Thursday, February 2, 2023
Banner

Cara & Biaya Mutasi Mobil Terbaru dengan Syarat Lengkapnya

by Deni Ferlindungan
biaya mutasi mobil

Bagi kalian pembeli mobil bekas, perlu menyiapkan biaya mutasi mobil dan balik nama. Terlebih untuk kamu yang membeli mobil di wilayah SAMSAT berbeda dengan tempat tinggal.

Mutasi mobil ini sebaiknya segera dilakukan setelah melakukan transaksi kendaraan, supaya tidak terjadi kerepotan di kemudian hari, terutama ketika ingin perpanjang STNK. Pasalnya kewajiban tersebut, umumnya dibebankan kepada pembeli kendaraan. Hanya saja, karena tidak mau repot di awal, banyak yang mengabaikan hal ini.

Bagi yang belum tahu, mutasi mobil sesungguhnya adalah solusi untuk memudahkan para pemilik mobil yang tempat tinggalnya berbeda dengan SAMSAT tempat mobil didaftarkan. Dengan melakukan mutasi kendaraan, kamu tidak perlu jauh-jauh mendatangi SAMSAT di daerah lain lagi. Mutasi mobil sendiri terbagi ke dalam dua jenis. Di keduanya terdapat perbedaan yang perlu kamu pahami. 

Kalau kamu ingin melakukan mutasi mobil, kenali dulu penjelasan berikut ini mulai dari kapan kamu harus mutasi mobil, syarat, cara dan biaya mutasi mobil terbaru yang perlu kamu bayarkan. Yuk, langsung saja simak artikel berikut!

Kenapa harus mutasi mobil?

biaya mutasi mobil

Mutasi mobil memudahkan saat perpanjang STNK tiap tahun dan 5 tahunan

Jika tempat mengurus pajak mobil atau kantor SAMSAT berada di daerah yang berbeda dengan domisili kamu sekarang, maka mutasi mobil adalah hal yang bisa kamu lakukan. Selain mempersingkat waktu, kamu juga akan lebih mudah mengurus berbagai hal khususnya administrasi dan hal lain terkait kendaraan mobil yang kamu miliki. 

Tidak hanya itu, jika kamu membeli mobil dari luar daerah yang mana mobil tersebut sudah terdaftarkan dengan nomor polisi daerah asal (daerah pertama) dan kamu ingin mengganti nomor polisi dengan kode di daerahmu, maka mutasi mobil harus dilakukan. Misalnya, kamu membeli mobil dari wilayah di Bali dengan kode plat DK. Kemudian kamu berpindah ke area Surabaya. Setelah kamu mutasi mobil, maka plat nomor kendaraan bisa berubah menjadi kode L.

Mutasi mobil ini akan berkaitan dengan perubahaan informasi yang tertulis pada BPKB dan STNK, termasuk informasi tentang alamat domisili kamu sekarang. Dan administrasi dan informasi yang tertulis tersebut akan berguna di berbagai proses pengurusan mobil untuk kedepannya. Tidak hanya untuk mobil, mutasi juga bisa dilakukan untuk kendaraan bermotor lainnya seperti kendaraan motor, ya. 

Apakah mutasi ganti BPKB?

Betul. Mutasi mobil akan mengganti beberapa kelengkapan seperti BPKB, STNK, dan plat nomor. Kamu tidak bisa hanya mengganti salah satunya, misal hanya plat nomornya saja karena ketiga hal tersebut saling berkaitan. Karena plat dan informasi alamat domisili kamu akan diganti, maka lampiran juga akan diubah. Namun memang ada jenis mutasi mobil yang tidak mengubah plat nomor, tetapi hanya informasi alamat domisili pada BPKB dan STNK-nya saja. 

Jenis Mutasi Mobil

cara mutasi mobil

Mutasi mobil dilakukan kalau domisili tempat tinggal kamu berbeda dengan SAMSAT tempat mobil didaftarkan

Ada beberapa jenis mutasi mobil yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Simak penjelasan berikut!

Mutasi mobil satu daerah atau antar provinsi

Jenis mutasi mobil ini merupakan pilihan bagi kamu yang hanya ingin berpindah ke daerah SAMSAT yang lebih dekat. Artinya, perpindahan hanya pada alamat pemilik dari SAMSAT awal ke SAMSAT yang lain. Mutasi mobil satu daerah atau antar provinsi ini tidak perlu mengubah kode wilayah pada plat nomor, namun hanya memindahkan area SAMSAT untuk mengurusnya.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan dan Simulasinya

Mutasi mobil lain daerah

Berbeda dengan jenis sebelumnya, mutasi mobil lain daerah perlu mengubah plat nomor karena setiap daerah mempunyai kode wilayah yang berbeda. Untuk bisa melakukan jenis mutasi mobil satu ini, kamu perlu melakukan serangkaian cabut berkas terlebih dahulu dan mengurusnya di kepolisian setempat. 

