by

Menakar Biaya Spooring dan Balancing, Tidak Mahal

Masih banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui biaya spooring dan balancing kendaraan roda empat. Sebagian orang menganggap biaya spooring dan balancing cenderung mahal.

Alhasil banyak pemilik mobil akhirnya mengurungkan niat mereka untuk melakukan perawatan kaki-kaki kendaraan. Padahal sejatinya biaya spooring dan balancing masih terjangkau.

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan perawatan kaki-kaki mobil, sebaiknya ketahui lebih dalam mengenai biaya spooring dan balancing beserta kegunaannya.

Seperti diketahui, faktor penunjang kenyamanan ketika berkendara adalah kondisi roda mobil yang lurus dan seimbang. Seiring dengan penggunaan, biasanya mobil kerap melalui jalan rusak atau berlubang.

Hal ini membuat presisi ban cepat berubah dan membuat kenyamanan berkendara tentunya mengalami penurunan. Tak hanya itu, sering menghantam lubang membuat ban mobil jadi cepat rusak dan jadi tidak awet.

Oleh karena itu, pemilik mobil sepatutnya untuk melakukan perbaikan ketika kaki-kaki mobil dirasa sudah kurang nyaman lagi. Cara ampuhnya dengan spooring dan balancing.

Kegunaan Spooring dan Balancing

Besaran biaya spooring dan balancing
Besaran biaya spooring dan balancing

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai biaya spooring dan balancing. Alangkah baiknya jika kalian ketahui dahulu fungsi dari keduanya.

Tujuan utama spooring adalah proses meluruskan kembali dudukan empat roda mobil kembali seperti semula atau sesuai dengan spesifikasi bawaan mobil. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan dan diatur lagi agar kembali seperti sedia kala.

Baca juga  2 Penyebab Insulator Busi Retak, dan Cara Mengatasinya

Sedangkan untuk balancing, fungsi utamanya adalah untuk menyeimbangkan kembali seluruh roda mobil. Biasanya balancing dilakukan supaya putaran roda mobil dapat kembali dalam kondisi terbaik.

Proses ini biasanya dilakukan setelah proses penggantian ban ataupun pelek. Dengan tujuan, ban digunakan nantinya dalam kondisi terbaik dan berputar dengan baik.

Selain itu, setidaknya kalian juga perlu mengetahui ciri-ciri yang mungkin terjadi pada kendaraan yang membutuhkan spooring dan balancing. Gejala paling sering dirasakan adalah setir yang terasa bergetar ketika sedang mengemudi.

Getaran yang terjadi biasanya disebabkan roda depan yang langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi sudah mulai terjadi keausan pada roda depan. Masalah ini cenderung menimpa roda depan, ketimbang roda belakang.

Kebutuhan spooring dan balancing juga dibutuhkan, ketika pengemudi merasakan mobil selalu bergerak kearah tertentu. Untuk mengetahui gejalanya, ketika di jalan lurus dan mendatar (pastikan jalanan aman dengan kecepatan pelan) cobalah melepas setir kemudi mobil kalian.

Apabila mobil perlahan berbelok kearah tertentu. Bisa dipastikan bahwa mobil kalian membutuhkan spooring dan balancing.

Baca juga  7 Tips Membeli Mobil Baru Agar Tidak Menyesal

Tak hanya itu, mobil yang membutuhkan spooring dan balancing juga dapat terdeteksi dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau kembang ban yang mulai menipis dan di dominasi pada sebagian tempat saja.

Ciri-ciri lainnya mobil yang membutuhkan spooring dan balancing ialah ketika pengemudi merasakan lingkar kemudi terasa lebih berat dari biasanya. Selain itu, pengemudi juga kerap merasakan ketika berbelok, setir dirasa tak mau kembali lurus ke posisi semulai saat kemudi dilepaskan.

Ketika hal ini mungkin kalian rasakan, sebaiknya segera lakukan perbaikan dengan cara spooring dan juga balancing ke bengkel terdekat dari rumah kalian. Terkait biaya spooring dan balancing, sejatinya tak terlalu ‘menguras kantong’

Segini Biaya Spooring dan Balancing

Proses spooring dan balancing
Proses spooring dan balancing

Seiring dengan maraknya bengkel yang menjajakan jasa spooring dan balancing. Kini biaya spooring dan balancing memiliki banderol yang sangat bervariatif.

Menurut pengalaman Moladin ketika melakukan proses spooring dan balancing di bengkel Roda Kencana di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Biaya spooring dan balancing sangat terjangkau.

Baca juga  13 Arti Mimpi Naik Mobil, Pertanda Baik atau Buruk?

Dari data pricelist yang dijajakan bengkel, biaya spooring dan balancing dibedakan berdasarkan model kendaraan. Biaya balancing umumnya dikenakan banderol Rp 30 ribu per roda.

Sementara untuk biaya spooring untuk mobil-mobil kecil seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Karimun, dan juga Toyota Agya sekitar Rp 150-175 ribu per roda. Sedangkan untuk mobil-mobil berukuran besar seperti Alphard, Pajero, Outlander sekitar Rp 200 ribu per roda.

Harga itu pun dapat berubah-ubah, karena ada beragam promo yang ditawarkan ketika mungkin pemilik kendaraan melakukan paket spooring dan balancing.

Hasil pantauan Moladin, untuk paket spooring dan balancing sekitar Rp 225 ribu. Jika mengambil paket, harga balancing, dari sebelumnya Rp 30 ribu jadi dihargai hanya Rp 20 ribu saja per roda.

Semoga informasi mengenai biaya spooring dan balancing ini dapat bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru