Rabu, Mei 22, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Biaya Pemilu 2024 Fantastis, Totalnya Bisa Tebus 227 Unit Xpander

by Ivan
Rainy Campaign Mitsubishi Xpander

Hari yang dinanti tiba Pemilihan Umum atau lebih dikenal sebagai Pemilu 2024 digelar hari ini (14/2) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Tak hanya itu, pada Pemilu 2024 ini, warga masyarakat juga dipersilahkan memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dengan jumlah warga negara yang besar mencapai 250 juta jiwa, kesiapan Pemilu kali ini tentu disorot terkait anggaran yang harus dipersiapkan agar setiap Warga Negara Indonesia bisa menyuarakan hak suaranya dengan baik.

Faktanya, data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran Rp 71,3 triliun dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024. Anggaran fantastis ini bukan disiapkan dalam semalam melainkan sudah dialokasikan sejak 20 bulan sebelum pelaksanaan Pemilu yakni medio 2022-2024.

harga wuling air ev lite 2023

Air EV Lite merupakan mobil listrik termurah di Indonesia

Jika didetail alokasi anggaran per tahunnya, maka pada tahun 2022 dialokasikan Rp 3,1 triliun, Rp 30,0 triliun untuk alokasi tahun 2023, dan Rp 38,2 triliun sebagai finalisasi anggaran pada 2024. Keseluruhan anggaran dipakai untuk penetapan jumlah kursi, pemutakhiran data pemilih, pengawasan penyelenggara Pemilu, penyusunan dapil, pengelolaan dan pengadaan laporan, dan dokumentasi logistik.

Baca juga  Daftar Mobil Legendaris Mitsubishi Dalam 5 Dekade Terakhir

Menarik untuk diperbandingkan jika anggaran tersebut dipakai untuk menebus sebuah Low MPV Mitsubishi Xpander termahal tipe Ultimate CVT yang dibanderol seharga Rp 312,9 juta.

Alhasil biaya Pemilu 2024 senilai 71,3 triliun ini bisa dipakai untuk menebus sebanyak 227 unit Mitsubishi Xpander Ultimate CVT. Atau bisa dipakai untuk menebus 346 unit Wuling Aie ev Lite yang banderolnya saat ini dipatok Rp 206 juta.

IIMS dan Pemilu 2024

IIMS 2024

Suasana IIMS 2023

Momentum Pemilu kali ini juga terasa begitu mepet engan salah satu hajatan otomotif tahunan yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang akan dihelat besok mulai 15-25 Februari 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

IIMS 2024 kali ini tidak hanya sekadar pameran biasa, karena akan banyak diikuti oleh pemain baru di industri otomotif Indonesia.

Dengan dukungan dari 54 brand mobil dan motor, serta didukung oleh 187 exhibitor, acara ini akan menggelar panggung yang lebih megah, meliputi area seluas 133.547 meter persegi.

Baca juga  Inilah Perbedaan Mitsubishi Xpander Indonesia Vs Malaysia

Adapun deretan brand mobil yang akan hadir di IIMS 2024 di antaranya Audi, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Kia, MG, MINI, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, Vinfast, Volkswagen, dan Wuling.

Sementara Dalam gelaran ini juga sudah tercatat 30 merek motor akan berpartisipasi yang akan terbagi menjadi dua kategori utama: motor konvensional dan motor listrik. Jumlahnya pun seimbang, dengan masing-masing kategori menghadirkan 15 merek.

Motor listrik Alva tetap hadir meriahkan IIMS 2024

Motor listrik Alva tetap hadir meriahkan IIMS 2024

Untuk brand motor listrik terdiri dari ALVA, Davigo, Gesits, ZPT, Move, Yadea, Volta, United, SMEV, Selis, Greentech, Mid West, Pacific, Polytron, dan Rakata. Sementara untuk brand motor konvensional terdiri dari Astra Honda Motor (AHM), Italjet, Kawasaki, Benelli, Keeway, BMW Motorrad, Yamaha, Scomadi, Royal Enfield, Moto Guzzi, Aprilia, Vespa, Piaggio, Peugeot dan Royal Alloy.

Dengan meriahnya kehadiran brand APM mobil dan motor tersebut, target IIMS 2024 selama sebelas hari pameran diproyeksi akan meraih total transaksi Rp 5 triliun. Kita tunggu kemeriahannya! Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Mitsubishi Xpander & Xpander Cross Black Edition Meluncur!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika