by

Biaya Perbaikan Knalpot Mobil Bocor, Mahal?

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahu biaya perbaikan knalpot mobil bocor. Knalpot mobil bocor adalah perkara biasa lantaran terjadinya karat karena usia pakai.

Karat pada mobil ini dikarenakan efek kondensasi atau perbedaan suhu antara dalam dan di luar pipa knalpot. Selain itu juga bisa karena kandungan garam yang cukup tinggi pada udara di sekitar kendaraan.

Efek dari knalpot yang bocor, biasanya menghasilkan suara lebih berisik dan keras seiring putaran mesin. Selain itu knalpot bocor juga membuat performa mesin jadi drop.

Secara teknis, kebocoran pada knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan mesin. Jika seharusnya knalpot hanya melepaskan panas 20% dari mesin, karena ada bagian yang bocor maka panas mesin yang terbuang melalui knalpot semakin besar (30-35%). Itu sebabnya mesin terasa kurang bertenaga.

Perbaikan Knalpot Pakai Alumunium Foil Tape, Murah!

Biaya Perbaikan Knalpot Mobil Bocor
Ilustrasi perbaikan knalpot

Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur mengatakan ada beberapa cara menyelesaikan masalah knalpot mobil yang bocor.

“Pertama jika bolong atau bocornya tidak parah bisa ditambal. Cara kedua adalah dengan mengelasnya. Dan cara ketiga adalah ganti baru,” kata Putra.

Terkait alat dan biaya untuk menambal knalpot yang bocor ringan, kamu bisa menggunakan almunium muffler tape. Produk ini bisa ditemukan di toko jual beli online dengan harga yang beragam mulai Rp 10 ribu – 50 ribuan.

Baca juga  Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Bisa Dilakukan di Rumah?

Cara pakainya mirip menambal panci di rumah. Pertama-tama bersihkan permukaan knalpot yang bocor dari debu dan air. Selanjutnya lekatkan alminium mufler tape ke permukaan yang bocor tersebut, lalu tempelkan.

Almunium muffler tape akan bekerja dengan cara mencair dan menyatu dengan permukaan besi setelah knalpot mobil panas, saat mesin sudah dinyalakan. 

Untuk penambalan darurat, kamu juga bisa menggunakan lem besi misalnya seperti Dextone atau Epoxy. Lem jenis ini di pasaran dibanderol sekitar Rp 15-25 ribu.

Sedangkan biaya perbaikan knalpot bocor dengan cara mengelas berkisar antara Rp 100-300 ribuan. Ini berlaku untuk knalpot yang bocor atau pun patah.

Beda lagi jika yang rusak adalah rubber mounting atau gasket, harganya berkisar Rp 100 hingga Rp 250 ribuan.

Biaya Ganti Knalpot Cukup Mahal

Tips Modifikasi Knalpot Mobil
Knalpot impor biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan

Nah jika knalpot kamu sudah tidak bisa diselamatkan. Misal kamu punya mobil retro, yang notabene sudah banyak bocornya akibat termakan usia. Maka lebih baik kamu menggantinya agar performa kendaraan kamu kembali prima.

Kalau kondisinya parah, ketika dicoba ditambal dengan las di satu titik, maka bolong justru merambat ke titik lain karena hantaran panas dari proses pengelasan.

Biaya perbaikan knalpot mobil bocor jika mengganti baru dengan full system exhaust, berkisar antara Rp 2-5 jutaan untuk produk lokal. Sementara jika kustom dan dikombinasikan dengan produk impor bisa berkisar Rp 5-15 jutaan. 

Baca juga  Ketahui Fungsi Power Steering dan Cara Merawatnya

Hal ini belum dengan biaya melakukan setting ECU. Tiap penggantian knalpot dengan versi aftermarket, tentu diperlukan pengaturan ECU agar ada kesesuaian antara mesin dengan knalpot, sehingga performanya optimal.

4 Cara Merawat Knalpot Mobil

Biaya Perbaikan Knalpot Mobil Bocor
Walaupun mobil tidak dikendarai, mesin mobil perlu dipanaskan secara rutin agar menghindari terjadinya karatan pada knalpot.

Agar knalpot mobil awet dan tahan karat, tentu perlu dilakukan perawatan. Ada beberapa tindakan yang perlu kita perhatikan agar kasus karatan dan knalpot bolong atau bocor tidak terjadi.

1. Periksa Kondisi Drainase

Setiap knalpot mobil pasti memiliki lubang drainase yang bertugas menahan air yang masuk ke dalam silencer agar tidak tergenang. Posisi dari drainase ini dekat pipa leher knalpot dan berada di ujung bawah silencer.

Mengecek drainase bertujuan apakah ada kemampatan atau kebuntuan. Untuk mengeceknya kamu hanya perlu memasukkan lidi. Kemudian bila tidak ada hambatan di dalamnya, artinya drainase dalam keadaan baik.

2. Rutin Memanaskan Mobil

Walaupun mobil tidak dikendarai, perlu dipanaskan secara rutin agar menghindari terjadinya karatan pada knalpot dan menjaga kinerja dari mesin tetap optimal.

Metode ini bisa membantu menghilangkan kandungan air yang terdapat di bagian dalam knalpot. Caranya setelah memanaskan mesin mobil dan ingin mematikannya kembali, injak pedal gas hingga mencapai rpm tertinggi.

Baca juga  Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

Lakukan cara tersebut sebanyak dua kali, kemudian baru matikan mesin mobil mu.

3. Amplas Knalpot 

Jika kondisi knalpot mobil kamu sudah berkarat, kamu bisa menghilangkan noda karat dengan memanfaatkan ampelas. Semprotkan cairan penghilang karat pada knalpot mobil, lalu gosok dengan amplas.

Hal yang perlu diingat, jangan gunakan cairan ini terlalu sering, karena sifatnya yang korosif akan mengikis lapisan knalpot mobil.

Selain itu cara merawat knalpot mobil yang bisa dilakukan juga, yakni dengan melapisinya menggunakan penggilap seperti semir. Fungsinya bisa membuat warna knalpot mobil nampak seperti baru.

4. Meneteskan Oli ke Dalam Lubang Knalpot

Merawat knalpot dengan meneteskan oli kedalam lubang knalpot terbilang efektif. Caranya kamu harus panaskan mobil terlebih dulu.

Setelah mesin dan knalpot sudah panas segera masukkan oli, berikan secukupnya sekitar 500ml.

Hal yang perlu diketahui, bila setelah melakukan cara ini kamu ingin menyalakan mesin mobil, ada kemungkinan knalpot mengeluarkan asap putih.

Namun tidak perlu khawatir, kondisi tersebut bagian dari hasil pemuaian yang berasal dari oli yang terkena panas di dalam lubang knalpot.

Demikian ulasan terkait biaya perbaikan knalpot mobil bocor. Jangan lupa untuk mencari spesialis knalpot terbaik guna mendapatkan hasil maksimal.

Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru otomotif.

Terbaru