Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bocoran Kia Grand Carnival 2024 Meluncur Besok, EV5 Tunggu Dulu!

by Ivan
Bocoran Kia Grand Carnival 2024 meluncur besok

Bocoran Kia Grand Carnival 2024 dipastikan meluncur besok (29/5) di salah satu mall di Jakarta Selatan. PT Kreta Indo Artha selaku APM KIA di Indonesia sudah memberikan undangan resmi terkait peluncuran mobil tersebut.

Dalam undangan yang disebar terlihat sebuah mobil masih tertutup selubung bersanding jajaran unit Kia yang lain mulai dari Kia EV9, Kia EV6, Kia Carens, Kia Seltos, dan Kia Sonet.

siluet kiaGrandCarnival2024 1
Dari siluet mobil yang terselubung ialah Grand Carnival 2024 bukan model EV5

Hal ini mematahkan prediksi Kia Indonesia akan langsung menghadirkan Kia EV5 yang sebelumnya rilis di ajang Bangkok International Motor Show 2024. Maka kemungkinan terbesarnya, sang adik EV9 tersebut bakal diperkenalkan di ajang GIIAS 2024.

Nah daripada menunggu, kita bedah dulu spesifikasi bocoran Kia Grand Carnival 2024.

Eksterior Kia Grand Carnival 2024

Facelift Grand Carnival mampu membawa aura modern dan mewah
Facelift Grand Carnival mampu membawa aura modern dan mewah

Langkah Kia merilis Kia Grand Carnival 2024 memang masih sebatas penyegaran alias facelift dan bukan major change. Namun harus diakui jika desainer Kia mempu meracik ekstrior Grand Carnival baru ini jauh lebih modern dan mewah senada dengan alur gaya mobil listrik mereka.

Baca juga  Harga Kia Carnival Baru Yang Makin Modern Luar Dalam

Kia Grand Carnival generasi keempat ini mampu menerjemahkan bahasa desain terbaru Kia. Mulai dari area fascia yang makin oke dengan headlamp yang dipasang vertikal dengan LED strip horizontal ramping berpadu dengan gril berukuran lebih besar dan bumper bawah berlekuk dinamis.

Perubahan di bagian belakang terasa signifikan
Perubahan di bagian belakang terasa signifikan

Sementara pada bagian kap mesin dan fender masih membawa aura Grand Carnival sebelumnya. Perubahan signifikan terasa pada bagian buritan. Di area belakang ini telah sepenuhnya bertransformasi dengan penambahan elemen vertikal pada cluster lampu belakang LED yang nampak memanjang dan terlihat menyatu penuh.

Sementara itu dudukan pelat nomor digeser lebih ke bawah pada pintu belakang yang didesain ulang, juga bumper belakang yang didesain baru plus cladding ala SUV menyatu dengan under guard lebih besar dan tentu saja aplikasi satu set velg baru.

Kabin Bocoran Kia Grand Carnival 2024

Layout dasbor senada dasbor Sorento baru yang juga baru diperbarui
Layout dasbor senada dasbor Sorento baru yang juga baru diperbarui

Perubahan besar juga terjadi di area kabin. Ada desain dasbor baru yang mirip dengan dasbor Sorento yang baru saja diperbarui. Sementara itu instrument cluster digital juga telah mengalami perombakan, dan hal yang sama berlaku untuk layar sentuh.

Baca juga  Kia EV9 Raih Gelar World Car of The Year 2024
Kabin baris kedua lega dan mewah
Kabin baris kedua lega dan mewah

Pada jok baris kedua, mobil ini sekarang dilengkapi dengan captain seat yang makin disempurnakan dengan pasokan fitur penopang kenyamanan yang disebut Dynamic Body Care. Hampir semua kontrolnya dioperasikan dengan tenaga, bersama dengan fungsi pijatan yang mencakup seluruh punggung dan bahkan betis. Ini benar-benar seperti pijatan seluruh tubuh ala Kia.

Tersedia 3 Pilihan Mesin, Versi Indonesia Yang Mana ?

kia carnival hybrid 2023 - mesin
Mesin Hybrid yang dipakai Kia Carnival terbaru mengambil basis dari milik Sorento

Kia Carnival 2025 yang meluncur di Korea Selatan memang menawarkan pilihan mesin yang lebih beragam, salah satunya ialah unit Hybrid. Kia Grand Carnival 2024 ini menghadirkan 3 pilihan mesin diantaranya unit 1.6 L Hybrid, diesel 2.2L, dan unit bensin 3.5 L.

Konsemen yang memilih Grand Carnival termurah akan mengandalkan unit Smartstream G3.5. Mesin 3.471cc berkonfigurasi V6 ini mampu merilis tenaga 289 dk dan torsi sebesar 355 Nm yang disalurkan ke roda depan lewat transmisi 8-percepatan otomatis.

Sementara mesin turbo diesel empat silinder berkapasitas 2.151 cc yang serupa pada Hyundai Santa Fe diesel diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 dk dan torsi 441 Nm.

Baca juga  Kia EV9 Bukan Hanya Tulang Punggung Tapi Pendorong Revolusi

Namun kabar besarnya di sini tentu opsi mesin bensin 1.6 liter turbo dengan sokongan tenaga hybrid. Kia mengklaim total output sistemnya mencapai 245 hp, sehingga berada tepat di tengah-tengah mesin diesel dan bensin V6 dalam urusan keluaran tenaga.

Tapi kami masih yakin jika model yang dimasukkan oleh PT Kreta Indo Artha tetap unit lama yang mengusung mesin 2.151 cc 4 silinder turbodiesel. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika