by

Bocoran Suzuki XL5, Versi Mewah Karimun Wagon R

Suzuki diketahui sedang menyiapkan Wagon R versi mewah, yang diklaim memiliki nama Suzuki XL5. Namun bukan di Indonesia, melainkan di pasar Negeri Hindustan.

Ya, produk ini sedang dikembangkan oleh Maruti Suzuki India selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Negeri Bollywood. Walau demikian, bukan tidak mungkin jika Suzuki XL5 bakal melengkapi varian Karimun Wagon R di Tanah Air pada kemudian hari.

Sebagaimana diketahui, Suzuki Indonesia memang kerap mengimpor berbagai mobil dari India. Ambil contoh Suzuki Ignis, Baleno, dan lain-lain.

Melansir laman Indianautosblog, Suzuki XL5 dibangun dari platform Karimun Wagon R. Pembeda dengan versi yang saat ini sedang dipasarkan di Negeri Hindustan, produk anyar tersebut bakal mengusung konsep ala crossover. Dari berbagai bocoran, tampak bahwa Suzuki XL5 punya postur yang lebih jangkung. 

Jika melihat strategi pasar yang dilakukan Maruti Suzuki, tentunya ini tidak beda dengan yang diterapkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. Terlebih lewat contoh produk Suzuki Ertiga sebagai basis untuk mengembangkan Suzuki XL7 dengan gaya crossover.

Baca juga  Suzuki Karimun Wagon R Terbaru, 1.200 cc dan 7-Seater?

Suzuki XL5 Memasuki Tahap Uji Jalan

Suzuki XL5, varian teratas Karimun Wagon R
Suzuki XL5, varian teratas Karimun Wagon R

Sejalan dengan rencana besar Suzuki untuk merilis XL5, produk ini diketahui telah melakukan tahap uji jalan. Sosoknya diketahui dibalut selubung kamuflase untuk menyamarkan tampilan.

Mengacu pada gambar-gambar yang menyebar luas, tampilan Suzuki XL5 terlihat mengusung DNA yang benar-benar serupa dengan Karimun Wagon R. Desainnya begitu khas, yakni berbentuk kotak.

Pembeda paling terlihat pada sisi fascia depan, pelek, dan juga buntut belakang dari Suzuki XL5. Dari sisi depan, desainnya lumayan lebih segar.

Lampu depan didesain terpisah menjadi dua. Di mana lampu utama terletak di bagian bawah, sedangkan lampu sein dan DRL berada paling atas.

Penggunaan pelek dengan diameter lebih besar kami rasa cukup cermat. Karena dengan begitu mampu memperkuat kesan crossover. Pelek yang digunakan pun mengingatkan pada pelek yang digunakan pada Suzuki Ignis.

Beralih ke sisi interior, sayangnya hingga kini belum ada informasi rinci terkait sektor kabin yang ditawarkan. Namun digadang-gadang bakal menawakan kualitas dan fitur yang lebih baik dari Wagon R.

Baca juga  Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hanya Rp3.800 Per Hari

Menyoal piranti hiburan, Suzuki XL5 kabarnya akan dibekali dengan sistem hiburan modern. Pastinya dengan head unit layar sentuh yang telah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Menariknya, XL5 pun kabarnya dilengkapi dengan fitur-fitur lebih lengkap. Contohnya pengaturan AC digital, roda kemudi multi-fungsi, power window, keyless entry, start/stop button, sensor parkir belakang, ABS, dual airbag, dan fitur lainnya.

Terkait jantung mekanis, XL5 nampaknya disematkan mesin berkubikasi 1.2 liter yang mampu menyemburkan tenaga 82 daya kuda dan torsi 113 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan manual dan Automated Manual Transmission (AMT) 5-percepatan.

Sekadar informasi, transmisi AMT kalau di Indonesia dikenal dengan sebutan Auto Gear Shift (AGS). Gimana tertarik dengan Suzuki XL5? Kita doakan saja semoga mobil ini juga akan dipasarkan di Indonesia.

Baca juga:

Terbaru