by

Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil, Mahal?

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, kamu harus tahu biaya perbaikan dinamo starter mobil. Hal ini penting untuk persiapan, karena ongkosnya lumayan menguras kantong. Apalagi kalau harus ganti yang baru.

Ciri-ciri dinamo starter rusak, biasanya terlihat dari mobil yang sulit dihidupkan. Jika komponen ini tidak lagi prima, maka kinerja untuk menghidupkan kendaraan pun tidak semudah biasanya. 

Fungsi dinamo starter mobil sendiri berguna untuk mengaktifkan mesin pertama kali. Jadi, dengan bantuan dinamo starter, nantinya energi listrik akan dirubah menjadi energi kinetik untuk memutar bagian crankshaft pada mesin. Dengan begitu, maka mobil bisa dihidupkan dengan cara memutar stop kontak untuk mobil yang masih menggunakan kunci kontak.

Namun jika permasalahan terjadi pada dinamo starter, biasanya ada dua alternatif untuk memperbaikinya. Pertama bisa diservis atau yang kedua mengganti komponen tersebut. Jika permasalahan minor pada komponen ini, beberapa toko servis dinamo starter bisa melakukan perbaikan.

Berapa kira-kira biaya perbaikan dinamo starter mobil? Buat kamu yang penasaran, simak tulisan di bawah:

Kerusakan yang Sering Terjadi

perbaikan dinamo starter mobil
jangan memaksakan dinamo starter mobil bekerja terlalu ekstra

Kerusakan yang kerap terjadi pada bagian ini adalah carbon brush yang mulai habis atau menipis. Hal ini biasanya ditandai dengan lemahnya putaran dinamo saat digunakan. Selain itu, indikasi lainnya adalah ada suara aneh saat dinamo starter bekerja.

Baca juga  Cara Mudah Membersihkan Busi Motor dan Busi Mobil

Bahkan, memaksakan kinerja dinamo starter saat menghidupkan mesin mobil yang tak kunjung hidup juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya komponen tersebut. Ini dikarenakan putaran dalam dinamo yang terus menerus akan membuat part-part di dalamnya menjadi rusak akibat panas yang ditimbulkan.

Selain itu, kerusakan pada bagian ini juga bisa disebabkan oleh gulungan kawat yang putus. Namun jika ternyata permasalah sudah diketahui adanya gulungan yang terputus kamu tidak perlu mengganti baru, hanya dibutuhkan untuk menggulung ulang kawat tersebut.

Melalui perbaikan dinamo starter mobil yang sederhana itu, maka biaya yang kamu keluarkan tidak semahal untuk mengganti komponen dinamo starter secara utuh. Biasanya rentang harga yang ditawarkan sekitar Rp 500 ribuan sampai Rp 800 ribuan tergantung seberapa besar kerusakannya.

Akan tetapi, jika permasalahannya terlalu besar maka tidak bisa diperbaiki dengan cara menservis, melainkan melakukan penggantian baru.

Harga Dinamo Starter

dinamo starter mobil
biaya untuk pergantian dinamo starter mobil cenderung lebih murah dari pada menggantinya dengan yang baru

Kalau perbaikan dinamo starter mobil tidak bisa dilakukan, mau tidak mau harus ganti baru. Harga komponen ini dalam kondisi baru cukup beragam. Lalu untuk gradenya sendiri, juga sangat bervariasi dan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Sebelum membeli dinamo starter di bengkel untuk melakukan perbaikan, ada kalanya kamu melakukan survey terhadap komponen ini.

Baca juga  Jangan Beli Toyota Innova Bekas, Sebelum Baca Ini!

Biasanya harga yang ditawarkan tergantung pada merk dan jenis mobil yang digunakan. Biasanya dinamo starter mobil keluaran baru akan lebih mahal ketimbang mobil yang sudah masuk dalam kategori lawas. Anggaplah untuk mobil keluaran tahun 2000 keatas, harganya biasanya bisa lebih mahal dari mobil yang diproduksi di bawah tahun 2000.

Untuk estimasi, rentang harga yang ditawarkan adalah mulai dari kisaran Rp 800 ribuan sampai Rp 1 atau 2 jutaan. Kembali lagi, itu tergantung pada tipe dan mobil yang kamu pakai. Namun, biaya tersebut sudah termasuk untuk semua komponen atau bundling satu paket.

Setelah melakukan pembelian dinamo starter, bagi kamu yang tidak bisa melakukan pemasangan sendiri harus menyiapkan dana lebih lagi yang ditujukan untuk ongkos pasang kepada mekanik. Mengenai harga yang dipatok untuk mengerjakan penggantian komponen ini beragam, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu.

Tips Perawatan Dinamo Starter Mobil

perbaikan dinamo Starter mobil
Agar tidak mudah rusak, ada baiknya rawat dinamo starter mobil dan berbagai komponen lain yang menyertai

Setelah dinamo berhasil diganti baru, ada kalanya kamu perlu melakukan perawatan dengan beberapa langkah. Pasalnya, jika dinamo kembali rusak maka mobil akan kembali sulit dihidupkan dan kamu juga akan kerepotan.

Baca juga  Estimasi Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi Vs Umum

Untuk memberikan performa tetap sebagaimana mestinya, ada 4 cara yang harus kamu lakukan sebagai berikut:

  1. Jangan memaksakan dinamo bekerja terlalu ekstra ketika mobil tidak dapat dihidupkan. Kalau memang sudah rusak, segeralah servis dan lakukan perbaikan dinamo starter mobil ke bengkel atau ganti dengan yang baru.
  2. Biasakan untuk mengecek komponen aki, apakah masih memiliki tegangan setrum yang baik atau tidak. Aki merupakan sumber kelistrikan di mobil, jadi penting melakukan perawatan dengan mengisi air aki khususnya di tipe basah.
  3. Perhatikan kondisi bendik yang ada di mobil. Cek apakah komponen ini tetap bekerja dengan baik atau tidak? Pasalnya kerusakan dinamo starter mobil bisa disebabkan pula oleh bendik yang bermasalah. Fungsi bendik adalah menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter.
  4. Gunakan komponen genuine supaya tidak ada masalah yang timbul dikemudian hari, karena kamu menggunakan komponen abal-abal. Hal ini lantaran kualitas dinamo starter asli pasti lebih baik, walau memang harganya sedikit mahal.

Itulah tadi bahasan biaya perbaikan dinamo starter mobil dan cara merawatnya. Untuk informasi terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru