Bocoran Foto Suzuki Jimny 5 Pintu Makin Merapat Dekat Indonesia

by Ivan
Bocoran foto Suzuki JImny 5 pintu di Filipina

Ini dia foto bocoran Suzuki Jimny 5 pintu yang nampak semakin merapat dekat Indonesia. Yups SUV mungil penjelajah dari Suzuki ini terlihat sedang diangkut sebuah truk di negara tetangga, Filipina.

Penampakan ini semakin mempertegas kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu yang rencananya akan segera diluncurkan di Filipina. Meskipun pabrikan Jepang tersebut belum membuat pengumuman resmi, bocoran foto menguak sosok Jimny 5 pintu diangkut sebuah truk.

Suzuki Jimny 5 pintu ini terlihat di sepanjang Tol STAR Expressway dan tampaknya datang langsung dari Pelabuhan Batangas, Filipina. paling menonjol dari perbedaan Jimny 5 pintu ini ialah wheelbase yang lebih panjang dan dilengkapi dua pintu ekstra sebagai akses ke baris kedua.

Mobil ini juga mendapat pilar keempat di bagian belakang yang didesain ulang lengkap dengan bentuk jendela kecil di kedua sisinya. Meski lebih panjang dari versi 3 pintu, namun Suzuki Jimny5 Pintu yang akan segera rilis ini masih memiliki ukuran panjang kurang dari 4 meter.

Suzuki Jimny 5 pintu punya panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm

Suzuki Jimny 5 pintu punya panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm

Faktanya, dimensi Suzuki Jimny 5 pintu berukuran panjang 3.985 mm, lebar 1.645 mm, dan memiliki tinggi 1.720 mm. Jarak sumbu roda mobil ini ialah 2.590 mm, lebih panjang 340 mm dibandingkan wheelbase Jimny versi 3 Pintu.

Baca juga  Peluncuran Suzuki Jimny 5-Pintu di GIIAS 2023?

Karena Jimny akan segera tersedia dengan dua pintu tambahan, beberapa dari Anda mungkin mengira Jimny akan mampu menampung tiga orang di belakang. Namun lebarnya tetap sama sehingga hanya mampu menampung dua orang di belakang.

Belum ada spesifikasi resmi yang tersedia saat ini. Namun harapannya ialah Suzuki Jimny 5 pintu akan ditenagai oleh mesin empat silinder 1.5 liter K15B yang juga digunakan pada Jimny versi 3 pintu juga pada Ertiga dan XL7.

peluncuran suzuki 5-pintu

Jimny 5-pintu punya dimensi lebih bongsor dibanding 3-pintu

Mesin tersebut mampu merilis tenaga sebesar 105 PS dengan torsi mencapai 138 Nm dan dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan. Dan sama seperti versi reguler Jimny di Filipina, kemungkinan model ini juga akan tersedia dengan sistem 4WD AllGrip Pro yang terdiri dari transfer case manual lengkap dengan gearbox low-range.

Karena Suzuki Jimny 5 pintu sudah merapat di negara Filipina, diperkirakan Suzuki akan menggelar peluncuran resminya pada kuartal pertama tahun 2024. Pasalnya beberapa bocoran foto juga sudah menunjukkan jika Suzuki Jimny 5 pintu juga sudah diangkut ke Tanah Air.

Bahkan semakin dikuatkan lagi oleh pernyataan 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra. “Rencananya ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line-up legend SUV kami,” katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga  Bocor Dimana-mana Suzuki Jimny 5 Pintu Rilis Besok? Ini Pilihan Warnanya!

Meski demikian, ketika masuk Indonesia, harga Suzuki Jimny 5 pintu dipastikan akan lebih mahal. Nampak dari NJKB Jimny 5 Pintu yang nilainya lebih mahal dari Jimny 3 Pintu. Di mana untuk varian 6N5VX (4X4) AT Rp 335 juta dan 6N5VX (4X4) MT Rp 325 juta. Artinya harga jual dari Jimny 5-door nantinya di Tanah Air lebih mahal lagi, karena NJKB merupakan harga dasar. 

Kemampuan Off-road Tetap Terjaga

Kemampuan off-road Jimny 5 pintu tetap oke

Kemampuan off-road Jimny 5 pintu tetap oke

Meski dimensi bodinya lebih panjang, Suzuki Jimny 5 pintu diklaim tetap tangguh melibas medan on-road dan off-road karena memiliki sistem penggerak 4×4 dan dibekali teknologi 4WD AllGrip Pro. Teknologi ini memungkinkan perubahan sistem gerak roda belakang 2H dilakukan shift on-the-fly alias saat mobil tengah melaju.

Nah untuk blusukan ke medan off-road, Suzuki tetap mempertahankan bahasa desain Jimny yang tangguh dan simpel. Didukung overhang depan dan belakang pendek, Jimny 5 pintu memiliki Approach angle 36 derajat dan departure angle 47 derajat.

Sekilas mengenai Jimny 5 pintu, produksi dan penjualan Jimny generasi keempat ini dimulai di Jepang tahun 2018, kemudian diikuti dengan ekspor ke berbagai wilayah termasuk Eropa dan Oseania.

Baca juga  Penjualan Suzuki Global Naik Signifikan, Pabrik India Penuhi Target

Mobil ini telah diterima dengan baik oleh konsumen di seluruh dunia. Pada November 2020, produksi Jimny dimulai di India khusus untuk diekspor ke berbagai wilayah termasuk Amerika Latin dan Afrika. Di India jugalah, generasi keempat Jimny 5 pintu pertama kalinya lahir.

Suzuki Jimny 5 pintu diklaim spesies baru dengan pintu belakang yang baru dipasang untuk desain Jimny 5 pintu, dan kursi belakang khusus serta trim interior anyar yang diadopsi untuk ruang bagian belakang. Jimy 5 pintu menjanjikan performa berkendara baik sebuah off-roader ikonik, seperti halnya Jimny 3 pintu.

Tidak saja di negara tetangga FilipKehadiran Jimny dengan 5-pintu ini semakin dikuatkan lagi oleh pernyataan 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra. “Rencananya ada juga penyegaran atau ekstensifikasi model terhadap line-up legend SUV kami,” katanya beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ketika masuk Indonesia tentu lebih mahal lagi. Hal tersebut bisa terlihat dari NJKB Jimny 5 Pintu yang nilainya lebih mahal dari Jimny 3 Pintu. Di mana untuk varian 6N5VX (4X4) AT Rp 335 juta dan 6N5VX (4X4) MT Rp 325 juta. Artinya harga jual dari Jimny 5-door nantinya di Tanah Air lebih mahal lagi, karena NJKB merupakan harga dasar. 

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika