by

Biaya Perbaikan Jok Mobil, Semurah Apa?

Biaya perbaikan jok mobil beragam, tergantung dari tingkat kerusakan dan jenis bahan material yang digunakan. Harganya bisa dimulai Rp 170 ribuan. Jadi soal mahal atau tidak, itu relatif.

Jok mobil merupakan bagian penting dari sebuah estetika keindahan mobil serta kenyamanan penumpang dan pengemudinya. Karenanya kondisi jok mobil lebih baik dalam keadaan bersih dan tingkat keempukannya sesuai dengan selera pemilik mobil.

Pada beberapa kasus, jok mobil mengalami kerusakan yaitu robek atau terkena cairan minuman dan makanan yang menimbulkan noda membandel. Bisa juga kerusakan jok mobil terjadi karena faktor usia pakai.

Ada beberapa pemilik mobil yang joknya tidak mengalami kerusakan namun berniat mengganti sarung jok atau busa joknya sesuai dengan seleranya. Jenis sarung jok dan busanya juga ada beberapa pilihan, sesuai dengan kualitas dan harganya.

“Umumnya konsumen datang ke bengkel untuk beli dan pasang sarung jok berbahan kulit sintetis, namun ada juga yang ingin mengganti busanya,” terang Yono, mekanik bengkel Jaya Jok dibilangan Cirendeu pada Jumat (14/10/2021).

Lalu berapa sih besar biaya perbaikan jok mobil? Untuk tahu jawabannya, simak bahasan berikut:

Semahal Apa Ongkos Perbaikan Jok Mobil?

  • Robek atau bolong ringan, biayanya paling murah

biaya perbaikan jok mobil
Ilustrasi jok robek

Biaya perbaikan jok mobil untuk kerusakan ringan seperti robek atau bolong kecil bisa diperbaiki dengan cara ditambal. Untuk biayanya dimulai dari kisaran Rp 170 ribuan.

Dijamin dengan ongkos tersebut, jok kamu kembali utuh dan bisa nyaman digunakan lagi. Tidak mahal bukan?

Baca juga  5 Cara Pasang Roof Box Mobil Yang Aman

Hanya saja memang ini tergantung material sarung joknya. Kalau kulit asli, tentu bisa dipatok lebih mahal. Sementara kalau kulit sintetis, pastinya lebih murah.

  • Pasang sarung jok mobil, harganya masih terjangkau

biaya perbaikan jok mobil
Sarung jok mobil lebih simpel, murah, dan bisa langsung pasang

Beberapa pemilik mobil dengan jok yang dibungkus dengan kain fabric, umumnya merenovasi joknya dengan cara menutup dengan bahan kulit sintetis. Ini lebih dikenal dengan sebutan sarung jok.

Proses penyarungan ada beberapa pilihan, ada yang langsung disarungkan dan direkatkan dengan perekat khusus atau dengan kombinasi jahit semi permanen di beberapa bagian.

Untuk jenis sarung jok mobil yang langsung dipasang dan tidak dikombinasi dengan jahit, harganya cukup terjangkau. Misal sarung jok kulit sintetis dan ongkos pemasangannya kisaran Rp 800 ribuan.

  • Harga retrim jok mobil

biaya perbaikan jok mobil
Retrim jok bisa menyesuaikan bentuk sesuai keinginan pemilik mobil

Berbeda dengan pasang sarung jok mobil, biaya perbaikan jok mobil dengan cara retrim ada dikisaran Rp 5 juta sampai Rp 9 jutaan. Tergantung jenis bahan kulitnya, namun jika pemilik mobil membawa bahannya sendiri, untuk ongkos pasangnya saja kisaran Rp 3 jutaan.

Proses retrim jok mobil lebih lama, sebab sarung jok mobil yang sudah terpasang harus dicopot dahulu, kemudian dicek busanya apakah masih layak pakai atau perlu penambahan atau diganti dengan yang baru.

“Beberapa pemilik mobil kalau retrim, mereka minta jenis bahan kulit asli atau jenis kain fabric yang sesuai dengan bawaan pabriknya. Mereka biasanya membawa sendiri bahan kulit atau bahan fabricnya. Kalau untuk yang kain fabric biasanya mobil klasik seperti Mercy Tiger, jadi pemilik ingin tampilannya orisinil. Kalau untuk yang bahan kulit asli umumnya pemilik mobil yang ingin tampil lebih mewah,” imbuh Yono.

  • Biaya ganti busa jok mobil, mahal?

biaya perbaikan jok mobil, ganti busa
Ilustrasi penggantian busa jok mobil

Biaya perbaikan jok mobil untuk ganti busa ada dikisaran Rp 2,5 juta sampai Rp 3 jutaan dengan menggunakan busa biasa. Namun jika diganti dengan busa jenis latex, harganya lebih tinggi, kisaran Rp 8 jutaan.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Chrome, Cukup Alumunium Foil

Harga busa jenis latex memang lebih mahal dari busa biasa. Begitu juga dengan proses pemasangan dan menjahitnya. Busa latex lebih rumit karena teksturnya lebih lentur dan empuk dari busa biasa. Selain itu, jika sarung jok bolong atau robek pemilik mobil bisa lebih tenang karena busa latex bersifat tidak menyerap air.

“Sebagian pemilik mobil memang masih keberatan dengan harga penggantian busa latex yang tergolong mahal. Namun setelah merasakan sendiri perbedaan jok mobil yang menggunakan busa biasa dan busa latex mereka puas,” tambah Yono.

  • Ganti jok mobil cukup mahal

Pelapis Jok Lederlux
Ganti jok mobil dengan yang baru

Biaya perbaikan jok mobil untuk ganti jok cukup mahal, ada dikisaran Rp 5 jutaan untuk bangku baris depan. Harga tersebut juga bisa lebih mahal menyesuaikan bahan material pembungkus joknya.

Ganti jok dilakukan, kalau komponen ini tidak bisa lagi diperbaiki. Misal akibat terkena banjir dan dibiarkan terlalu lama. Bisa juga kalau memang pemilik mobil ingin melakukan modifikasi jok.

Umumnya, bengkel jok mobil bisa membuat sendiri. Mereka akan menggunakan pipa besi hitam ukuran 3/4 inci, plat strip ukuran 25×25 mm, besi siku ukuran 40×50 mm, plat seng dengan ketebalan 1,25 mm, serta besi holo ukuran 30×30 mm untuk pembuatan rangka jok mobil. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa bengkel jok mobil yang menggunakan spesifikasi dan ukuran yang berbeda.

Baca juga  Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok, Mau Coba?

Sementara untuk busanya umumnya menggunakan busa lembaran, namun pemilik mobil juga bisa memesan busa yang dikehendaki, meski dengan resiko mengeluarkan extra biaya.

“Pertama kita akan copot jok yang akan diganti, kita lepas sarung joknya dan juga busanya. Untuk pencopotan sarung kita tidak asal-asalan, sebab bahan sarung jok tersebut bisa jadi akan digunakan kembali oleh pemiliknya dikemudian hari,” ungkap Yono.

Tips merawat jok mobil

biaya perbaikan jok mobil
Jok mobil juga harus dirawat

Agar jok mobil selalu terlihat bersih dan tidak kusam ada beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik mobil. Diantaranya adalah, rutin membersihkan jok agar tidak ada kotoran yang menempel terlalu lama.

Kemudian, jika pemilik mempunyai anak kecil, baiknya jok dilapisi sarung dengan bahan kulit sintetis. Sebab bahan sintetis tersebut mudah dibersihkan apabila ketumpahan makanan atau minuman.

Bersihkan secara berkala dengan menggunakan cairan khusus, baik untuk jok mobil berbahan fabric atau kulit sintetis agar kondisi jok mobil selalu bersih dan nyaman saat diduduki.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya perbaikan jok mobil. untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru