by

BMW 840i Gran Coupe, Mobil ‘Orang Berduit’ di Indonesia

BMW Indonesia kembali meluncurkan produk teranyar mereka di Indonesia, yakni BMW 840i Gran Coupe M Technic. Kehadiran produk terbaru ini memberi warna baru bagi line-up produk BMW di Tanah Air.

Pasalnya BMW 840i Gran Coupe M Technic merupakan sedan empat pintu yang menjadi sedan tertinggi dan flagship untuk seluruh model yang ditawarkan untuk pasar Nasional.

“THE 8 Gran Coupe adalah sports car luar biasa, karena ini adalah satu-satunya kendaraan di segmennya yang dikembangkan langsung dari sports car dua pintu,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Ramesh juga menambahkan, “Dengan hadirnya varian empat pintu BMW Seri 8 Coupe, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah”.

“Sports car ini dikembangkan bersama BMW 8 Series Coupe dan BMW M8 GTE, yang sangat terkenal di lintasan balap,” imbuh Ramesh.

Lalu seperti apa sebenarnya sosok BMW 840i Gran Coupe M Technic yang bakal menemani ‘orang berduit’ di Indonesia? Mengingat mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2,409 miliar off-the road.

Mengenal BMW 840i Gran Coupe

Eksterior belakang BMW 840i Gran Coupe M Technic
Eksterior belakang BMW 840i Gran Coupe M Technic

Sports car terbaru BMW ini dirakit bersama BMW 8 Series Coupe di BMW Plant Dingolfing di Lower Bavaria. Pabrik ini telah berpengalaman memproduksi varian kendaraan mewah BMW, salah satunya adalah BMW Seri 7.

Maka tak heran pada sosok The New 8 Gran Coupe ini punya desain khas BMW yang sporty yang dipadukan dengan kesan mewah ala pabrikan asal Jerman tersebut.

Eksterior Dengan Desain Sportif nan Elegan

BMW 840i Gran Coupe M Technic punya desain sporty dan elegan
BMW 840i Gran Coupe M Technic punya desain sporty dan elegan.

Secara tampilan BMW 840i Gran Coupe M Technic punya desain sporty dan elegan. Konsep coupe empat-pintu diterjemahkan menjadi bodi yang mewah dan progresif.

Dimensi yang ditawarkan pun cukup mumpuni, dengan panjang 5.082 mm, lebar 1.932 mm, tinggi 1.407 mm dan wheelbase 3.023. Mobil ini menggunakan teknologi chassis model-spesifik dari M Sport.

Baca juga  Toyota Century, Sedan Mewah Terbaru yang Masuk ke Indonesia

Seri 8 Gran Coupe menggabungkan performa sebuah GT yang lebih bersahabat digunkan sehari-hari. Di kelasnya, Seri 8 Gran Coupe menjadi lawan dari Mercedes-Benz CLS, Audi A7, dan Porsche Panamera.

Faktor yang cukup menarik adalah penggunaan trim M Technic, alhasil BMW 840i Gran Coupe tampil sporty dengan dibekali eksterior yang lebih aerodinamis. Seluruh bagian body menggunakan aero kit dari M Sport, dengan seluruh ventilasi terpasang aktif untuk mengalirakan udara.

Tak sebatas tampilan saja, M Technic turut menunjang performa, melalui rem cakram berukuran besar, 19 inci di seluruh roda. Rem dengan kaliper biru mendukung pelek berukuran 20 inci BMW M Y-spoke 728 M bicolour.

Mobil ini juga didukung dengan BMW Laserlight dengan Selective Beam, yang menghasilkan jangkauan lampu jauh hingga 530 meter dan fungsionalitas adaptif.

Bagian depan THE 8 Gran Coupé identik dengan desain 8 Series Coupe – termasuk posisi pilar A. Ujung depan yang lebar dan rendah pancarkan kesan sporty dan maskulin.

Selain proporsinya yang sangat berbeda secara signifikan, desain sisi dan ujung belakang BMW 8 Series Gran Coupe juga membedakannya dari saudaranya, 8 Series Coupe. Kaca belakang juga mengikuti garis yang sedikit lebih curam untuk hasilkan ruang bagasi yang lebih besar.

Tawarkan Interior Mewah

Interior BMW 840i Gran Coupe
Interior BMW 840i Gran Coupe bernuansa mewah

Pada sisi interior, BMW 840i Gran Coupe punya desain yang tak kalah menarik. Secara garis besar memang masih menyerupai 850i yang diluncurkan tahun lalu.

Material Merino leather mendominasi pelapis kabin, dengan jok semi bucket yang sporty untuk semua penumpang. Kontur dan pola jahitan di kursi belakang miliki desain sama dengan kursi sports di bagian depan, sehingga memungkinkan penumpang untuk menikmati nuansa mobil sport yang murni.

Baca juga  7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Tersedia juga kursi ketiga untuk digunakan dalam perjalanan pendek, yang terletak di antara dua kursi dan miliki sistem sabuk pengaman lengkap. Keunggulan ini membawa BMW 840i Gran Coupe menjadi sport car yang punya kursi 4+1.

Dalam menunjang kenyamanan ketika berkendara. Mobil ini juga didukung sistem infotainment iDrive sudah berbekal BMW Operating System 7.0, disertai BMW Live Cockpit Professional. Tuas transmisi dan pengendali iDrive tampil dengan sentuhan ala berlian mewah.

Punya Mesin yang Bertenaga

Mesin BMW 840i Gran Coupe
Mesin BMW 840i Gran Coupe

Berbeda dengan BMW 850i yang meluncur tahun lalu, pada 840i Gran Coupe tidak dibekali drivetrain xDrive alias all-wheel drive. Mesin pun lebih kecil, enam silinder 3.0 liter TwinPower Turbo dengan tenaga 340 hp dan torsi 500 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Steptronic Sport 8-speed, lengkap dengan paddle shift. Sport car BMW ini mampu menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan dalam 5,2 detik. Kelincahan bermanuver tetap ditawarkan oleh BMW, dengan hadirnya fitur Integral Active Steering.

Beragam Fitur yang Tersedia di BMW 840i Gran Coupe

Konfigurasi tempat duduk di BMW 840i Gran Coupe
Konfigurasi tempat duduk di BMW 840i Gran Coupe

Layaknya sebuah mobil mewah, BMW 840i Gran Coupe dilengkapi dengan beragam fitur-fitur modern, seperti Parking Assistant Plus yang meliputi kamera Surround-view, lateral parking aid, Active Park Distance Control dan reversing assistant.

Selain itu ada juga fitur Driving Assistant yang meliputi Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan Crossing traffic warning rear, Rear collision prevention, juga Active cruise control dengan fungsi Stop & Go.

Adapun sistem bantuan pengemudi berbasis kamera dan radar juga sudah disematkan, seperti Cruise control with approach control dan front collision warning with brake intervention.

Baca juga  Perjalanan BMW Astra di Tengah Pandemi Covid-19

840i Gran Coupe juga didukung dengan BMW Intelligent Personal Assistant, yang dapat diaktifkan dengan isyarat lisan “Hey BMW”. Fitur ini membantu pengemudi untuk mengatur fungsi-fungsi kendaraan. Termasuk mengatur sistem hiburan di dalam kabin.

Sekadar informasi tambahan, BMW 840i Gran Coupe ditawarkan dengan paket BMW Service Inclusive. Sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana yang lebih dulu dicapai.

Paket BMW Service Inclusive tersebut mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Bagi kalian yang berminat untuk meminang mobil ini, ban mobil ini juga sudah dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun.

Dengan kata lain seluruh ban mobil ini mendapatkan garansi resmi pabrikan. Jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes.

Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, sekarang sudah tahukan secara detail mengenai BMW 840i Gran Coupe yang baru meluncur di Indonesia? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kamu.

Setelah membaca informasi di atas, kira-kira tertarik untuk meminang mobil ini sebagai tunggangan pribadimu. Namun yang pasti, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 miliar, Sob!

Satu lagi, yang kalian perlu ketahui, bahwa mobil ini kuota untuk Indonesia hanya 10 unit saja, lho.

Baca juga:

Terbaru