Thursday, February 9, 2023
Banner

BMW i-Vision Dee, Mobil yang Bisa Berubah 32 Warna!

by Firdaus Ali
BMW i-Vision Dee

BMW i-Vision Dee merupakan mobil konsep masa depan terbaru yang diperkenalkan di event Consumer Electronics Show 2023 pada 5-8 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat. Menariknya, mobil ini mampu merubah warna bodinya hingga 32 pilihan.

Bisa dikatakan, ini adalah mobil konsep futuristik yang punya desain eksterior nyentrik. Utamanya karena warna bodi yang bisa berganti tersebut. Dikatakan bahwa BMW telah mengembangkan teknologi E-Ink yang distimulasi oleh sinyal listrik. Pergantian warna yang terjadi, pun tidak hanya pada bagian bodi mobil, tetapi juga pada bagian velg sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Alhasil, mobil listrik masa depan ini mirip seperti Bunglon yang bisa merubah warna kapan saja. Oh ya, BMW i-Vision Dee juga mempunyai 240 sel warna yang terpisah dan dapat berubah satu persatu.

“Dengan BMW i-Vision Dee, kami menunjukkan bagaimana mobil dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam kehidupan digital Anda dan menjadi pendamping yang dapat dipercaya,” terang Head of BMW Group Design Adrian Van Hooydonk.

Baca juga  Penjualan Ioniq 5 Sudah 1.700 Unit!

Arti Nama i-Vision Dee

BMW i-Vision Dee

Interior-BMW-i-Vision-Dee

Nama i-Vision Dee pada mobil konsep terbaru dari BMW ini tentu mempunyai arti sesuai dengan karakter dari mobil tersebut. Seperti dilansir dari laman carscoops, huruf “I” yang ditulis memiliki arti “kendaraan listrik”. Sedangkan kata “Vision” menggambarkan masa depan.

Sementara itu untuk kata “Dee” memiliki kalimat panjang Digital Emotional Experience yang mampu meningkatkan pengalaman pengendara saat menggunakan mobil sedan listrik tersebut. Lebih detail pihak BMW menyebut bahwa Dee merupakan asisten virtual yang sangat manusiawi.

Tidak seperti asisten digital lainnya seperti Alexa atau Siri, Dee adalah asisten yang lancang dan ceria dengan kepribadian. Ini dimaksudkan untuk membentuk hubungan yang lebih dekat antara manusia dan mesin.

Selain itu, Dee juga mampu menampilkan interpretasi digital untuk menampilkan ekspresi wajah yang berbeda-beda dibagian depan (headlamp dan grill). Beberapa media asing mengangap hal ini terinspirasi dari film animasi Cars.

Jika melihat tayangan animasi di laman BMW Amerika, pada bagian grill dan headlamp dari BMW i-Vision Dee ini mampu menampilkan ekspresi digital. Seperti ekspresi sedih, senang dan marah.

Baca juga  4 Mobil Listrik di Bangkok International Motor Show 2021

Mengenai tampilan, BMW i-Vision Dee menyuguhkan tampilan yang modern dan futuristik. Dimana bentuknya tidak banyak lekukan dan ornament yang agresif namun tetap menyematkan kidney gril yang jauh lebih lebar tapi landai.

Pada bagian interior, mobil canggih ini menyuguhkan desain yang sangat minimalis dengan warna abu-abu muda. Dimana bagian dashboardnya hanya ada setir dan lubang AC. Untuk panel instrument menggunakan Head Up Display (HUD) yang menampilkan speedometer dan informasi lain dari mobil ini.

Moladiners, itulah ulasan mengenai BMW i-Vision Dee yang mampu merubah eksteriornya hingga 32 warna dan bagian grillnya bisa menampilkan ekspresi emosi digital. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika