cuma Rp 2 jutaan setiap tahun.

Asuransi mobil bekas memang berbeda dari asuransi mobil baru. Sebab kondisi mobil bekas tentunya tidak sama dengan mobil baru, seperti kondisi mesin, bodi dan kondisi interior.

“Pada dasarnya besarnya premi tentu melihat usia kendaraan, karena semakin berusia, maka faktor risiko semakin besar dan suku cadangnya mungkin sudah susah dicari,” ungkap Laurentius Iwan Pranoto selaku SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra pada Jumat (15/10/2021).

Biaya asuransi mobil bekas

  • Harga Premi

biaya asuransi mobil bekas
Kalau kamu cuma pakai asuransi TLO untuk mobil bekas, biaya preminya sangat terjangkau

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu poin menentukan harga premi adalah dari usia mobil bekas. Semakin tua umur mobil tersebut tentunya juga semakin mahal harga preminya. Sebab ketersediaan suku cadangnya terbilang jarang bahkan susah didapatkan. Meskipun hanya untuk beberapa komponen suku cadang dan tergantung pula merek dan jenis mobilnya.

Baca juga  City Type Z atau Civic Ferio, Mending yang Mana?

“Untuk asuransi mobil bekas, kondisi mobil berpengaruh terhadap apa yang bisa dicover atau tidak, mungkin ada bagian-bagian tertentu yang sudah baret dan lain-lain, hal tersebut nanti disebutkan dalam perjanjian polis sebagai cacat semula,” tambah Iwan sapaan akrabnya.

Sebagai contoh untuk mengetahui biaya asuransi mobil bekas menggunakan simulasi dari laman asuransi Astra. Untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport varian Exceed AT lansiran tahun 2012, premi yang harus dibayarkan oleh pemilik mobil bekas dengan asuransi comprehensive sebesar Rp 5,5 jutaan sampai Rp 6,8 jutaan untuk setiap tahunnya. Tergantung dari fasilitas yang dipilih oleh konsumen.

Selain pilihan asuransi mobil bekas comprehensive, ada pula pilihan asuransi mobil bekas Total Loss Only ailas TLO. Untuk biaya asuransi mobil bekas TLO Mitsubishi Pajero Sport Exceed AT lansiran 2012 sebesar Rp 1,9 jutaan. Dengan nilai pertanggungan perlindungan atau kerusakan total sebesar Rp 190 juta.

Sebagai catatan, jenis asuransi TLO adalah asuransi dengan fasilitas hanya untuk kerusakan mobil akibat kecelakaan di atas 70 persen atau kehilangan mobil. Jika mobil mengalami insiden dan tingkat kerusakannya di bawah 70 persen maka tidak bisa diklaim oleh perusahaan asuransi.

  • Fasilitas asuransi mobil bekas

biaya asuransi mobil bekas
Asuransi mobil bekas bisa mencakup fasilitas servis di bengkel resmi hingga pick up delivery service

Biaya asuransi mobil bekas tentunya berpengaruh juga terhadap fasilitas yang didapatkan oleh pemilik mobil. Semakin mahal tantunya fasilitas yang akan didapatkan semakin lengkap.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Eropa Bekas

Seperti halnya contoh harga premi di atas, untuk harga kisaran Rp 5,5 jutaan total pertanggungan sebesar Rp 190 juta sebagai perlindungan kerugian, kerusakan sebagian atau kerusakan total serta fasilitas perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi mobil, garansi kerja bengkel selama 6 bulan, dan jaminan suku cadang asli.

Sementara itu untuk pilihan harga Rp 6,8 jutaan fasilitas pertanggungganya masih sama yaitu Rp 190 juta. Namun ada fasilitas lain yang didapatkan seperti perbaikan di bengkel resmi, home survey, dan pickup delivery service.

Selain itu, garansi hasil kerja bengkel selama enam bulan dan jaminan suku cadang asli tentunya juga sudah masuk dalam satu paketnya.

  • Jangka waktu asuransi mobil bekas

biaya asuransi mobil bekas
Mobil bekas bisa diasuransikan multiyear

Jangka waktu asuransi mobil bekas minimal bisa dilakukan untuk satu tahun. Kemudian ada pilihan diperpanjang atau tidak oleh pemilik mobil. Jika pun dari awal pemilik mobil membeli asuransi mobil bekas lebih dari satu tahun, ada harga khusus yang akan didapatkan. 

“Umumnya pemilik mobil bekas mengasuransikan mobilnya pertahun alias setiap satu tahun, ada yang langsung multi year namun jarang. Hal tersebut karena kurangnya pemahaman literasi dan edukasi mengenai asuransi mobil bekas, padahal sama pentingnya dengan mobil baru,” jelas Iwan.

  • Umur mobil

biaya asuransi mobil bekas
Umumnya asuransi mobil bekas bisa mengkover mobil dengan usia maksimal 9 tahun

“Kalau di asuransi Astra, maksimal umur mobil bekas adalah sembilan tahun,” jelas Iwan.

Baca juga  5 Tips Beli Xenia Bekas, Biar Tidak Kecewa!

Umur mobil merupakan salah satu indikator penentuan biaya asuransi mobil bekas. Kenapa? Jika di atas itu, beberapa mobil bekas, suku cadangnya sudah jarang dan sukar didapatkan. Hal tersebut yang menyebabkan semakin tua umur mobil, semakin mahal premi asuransi mobil bekas.

“Berasuransi akan lebih membuat kita aman dan nyaman karena tidak perlu khawatir jika di suatu masa saat terkena resiko, maka kerugian tersebut sudah tercover dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi, cukup 1 kali membayar premi asuransi, risiko setahun penuh bakal dipindahkan ke asuransi, jangan sampai abaikan biaya kecil malah terkena biaya yang lebih besar,” tutup Iwan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya asuransi mobil bekas. Asuransi kendaraan memang penting, baik untuk mobil baru atau mobil bekas. Tujuannya jelas untuk menghindari biaya besar untuk perbaikan kerusakan setelah mobil mengalami musibah kecelakaan.

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru