by

BMW X3 M dan X4 M Competition Pakai Mesin Terbuas

BMW X3 M dan X4 M Competition – Dua mobil SUV buas resmi diluncurkan oleh BMW yaitu X3 M dan X4 M Competition di Indonesia, Kamis (16/7/2020). Keistimewaan keduanya hadir lewat performa mantap. Bahkan diklaim menjadi BMW M paling beringas yang dijual saat ini.

Di atas kertas, mesin BMW X3 M dan X4 M Competition mampu melontarkan tenaga hingga 510 hp. Gila! Performa tersebut bahkan 30 hp lebih kuat dibanding varian yang bukan Competition.

“Pelanggan BMW selalu layak untuk mendapatkan yang terbaik dan karena itu BMW Indonesia hanya tawarkan model spesifikasi Competition di pasar ini,” kata President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Ingin tahu lebih detail soal BMW X3 M dan X4 M Competition? Berapa harganya? Untuk jawaban lengkap, simak bahasan berikut:

Spesifikasi BMW X3 M dan X4 M Competition

bmw x3 m dan x4 m competition
Bodi belakang BMW X3 M Competition layaknya SUV biasa, namun BMW X4 M Competition punya bokong landai seperti mobil coupe

Meski dua kendaraan yang berbeda, BMW X3 M dan X4 M Competition sungguh punya spesifikasi yang mirip. Bicara soal mesin, masing-masing dibekali kapasitas 2.993 cc dengan konfigurasi enam silinder segaris. Ada teknologi M TwinPower Turbo dengan dua turbocharger mono-scroll.

Alhasil di atas kertas, performa mesin keduanya begitu buas. Torsi puncak yang sanggup dihasilkan mencapai 600 Nm dan tenaga maksimalnya 510 hp.

“Mobil ini menggunakan generasi mesin BMW M enam silinder baru dengan kode S58, ini adalah successor dari mesin berkode S55,” jelas Product Planning BMW Group Indonesia, Anindyanto Dwikumoro.

Keunikan Mesin 3D Printing

mesin bmw x3 m dan x4 m competition
Jantung mekanis ini bukan cuma unggul dalam hal performa, tapi juga proses produksinya pakai 3D Printing

Di samping performanya mantap, keunikan mesin BMW X3 M dan X4 M Competition ada di proses produksinya. Kepala silinder memiliki inti yang dicetak melalui proses 3D Printing.

Baca juga  9 Kisaran Harga Mobil Mewah Artis Indonesia

Kelebihan 3D Printing memungkinkan bentuk-bentuk geometris dibuat lebih presisi dibanding teknik pengecoran logam konvensional. Teknologi modern ini juga sukses memangkas bobot inti kepala silinder mesin baru dan memungkinkan saluran pendinginnya dialihkan dengan cara mengoptimalkan manajemen suhu.

Mesin BMW X3 M dan X4 M Competition pun memiliki crankshaft yang ditempa dengan ketahanan luar biasa untuk tangani torsi yang sangat tinggi. Desain closed-deck dari crankcase mesin enam silinder ini membuka jalan bagi tekanan pembakaran yang lebih tinggi dan output daya yang paling optimal. Lalu dinding silinder yang diberi lapisan besi semprot dengan cara teknik wire-arc, sanggup mengurangi bobot dan gesekan untuk pastikan kestabilan performa mesin.

Inovasi lain dari teknologi BMW M TwinPower Turbo ini adalah dua turbocharger mono-scroll. Masing-masing memasok udara tekan ke silinder 1 – 3 dan 4 – 6. Efeknya output mesin semakin meningkat melalui penggunaan kompresor lebih canggih dan intercooler yang dipasok oleh sebuah sirkuit suhu rendah.

Ada pula teknologi injeksi High-Precision terbaru yang meningkatkan tekanan semprotan bahan bakar dari 200 bar hingga 350 bar. Hal ini memungkinkan campuran di ruang bakar yang sangat efisien. Atomisasi halus bahan bakar di ruang bakar meminimalkan emisi, terutama saat akselerasi penuh dan pada kecepatan tinggi.

Klaimnya, BMW X3 M dan X4 M Competition mampu berakserasi dari 0-100 Kpj hanya dalam 4,1 detik. Top Speed kedua mobil ini adalah 250 Kpj yang diatur secara elektronik.

Baca juga  Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Bagus Mana?

Baca juga:

Desain Khas SUV Berperforma Tinggi

bmw x4 m competition
Ciri khas BMW X4 M Competition punya bodi belakang yang unik

Bila kamu melihat sekilas, BMW X3 M dan X4 M Competition hampir tidak ada beda. Keduanya sama-sama sebuah mobil SUV berperforma tinggi.

Desain serupa terlihat dari paras yang agresif dengan kidney grille berwarna high gloss black (hitam). Kemudian gaya pelek juga tidak beda, menggunakan BMW M 21 inci V-spoke style 765 M yang berbalut warna jet black.

BMW X3 M dan BMW X4 M Competition memiliki fitur lampu depan LED Adaptif. Keunggulannya adalah distribusi cahaya variabel, lampu cornering, dan BMW Selective Beam untuk lampu jauh yang tidak menyilaukan.

Lalu masuk ke interior, ada konfigurasi bangku dua baris untuk lima penumpang. Jok BMW M Sport bucket-style muncul dengan pelapis kulit Merino. Desain kokpit BMW M-style yang istimewa hadir, terdiri dari panel instrumen khusus BMW M, kemudi leather BMW M, dan tuas selektor BMW M dengan gaya baru.

Tidak ketinggalan fitur penerangan interior atmosferik disediakan oleh pencahayaan ambien standar. Khusus ini ada enam pilihan warna dan dapat diaktifkan melalui menu iDrive.

Interior BMW X3 M dan BMW X4 M Competition juga punya berbagai opsi tambahan. Mulai dari kontrol iklim otomatis tiga zona standar, buka tutup bagasi tanpa tangan, serta atap kaca panoramic.

BMW juga memberi Head-Up Display with M-specific view, BMW Gesture Control, BMW Live Cockpit Professional, 12.3″ instrument display, 10.25″ Control Display, 32 GB hard drive, Harman Kardon surround sound system, 16 speakers, 600 W, dan konektivitas Apple CarPlay.

Baca juga  5 Mobil Tahun 90 yang Masih Diburu Masyarakat

Perbedaan BMW X3 M dan X4 M Competition

bmw x3 m competition
Tampilan BMW X3 M Competition lebih konvensional

Apakah perbedaan BMW X3 M dan X4 M Competition? Kamu bisa melihatnya secara jelas dari eksterior. Khusus BMW X4 M Compeititon punya bagian belakang yang lebih landai layaknya sebuah coupe. Alhasil aura sportif semakin terasa dan penuh gaya.

Kemudian masuk ke interior, BMW X4 M Competition punya kapasitas bagasi yang lebih kecil. Daya tampung maksimalnya cuma 1.430 liter. Berbeda dengan BMW X3 M Competition yang punya bagasi luas mencapai 1.600 liter. Hal ini tidak terlepas dari bentuknya bokong tinggi layaknya SUV pada umumnya.

Harga Tembus Rp 2 Miliar

interior BMW X3 M dan X4 M Competition
Interiornya istimewa dengan jok layaknya mobil sport dan fitur hiburan yang mumpuni

Perbedaan kedua mobil SUV ini juga tampak lewat harga. BMW X3 M Competition dijual Rp 2,189 miliar (off the road). Sementara BMW X4 M Competition Rp 2,229 miliar (off the road).

Harga BMW X3 M dan X4 M Competition sudah termasuk BMW Service Inclusive. Apa itu? Program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, dan mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

“Jadi, saya sangat yakin bahwa dengan adanya perluasan segmen di rangkaian kendaraan performa tinggi dengan BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition juga akan menjadi sebuah kesuksesan besar, kata Ramesh.

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dan harga BMW X3 M dan X4 M Competition, kamu tertarik meminang mobil yang mana?

Comment

Leave a Reply

Terbaru