Syarat Mutasi Mobil

syarat mutasi mobil

Syarat mutasi mobil, salah satunya harus datang ke SAMSAT

Untuk dapat melakukan mutasi mobil, kamu perlu memenuhi syarat mutasi mobil sebagai berikut:

  1. STNK Asli 
  2. STNK Fotocopy 2 rangkap
  3. BPKB Asli
  4. BPKB Fotocopy 2 rangkap
  5. KTP Asli
  6. KTP Fotocopy 2 rangkap
  7. Cek fisik mobil
  8. Tanda bukti pembelian kendaraan dan faktur bermaterai atau Form A dari mobil

Syarat tersebut juga diperlukan untuk mengurus cabut berkas mobil di SAMSAT. 

Biaya Mutasi Mobil

Biaya mutasi mobil

Mutasi mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit

Biaya mutasi mobil terdiri dari beberapa hal yang perlu kamu bayarkan. Berikut merupakan rincian biayanya. 

  • Biaya balik nama sebesar 1% dari harga pembelian mobil
  • Biaya penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah Rp 250.000
  • Biaya cek fisik = Rp 20.000 
  • Biaya gudang kartu induk = Rp 10.000
  • Biaya admin mutasi keluar = Rp 50.000
  • Biaya admin mutasi masuk = Rp 375.000
  • Biaya Penerimaan Bukan Pajak BPKB =  Rp 100.000
  • Biaya Penerimaan Bukan Pajak STNK = Rp 400.000

Dari keseluruhan biaya mutasi mobil, balik nama umumnya memiliki nominal yang paling mahal. Pasalnya tarifnya 1 persen dari harga pembelian mobil. Sebagai gambaran, Toyota Avanza lansiran 2016 kisaran harganya masih Rp 150 jutaan. Maka biaya balik namanya Rp 1,5 juta. Tentu nominal tersebut masih perlu ditambahkan lagi, biaya lain-lain seperti yang tertera di atas.

Baca juga  Periksa Komponen Mobil ini Setelah Lakukan Perjalanan Jauh

Cara Mutasi Mobil

Biaya mutasi mobil

Ilustrasi salah satu SAMSAT yang ada di Jabodetabek

Setelah mengetahui biaya mutasi mobil, kini kamu bisa mengenali bagaimana cara mutasi mobil terbaru. 

  1. Lapor ke SAMSAT dimana kamu plat nomor kendaraan kamu terdaftar
  2. Serahkan lampiran BPKB dan KTP di bagian loket mutasi
  3. Lakukan cek fisik kendaraan 
  4. Serahkan semua lampiran fotokopi STNK, KTP, BPKB
  5. Lakukan pembayaran di bagian fiskal
  6. Setelah itu, kamu bisa kembali ke loket mutasi untuk membayar biaya cabut berkas
  7. Kamu akan mendapatkan surat jalan sementara sembari menunggu berkas yang dibutuhkan keluar
  8. Jika kamu sudah mendapatkan berkas yang dibutuhkan, segera lapor ke SAMSAT baru yang kamu tuju untuk melanjutkan proses mutasi mobil
  9. Lakukan cek fisik
  10. Lakukan pembayaran 
  11. SAMSAT terbaru akan melakukan konfirmasi ke Polda untuk mutasi lintas provinsi
  12. Kamu akan mendapatkan STNK dan plat nomor yang baru dalam beberapa waktu kemudian
  13. Ambil STNK dan Plat nomor baru di SAMSAT yang baru
  14. Lakukan pembayaran untuk biaya pajak, penerbitan dan pengurusan STNK, penerbitan dan pengurusan plat nomor serta penulisan BPKB
  15. Terakhir setelah kamu selesai melakukan pembayaran, jangan lupa untuk mengambil BPKB kamu yang baru. 

Berapa lama proses mutasi keluar?

Pengurusan rangkaian mutas mobil ini tidak bisa berjalan hanya dalam 1 hari saja. Kamu perlu menunggu beberapa hari pada langkah-langkah tertentu dari cara mutasi mobil di atas. Misalnya saat kamu telah melakukan cek fisik di SAMSAT yang baru, maka kamu akan masuk ke daftar pengajuan. Selain itu pada proses cabut berkas, setelah melakukan serangkaian proses, kamu perlu menunggu setidaknya 21 hari kerja sampai mendapatkan berkas yang dibutuhkan. Artinya kamu harus mendatangi kantor SAMSAT sebanyak dua kali untuk mengurus dan mengajukan cabut berkas, serta mengambil berbagai berkas yang dibutuhkan untuk proses mutasi mobil ke SAMSAT yang baru.

Itulah informasi mengenai bagaimana cara mutasi mobil, syarat yang dibutuhkan dan biaya mutasi mobil yang perlu kamu bayarkan dari awal hingga akhir proses. Memang mutasi mobil membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai semua proses berakhir. Tetapi, mutasi mobil ini bisa mempersingkat waktu dan memudahkan kamu ketika nantinya harus melakukan pembayaran pajak 5 tahunan dan berbagai kebutuhan lain di SAMSAT.

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja! 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika