by

Biaya Ganti Karet Pintu Mobil, Semahal Apa?

Biaya ganti karet pintu mobil tidak mahal alias murah, terutama untuk kendaraan lansiran anyar. Umumnya harga komponen tersebut dipatok sekaligus dengan biaya jasa pemasangannya.

Ingat ya, pemasangan karet pintu mobil haruslah cermat dan dilakukan di bengkel terpercaya. Pasalnya jika pemasangan asal-asalan maka hasilnya tidak akan optimal.

Karet pintu mobil, berfungsi untuk menahan benturan langsung antara pintu dengan bodi mobil. selain itu juga berfungsi untuk menahan air, debu dan angin dari luar agar tidak masuk ke dalam kabin mobil, serta meredam getaran pintu mobil saat melewati jalan yang tidak rata.

Beberapa ciri karet mobil yang sudah tidak layak pakai adalah karet sudah mengeras atau sudah tidak lentur, bentuk karet yang berubah (menjadi lebih pipih) serta ada robekan dari karet tersebut.

Imbas dari karet mobil yang sudah getas tentunya akan muncul bunyi berisik dari getaran pintu saat melewati jalanan yang rusak. Selain itu juga saat pintu ditutup akan muncul bunyi benturan antara pintu dengan bodi mobil karena fungsi elastis karet mobil tersebut sudah tidak optimal untuk menahannya.

Tak hanya itu saja, debu dan air hujan juga bisa masuk ke dalam kabin interior mobil. Jika kesemuanya terjadi jelas kenyamanan berkendara alias fun to drive akan sirna.

“Umur karet-karet pintu mobil itu umumnya lama, namun jika tidak dilakukan perawatan serta sering parkir diluar maka akan mempercepat karet mobil jadi aus atau getas,” terang Aris Triyono (4/10/2021).

Baca juga  Penyakit Ford Everest yang Sering Dialami Konsumen

Biaya ganti karet pintu mobil berbeda-beda tergantung tahun produksi

biaya ganti karet pintu mobil
Ilustrasi pemasangan karet pintu mobil

Biaya ganti karet pintu mobil terbilang tidak mahal alias murah, begitu juga dengan harga komponen karet pintunya. Seberapa murah kah?

Satu yang jelas, semakin tua usia mobil maka semakin mahal biaya ganti karet pintu mobil. Hal tersebut dikarenakan, komponennya mulai jarang ada di pasaran.

Jika kamu mau tahu detailnya, simak bahasan berikut:

  • Mobil di atas tahun 2000

Biaya pemasangan karet pintu mobil lansiran di atas tahun 2000 relatif murah. Sebut saja untuk unit Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia, harga yang dikenakan biasanya sudah termasuk pemasangannya.

“Harga karet pintu mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Rp 250 ribu per pintu. Untuk pintu bagasi Rp 300 ribuan. Sementara untuk Innova Rp 275 ribu untuk satu pintu,” terang Dedy, salah satu pemilik toko sparepart mobil dibilangan Pamulang, Tangerang Selatan (4/10/2021).

Berbeda halnya dengan mobil Jepang, untuk mobil Eropa harga ganti karet pintu ini lebih mahal. Setiap pintunya dipatok Rp 800 ribu hingga Rp 1 jutaan, khusunya buat merek-merek seperti BMW dan Mercy.

  • Mobil tahun 1990-an

Berbeda halnya dengan mobil lansiran tahun 1990-an. Biaya ganti karet pintu mobil untuk kenaraan tahun tua, lebih mahal.  Contohnya BMW atau mercy ada dikisaran Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan untuk setiap pintunya. Penyebabnya, komponen karet-karet pintu mobil lawas sudah lebih jarang ditemui di pasaran..

Baca juga  Cara Menyalip Kendaraan Perlu Pakai Rumus!

“Harga karet pintu untuk mobil BMW e36 tahun 1995 seperti punya saya ada dikisaran Rp 1,5 jutaan. Namun ada yang harganya Rp 500 ribuan untuk yang copotan. Tapi ya kualitasnya jelas berbeda,” jelsa Aditya, salah satu pemilik BMW e36 tahun 1995.

Sementara mobil Jepang yang kelasnya high-end seperti Toyota Crown, harga karet pintu mobil ada dikisaran Rp 1 jutaan. Lalu untuk harga karet pintu copotannya ada dikisaran Rp 500 ribu untuk setiap pintunya. Oh ya, harga tersebut di luar dari biaya ganti karet pintu mobil alias jasa pemasangannya.

  • Mobil klasik

Untuk mobil klasik yang notabennya ketersediaan suku cadangnya tidak banyak, harga karet pintu mobil klasik di bawah tahun 1990 lebih mahal.

“Harga karet mobil untuk Mercy Tiger 1988 kisaran Rp 6 jutaan untuk setiap pintu, itu barang NOS (new old stock). Kalau copotannya sekitar Rp 2 juta sampai 3 jutaan,” terang Ryan, salah satu pemilik Mercy dan anggota komunitas Mercedes-Benz Tiger Club (MCT) Indonesia.

Walau demikian, ada pula mobil klasik yang harga karet pintunya terjangkau. Sebut saja kendaraan buatan Jepang seperti Toyota Corolla DX. Harga sparepart karet pintunya masih terbilang terjangkau, adalah di rentang harga Rp 1,5 jutaan untuk satu setnya (4 pintu).

Baca juga  Perawatan Filter Udara Mobil Tidak Sulit, Lakukan Sendiri!

Cara merawat karet pintu mobil

biaya ganti karet pintu mobil
Karet-karet pintu mobil harus dirawat

Meski sifatnya berumur panjang, karet mobil tentunya juga membutuhkan perawatan. Hal ini dilakukan agar tidak mudah aus atau getas.

Ada beberapa cara mudah untuk merawatnya. Berikut bahasan lengkapnya:

  • Bersihkan karet pintu secara berkala

Bersihkan karet pintu secara berkala dengan cairan khusus penghilang kotoran untuk karet, kemudian lap dengan kain lap agar kotoran yang menempel bisa hilang, setelah itu karet mobil kembali dibersihkan dengan kain lap yang kering. Bersihkan secara perlahan dan jangan terlalu ditekan agar karet pintu mobil tidak bergeser.

  • Parkir mobil di tempat yang teduh

Cara merawat karet pintu mobil berikutnya adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Sebab paparan sinar matahari secara langsung dan guyuran air hujan yang intens akan mempercepat kondisi karet pintu mobil menjadi aut atau getas.

  • Hindari kontak langsung dengan karet pintu mobil

Kemudian, untuk menjaga agar karet pintu mobil tidak mengalami kerusakan adalah dengan cara selalu berhati-hati saat memasukkan barang ke dalam mobil.

Gesekan karet dengan barang terterntu ditakutkan akan merobek karet pintu mobil. nah, jika karet sudah robek maka fungsinya tidak akan optimal.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya ganti karet pintu mobil. untuk informasi otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru