by

Bocoran Teknologi Dual Mode CVT di Daihatsu Rocky

Walau belum meluncur secara resmi, Daihatsu mulai membocoran fitur Rocky sedikit demi sedikit. Salah satunya adalah teknologi dual mode CVT atau D-CVT.

Hal ini menarik, karena sebelumnya belum ada mobil Daihatsu di Indonesia yang pakai tranmsisi CVT. Kemudian D-CVT yang dimaksud oleh pabrikan berlogo D bukanlah CVT biasa.

Transmisi D-CVT merupakan pengembangan selaras yang dilakukan lewat platform Daihatsu New Global Architecture. Ciri khasnya mengadopsi roda gigi terpisah.

“Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi,” seperti dikutip dari rilis resmi Astra Daihatsu Motor yang kami terima pada Senin (15/3/2021).

Kehadirannya diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan lebih hening dibandingkan transmisi CVT konvensional. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Bila melihat di Jepang, Dual Mode CVT banyak digunakan oleh mobil-mobil berkapasitas mesin kecil. Sebut saja Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast, Boon, termasuk Rocky.

Baca juga  Spesifikasi Wuling Almaz RS dengan WISE, CR-V Lewat?

Jika Daihatsu Rocky versi Indonesia bakal mengikuti spesifikasi yang di Jepang, maka D-CVT juga bakal dikombinasikan dengan mesin 1.000 cc turbo. Setidaknya hal tersebut sudah dilakukan oleh Perodua Ativa selaku kembaran Rocky yang telah meluncur di Malaysia pada Februari 2021.

Fitur-Fitur Modern Daihatsu Rocky Indonesia

dual mode cvt di daihatsu rocku
Daihatsu Rocky bakal memiliki fitur transmisi dual mode cvt dan mesin turbo

Selain Dual Mode CVT, sesungguhnya Daihatsu Rocky punya banyak fitur-fitur modern lain. Beberapa bocoran yang sudah disebutkan oleh pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah mesin turbo serta teknologi advanced safety assist.

Jantung mekanis turbo ini sudah jadi ciri khas Rocky di Jepang. Kehadiran turbo diklaim mampu membuat efisiensi bahan bakar ditekan, sekaligus performa mesin tidak dikorbankan.

Daihatsu Rocky di Indonesia sendiri digadang-gadang bakal memiliki mesin 1.000 cc turbo. Performanya di atas kertas, bisa mengeluarkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.000 rpm. Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi Dual Mode CVT.

Kemudian untuk teknologi advanced safety assist (A.S.A.) hadir untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi benda di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil dalam kondisi bahaya.

Baca juga  Babak Baru Kasus DFSK Glory 580 Tak Kuat Nanjak

A.S.A. ini juga terintegrasi dengan fitur pre collision brake dan lane departure warning untuk mencegah kecelakaan ketika berkendara. Pre collision brake berguna mengaktifkan pengereman darurat. Sementara lane departure warning mengingatkan pengendara jika berpindah jalur tanpa sengaja.

“Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara. Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan berkendara adalah prioritas utama,” Ujar Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi.

Setelah mengetahui Daihatsu Rocky memiliki segudang fitur canggih, kita tinggal tunggu saja waktu peluncurannya. Kabar yang kami terima, tidak lama lagi alias pada semester satu tahun 2021.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru