by

Cara Perpanjang STNK Online dan Ragam Aplikasinya!

Melakukan perpanjangan STNK di masa pandemi baiknya dilakukan secara online. Hal ini lebih aman lantaran bisa mencegah kita dari resiko tertular virus Covid-19 yang masih merajalela.

Salah satu keuntungan lakukan perpanjangan STNK  dengan cara online adalah bisa dilakukan dari mana saja, hanya menggunakan sebuah ponsel dan koneksi internet. Berbeda dengan dua tahun belakangan dimana perpanjang STNK hanya bisa dilakukan melalui kantor samsat dan mobil Samsat keliling. 

Saat ini cara perpanjang STNK online saat bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Samolnas, Si-Ondel, Gojek, atau e-Samsat via Bank.

Nah untuk yang awam, mungkin agak kesusahan dalam melakukan pembayaran STNK dengan mengunakan aplikasi, lantaran banyak tools dan form yang harus diisi. Maka dari itu berikut kami sampaikan cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Dengan harapan cara perpanjang STNK online ini bisa jadi panduan untuk kamu yang memerlukan.

1. Perpanjang STNK Online dengan Aplikasi Gojek

cara perpanjang stnk online - gojek goservice
Salah satu terobosan dari Gojek adalah bisa untuk perpanjang STNK

 

Berikutnya, cara perpanjangan STNK online yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan menggunakan aplikasi Gojek. Layanan perpanjangang STNK online dengan aplikasi Gojeknya ini sementara hanya bisa digunakan untuk wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Untuk menggunakan jasa aplikasi Gojek tentu saja kamu harus mendownload dahulu aplikasinya. Setelah itu pilih layakan GoService.

Dengan menggunakan layanan GoService kamu bisa melakukan perpanjangan (tahunan dan lima tahunan), balik nama, hingga blokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Selain memberikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Layanan GoService juga sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak,” tulis laman resmi Gojek.  

Baca juga  Biaya Jasa Balik Nama Motor Lewat Biro Jasa

Head of Third Party Platform Gojek, Sony Radhityo menyatakan efisiensi merupakan kunci penting kehadiran GoService. Proses pengajuan yang semula bisa memakan waktu hingga dua sampai empat jam, kini hanya menjadi lima sampai sepuluh menit. Pembayaran layanan dalam GoService juga dapat dilakukan melalui GoPay, sehingga lebih praktis dan aman.

Lanjut ke cara perpanjang STNK. Setelah aplikasi Gojek sudah kamu download dan sudah memilih menu GoService, kamu langsung pilih regional pembayaran.

Selanjutnya masukan kode bayar dan lakukan konfirmasi. Setelah itu kamu diminta untuk mamsukan PIN Gojek kamu dan pembayaran akan dilaporkan berhasil.

Setelah prosesnya sudah kamu selesaikan semua, nantinya kurir dari layanan Go Service akan melakukan penjemputan dokumen dan melakukan pengurusan di kantor Samsat.

2. Aplikasi Samolnas

Cara perpanjang STNK online
aplikasi samolnas

Salah satu cara untuk melakukan perpanjangan STNK online kamu bisa menggunakan aplikasi Samolnas. Aplikasi ini saat ini hanya tersedia di Google Play Store, alias Android. Yang berarti aplikasi Samolnas belum bisa di App store atau pengguna iPhone.

Setelah aplikasi Samolnas didownload, buka aplikasi dan kamu harus lakukan registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya akan muncul halaman awal aplikasi, lalu tekan mulai.

Ketika sudah muncul halaman menu utama, pilih Pendaftaran. Selanjutnya akan muncul halaman persetujuan dan pilih Setuju.

Setelah itu kamu akan disuguhkan formulir pendaftaran yang harus kamu isi. Jangan lupa masukan identitas kendaraan, seperti data nomor polisi kendaraan, NIK sesuai data kepemilikan kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, nomor handphone, dan alamat email kamu yang aktif.

Baca juga  STNK Motor Baru Dianterin ke Rumah, Enaknya Beli Motor di Moladin

Jika sudah terisi semuanya pilih Lanjutkan. Setelah itu, sistem akan melakukan verifikasi data, jika data kamu benar maka sistem akan menampilkan data lengkap kendaraan beserta besaran tagihan pajak kendaraan bermotor. Selanjutnya pilih Setuju.

Setelah itu sistem akan memberikan kode bayar. Nah kode bayar inilah yang kamu gunakan untuk lakukan pembayaran di ATM atau mobile banking.

Jika proses pembayaran telah dilakukan, sistem akan memberikan softcopy Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) dan stiker pengesahan STNK, sementara untuk hardcopy dari dokumen tersebut akan dikirimkan ke alamat yang tadi telah kamu isi. Berkas ini akan dikirimkan maksimal 3 hari setelah pembayaran.

Meski terlihat simple dan memudahkan, sayangnya aplikasi Samolnas sering rusak, tidak bisa diakses.

3. Pakai Situs E-Samsat

Cara perpanjang STNK online
situs e-samsat

Humas Pajak Jakarta Barat merilis cara perpanjang STNK oline menggunakan E-Samsat Bank. Dikatakan untuk saat ini sudah ada 6 bank yang bisa kamu gunakan untuk membayar, yakni Bank DKI, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin dan Maybank.

Langkah awal dari cara perpanjang STNK online adalah membuka situs e-Samsat yang ada di setiap provinsi. Layanan ini tidak berlakuk untuk antar-provinsi.

Jadi, jika kamu tidak sedang berada di wilayah sesuai dengan pelat nomor kendaraan, maka kamu tidak bisa menggunakan layanan ini. Layanan ini hanya melayani kota dalam provinsi tersebut saja.

Baca juga  3 Proses Pengurusan STNK Motor Baru dan Biayanya

Adapun langkahnya, kamu harus mengisi data kendaraan. Selanjutnya memilih kota kendaraan sesuai lokasi isi surat.

Misal jika plat nomor kamu Bekasi, ya kamu harus pilih Bekasi. Selanjutnya pilihlah kantor Samsat di mana kendaraan kamu dulu diurus.

Selanjutnya masukkan nomor polisi kendaraan kamu, lanjut tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.

4. Aplikasi Si-Ondel untuk Wilayah DKI Jakarta

cara perpanjang stnk online - si ondel
Aplikasi Si Ondel untuk perpanjangan STNK wilayah DKI Jakarta

Cara perpanjang STNK online berikutnya bisa menggunakan aplikasi Si-Ondel. Aplikasi ini dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Bagi kamu warga Jakarta yang penasaran ingin mencoba perpanjang STNK online melalui aplikasi Si-Ondel, yuk silahkan didownload.

Dikatakan laman Bapenda.Jakarta.go.id, cara untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus teregistrasi terlebih dahulu.

Berikutnya pilih layanan E-Samsat Si-Ondel. Masukkan data kendaraan yang akan dibayar pajaknya beserta data pemilik kendaraan sesuai STNK, selanjutnya sistem akan melakukan validasi data.

Apabila seluruh data telah sesuai, maka kamu bisa lakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking dari semua bank.

Setelah pembayaran dilakukan, sistem akan mengirimkan kode verifikasi. Langkah selanjutnya akan dipandu untuk memilih lokasi kantor samsat terdekat dari lokasi kamu.

Setelah itu kamu akan diberi pilihan pada menu delivery dan pilih get driver. Selanjutnya stiker lembar pengesahan STNK beserta Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) pun akan dikirimkan oleh kurir Si-Ondel.

Demikian ulasan terkait cara perpanjang STNK Online. Simak terus Moladin.com untuk update konten otomotif lainnya.

Terbaru