Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil, Tidak Mahal?

by Deni Ferlindungan
Spooring dan balancing ban mobil

Masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui biaya spooring dan balancing mobil. Sebagian orang menganggap harganya mahal. Padahal tidak demikian. Apalagi spooring mobil bisa dilakukan, tanpa perlu balancing. Begitu pula sebaliknya.

Kemudian ada pula beberapa pemilik mobil yang bertanya, berapa lama spooring & balancing? Untuk proses pengerjaan dua hal tersebut umumnya memakan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam. Bahkan kalau cuma spooring mobil, lebih cepat lagi.

“Prosesnya tidak lama kalau tidak antri. Untuk spooring mobil sekitar 1,5 jam. Sedangkan untuk balancing mobil sekitar 30 menit untuk 4 roda,” ungkap Romi, salah satu mekanik bengkel spooring balancing di Pondok Cabe (13/2/2023).

Seperti diketahui, faktor penunjang kenyamanan ketika berkendara adalah kondisi roda mobil yang lurus dan seimbang. Seiring dengan penggunaan, biasanya mobil kerap melalui jalan rusak atau berlubang.

Hal ini membuat presisi ban cepat berubah dan membuat kenyamanan berkendara tentunya mengalami penurunan. Tak hanya itu, sering menghantam lubang membuat ban mobil jadi cepat rusak dan jadi tidak awet.

Oleh karena itu, pemilik mobil sepatutnya untuk melakukan perbaikan ketika kaki-kaki mobil dirasa sudah kurang nyaman lagi. Cara ampuhnya dengan spooring dan balancing.

Tujuan utama spooring dan balancing ban mobil adalah meluruskan kembali dudukan empat roda mobil kembali seperti semula atau sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil. Maksud dari meluruskan di sini yaitu mengembalikan letak keempat roda mobil ke posisi semula atau posisi standarnya yang sesuai dengan pengaturan pabrik

Perbedaan Spooring & Balancing Ban Mobil

biaya Spooring dan balancing

Ilustrasi perbedaan proses spooring & balancing ban mobil. Foto: Istimewa

Masih banyak  pemilik mobil salah memahami mengenai spooring dan balancing ban mobil, banyak yang beranggapan dua hal terebut adalah menjadi satu. Namun begitu, pada dasarnya dua jenis service tersebut merupakan hal yang berbeda.

Spooring mobil merupakan sebuah penyetelan sudut-sudut geometri roda depan ataupun belakang kendaraan seperti camber, caster dan toe yang dapat disetel supaya selaras dan kembali seperti sediakala. Sedangkan balancing yaitu suatu proses untuk menstabilkan putaran ban secara merata.

Pada intinya, spooring ban mobil berguna mengembalikan setelan roda-roda supaya dapat kembali pada angka standar pabrik, sementara balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Karena fungsinya itulah membuat dua jenis pemeriksaan tersebut kerap disatukan di dalam dunia perbengkelan.

Baca juga  Rekomendasi Ban Eco Terbaik, Harga Murah dan Hemat BBM Mobil!

Sedangkan untuk balancing, fungsi utamanya adalah untuk menyeimbangkan kembali seluruh roda mobil. Biasanya balancing dilakukan supaya putaran roda mobil dapat kembali dalam kondisi terbaik.

Proses ini biasanya dilakukan setelah proses penggantian ban ataupun pelek. Dengan tujuan, ban digunakan nantinya dalam kondisi terbaik dan berputar dengan baik.

Manfaat Spooring dan Balancing

Besaran biaya spooring dan balancing

Besaran biaya spooring dan balancing

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai biaya spooring dan balancing. Sebab, masih ada beberapa pemilik mobil yang dibenaknya bertanya spooring dan balancing untuk apa? Nah, biar tidak penasaran, berikut manfaatnya:

  • Meningkatkan kenyamanan berkendara

Manfaat spooring balancing mobil yang pertama yaitu mampu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehingga bisa menjadi lebih mulus. Hal ini dikarenakan spooring balancing mampu membuat kendali kemudi atau setir menjadi lebih stabil, terutama ketika sedang dibelokkan.

  • Efisiensi BBM

Sebagaimana diketahui, ketika bagian kaki-kaki mobil tidak tertata dengan baik, maka ban-ban mobil tidak bisa bekerja seperti seharusnya sehingga mesin kendaraan akan bekerja lebih keras supaya mobil bisa melaju ke depan. Imbasnya, mesin akan bekerja keras sehingga membutuhkan pemakaian bahan bakar cukup besar. Dengan spooring balancing, maka kondisi ban-ban akan kembali seperti semula sehingga bahan bakar tidak terlalu terkuras.

  • Memperpanjang usia ban mobil

Manfaat spooring balancing mobil selanjutnya yaitu mampu memperpanjang usia ban mobil. Apabila mobil rutin menjalani spooring balancing, maka posisi ban akan menapak secara ideal dan hal itu tentunya bisa memperpanjang usia ban mobil.

Gejala Kaki-kaki Mobil Harus Spooring & Balancing

biaya spooring dan balancing

Setir terasa berat & susah dikendalikan

Ada beberapa gejala yang patut diwaspadai saat mobil Kamu merasakan beberapa gejala yang menggangu kenyamanan berkendara dan harus disegera dilakukan spooring dan balancing. Diantaranya:

  • Setir yang terasa bergetar ketika sedang mengemudi.

Getaran yang terjadi biasanya disebabkan roda depan yang langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi sudah mulai terjadi keausan pada roda depan. Masalah ini cenderung menimpa roda depan, ketimbang roda belakang.

  • Mobil susah dikendalikan
Baca juga  Beda Aki Kering dan Aki Basah, Buat Mobil Beli yang Mana?

Kebutuhan spooring dan balancing juga dibutuhkan, ketika pengemudi merasakan mobil selalu bergerak kearah tertentu. Untuk mengetahui gejalanya, ketika di jalan lurus dan mendatar (pastikan jalanan aman dengan kecepatan pelan) cobalah melepas setir kemudi mobil kalian.

Apabila mobil perlahan berbelok kearah tertentu. Bisa dipastikan bahwa mobil kalian membutuhkan spooring dan balancing.

  • Ban tipis dibagian tertentu

Tak hanya itu, mobil yang membutuhkan spooring dan balancing juga dapat terdeteksi dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau kembang ban yang mulai menipis dan di dominasi pada sebagian tempat saja.

  • Setir terasa berat

Ciri-ciri lainnya mobil yang membutuhkan spooring dan balancing ialah ketika pengemudi merasakan lingkar kemudi terasa lebih berat dari biasanya. Selain itu, pengemudi juga kerap merasakan ketika berbelok, setir dirasa tak mau kembali lurus ke posisi semulai saat kemudi dilepaskan.

Ketika hal ini mungkin kalian rasakan, sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan cara spooring dan juga balancing ke bengkel terdekat dari rumah kalian. Terkait biaya spooring dan balancing, sejatinya tak terlalu ‘menguras kantong’

Biaya Spooring dan Balancing Mobil

Proses spooring dan balancing

Proses spooring dan balancing

Seiring dengan maraknya bengkel yang menjajakan jasa spooring dan balancing. Kini biaya spooring dan balancing memiliki banderol yang sangat bervariatif.

Menurut pengalaman Moladin ketika melakukan proses spooring dan balancing di bengkel Roda Kencana di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Biaya spooring dan balancing sangat terjangkau.

Dari data pricelist yang dijajakan bengkel, biaya spooring dan balancing dibedakan berdasarkan model kendaraan. Biaya balancing ban mobil umumnya dikenakan banderol Rp 90 ribu per roda.

Sementara untuk biaya spooring ban mobil kecil seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Karimun, dan juga Toyota Agya sekitar Rp 150 – Rp 175 ribu per roda. Sedangkan untuk mobil-mobil berukuran besar seperti Alphard, Pajero, Outlander sekitar Rp 200 ribu per roda atau bisa lebih.

Baca juga  Fungsi Poros Engkol dan Komponen-Komponenya

Harga itu pun dapat berubah-ubah, karena ada beragam promo yang ditawarkan ketika mungkin pemilik kendaraan melakukan paket spooring dan balancing.

“Kalau spooring biayanya Rp 150 ribu untuk satu roda, jadi kalau 4 roda ya Rp 600 ribu. Sementara kalau untuk balancing Rp 95 ribu setiap rodanya. Bisa jika pemilik mobil mau spooring saja atau balancing saja, tapi ya hasilnya tidak maksimal, karena idealnya saat melakukan spooring ya balancing sekalian,” jelas Romi.

Kapan Mobil Harus Dispooring dan Balancing?

biaya spooring dan balancing

Jika mobil untuk perkotaan, bisa dilakukan 1 tahun sekali

Kapan waktu yang tepat mobil harus dispooring dan balancing? jawabannya adalah saat mobil terasa sudah tidak nyaman dikendarai. Seperti yang sudah dijelaskan di atas ciri-cirinya, seperti setir getar, kemudi susah dikendalikan atau saat ban tipis dibagian tertentu.

“Jika medan yang dilalui setiap harinya tidak rata, banyak lubang dan tidak rata maka umumnya akan cepat timbul gejala-gejala setir getar dan lainnya, dan itu harus segera dispooring dan balancing. Namun jika jalan yang dilalui perkotaan ya bisa dilakukan setahun sekali,” terang Romi.

Rekomendasi Bengkel Spooring dan Balancing Ban Mobil

biaya spooring dan balancing

Salah satu bengkel spooring dan balancing di Cinere.

Ada beberrapa rekomendasi bengkel spooring dan balancing ban mobil di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berikut diantaranya:

  • Andala Auto Care Cinere yang beralamat di Jl. Cinere Raya No.468, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514. Adapun untuk nomor telfon yang bisa dihubungi (021) 7548350.
  • Karunia Ban yang beralamat di Jl. Dr. Setiabudi No.39, Pamulang Tim., Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417. Untuk nomor telfon yang bisa dihubungi (021) 74715648.
  • Autobacs Kalimalang yang beralamat di Jl. Inspeksi Kalimalang Blok E/4A, RT.2/RW.16, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, 13440 dengan nomor telfon 08119180123.
  • Spooring Center yang beralamat di Jl. Cut Mutia No.34, RT.003/RW.001, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi 17114.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya spooring dan balancing ban mobil beserta ciri-ciri, manfaat, biaya dan bengkel rekomendasinya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika