by

Segini Biaya Mutasi Mobil dan Balik Nama, Tidak Mahal!

Bagi kalian pembeli mobil bekas, perlu menyiapkan biaya mutasi mobil dan balik nama. Hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi kerepotan di kemudian hari, terutama ketika ingin perpanjang STNK.

Kewajiban di atas, umumnya dibebankan kepada pembeli kendaraan. Hanya saja karena tidak mau repot di awal, banyak yang mengabaikan hal ini.

Sejatinya biaya balik nama atau mutasi mobil, masih cenderung terjangkau. Ditambah lagi, ada beberapa diler mobil bekas yang memberikan harga paket dalam proses pembelian. Sebagai contoh kalian membeli Toyota Avanza bekas dengan banderol Rp 112 juta. Harga tersebut sudah termasuk biaya mutasi mobil.

Walau memang, harga mobil bekasnya jadi lebih mahal dari pasaran. Supaya kamu bisa mendapatkan banderol yang tetap terjangkau. Ada baiknya lakukan balik nama atau mutasi mobil secara mandiri. Bagaimana caranya?

Tanpa berpanjang lebar, berikut ini Moladin akan memberikan gambaran singkat mengenai cara balik nama dan juga biaya mutasi mobil yang bisa kalian ketahui.

Biaya Mutasi Mobil Bekas dan Balik Nama

biaya mutasi mobil
Biaya mutasi mobil, menyesuaikan daerah kalian bermukim

Membahas lebih dalam mengenai biaya mutasi mobil dan juga balik nama. Sebaiknya pembeli mobil wajib untuk mengetahuinya.

Pasalnya proses pengurusannya mudah dan cepat, harga pun jadi tak melambung tinggi. Karena harus mengandalkan jasa pengurusan.

Tahap awal dalam proses mutasi mobil bekas, ada sejumlah langkah atau prosedur yang perlu kalian lakukan. Biasanya mutasi mobil, nantinya akan merubah plat nomor mobil bekas yang kalian beli sesuai dengan domisili kalian tinggal.

Baca juga  Cara Menghilangkan Bau Mobil Baru yang Murah Meriah

Mutasi mobil, penting dilakukan oleh pembeli mobil bekas. Apalagi jika kalian membeli mobil di luar dari domisili tempat tinggal.

Jika bicara mengenai biaya mutasi mobil, pemilik mobil perlu untuk menyiapkan dana seperti tertuang dalam PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri.

Pertama, ada biaya untuk menerbitkan STNK sebesar Rp 200 ribu. Kedua ada biaya penerbitan TNKB sebesar Rp100.000. Tapi tidak hanya berhenti di sini saja, ada juga biaya cetak atau ganti BPKB sebesar Rp375.000.

Tak lupa pemilik mobil juga perlu membayar sebesar Rp 250 ribu untuk mengeluarkan surat mutasi. Jadi secara keseluruhan, pemilik mobil perlu merogoh kocek sebesar Rp 925 ribu untuk biaya mutase mobil bekas.

Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Kelengkapan STNK
STNK menjadi kelengkapan yang wajib dibawa ketika balik nama

Nah, yang tak kalah penting untuk diketahui, selain biaya mutasi mobil. Setiap daerah menerapkan prosedur dan juga biaya balik nama mobil bekas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting rasanya kalian mengetahui secara rinci terkait biaya balik nama mobil bekas. Cara mengetahuinya sangatlah mudah, kalian cukup melakukan pengecekan via online sebelum datang ke kantor Samsat.

Daripada penasaran, berikut ini gambaran biaya BBN-KB:

  • BBN-KB: di Jakarta, biaya yang dibebankan kepada pemilik mobil bekas sebesar 1% dari harga beli mobil atau ⅔ dari jumlah PKB;
  • SWDKLLJ: menurut kebijakan pemerintah, biaya yang perlu dibayarkan sebesar Rp143.000 untuk kendaraan non-angkutan umum.
  • Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya pendaftaran sesuai kebijakan tiap Samsat. Umumnya biaya pendaftaran Rp75.000-100.000.
Baca juga  Ketahui Fungsi Power Steering dan Cara Merawatnya

Langkah-Langkah Proses Balik Nama Mobil Bekas

Syarat Bayar Pajak Motor online
Kunjungi gerai samsat terdekat di rumah kamu

Setelah memiliki gambaran mengenai biaya mutasi mobil dan juga balik nama. Sebaiknya kalian perlu mengetahui langkah atau prosedur dalam pengurusannya, Sob!

Proses balik nama mobil bekas maupun baru sama-sama dilakukan dalam dua tahap, yaitu pengurusan di Samsat tempat mobil terdaftar dan di tempat kamu berada.

Pemilik kendaraan juga perlu untuk menggali informasi mengenai peraturan untuk balik nama mobil di tempat kalian bermukim. Karena setiap daerah biasanya mempunyai syarat atau cara balik nama kendaraan yang berbeda-beda termasuk biaya balik nama mobil bekas.

Tahap pertama yang bisa kalian lakukan mungkin bisa dengan cara mendatangi kantor Samsat di daerah domisili tempat mobil terdaftar. Setelah mengikuti beberapa prosedur, kamu bisa masuk ke langkah kedua, yaitu datang ke kantor Samsat sesuai domisili KTP.

Adapun prosedur balik nama mobil antara lain:

  1. Datangi Samsat di mana mobil kalian terdaftar.
  2. Kunjungi loket cek fisik, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil Anda termasuk bagian nomor rangka dan nomor mesinnya. Setelah itu Anda harus mengisi formulir yang diberikan sesuai dengan informasi yang tertera di STNK mobil.
  3. Setelah itu berikan dokumen yang Anda bawa serta formulir ke petugas samsat untuk mutasi ke samsat tujuan sesuai dengan KTP. Petugas akan memberikan arsip yang berisi dokumen lengkap mobil.
  4. Selanjutnya, balik nama mobil diurus ke Samsat tujuan Anda.
Baca juga  7 Penyebab Mobil Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Langkah-langkah tersebut sedikit berbeda, jika kalian membeli mobil bekas beda lokasi. Adapun tahapan yang perlu kaian lakukan antara lain, datangi samsat tujuan kamu.

Selanjutnya bisa melakukan cek fisik kendaraan, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil. Pada saat yang bersamaan, kamu diharuskan mengisi dokumen yang diberikan dari loket 1.

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan serahkan ke petugas Samsat. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB. Isi formulir yang diberikan dan sertakan fotokopi KTP dan lunasi biaya mutasi balik nama mobil.

Serahkan dokumen formulir yang telah diisi dan bukti pembelian mobil kamu ke loket BPKB Online. kamu akan mendapatkan tagihan BPKB Online yang harus dilunasi.

Simpanlah bukti pembayaran BPKB Online dan jangan sampai hilang. Lanjutkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK dan simpanlah bukti pembayarannya.

Kembali ke loket BPKB Online untuk menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK Setelah itu, serahkan fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Plat Nomor. Anda akan diberikan plat nomor baru.

Gimana sekarang sudah tahukan biaya mutasi mobil dan balik nama? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru