by

Bukukan SPK 2.001 Unit, Apa Daya Tarik Suzuki XL7?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan produk Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, Suzuki XL7 di Indonesia pada bulan Februari 2020 lalu. Kehadiran mobil ini diklaim pabrikan berhasil menarik animo yang besar dari para konsumen setia Suzuki.

Berdasarkan catatan Suzuki Indonesia, dalam waktu 23 hari sejak diluncurkan pada 15 Februari 2020. Suzuki XL7 sudah membukukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hingga 2.001 unit. Angka tersebut mampu melampaui target awal yang dicanangkan Suzuki.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, “Pada bulan Februari, kami berhasil membukukan pemesanan sebanyak 1.395 unit dan bulan Maret –hingga tanggal 9– sudah mencapai 606 unit.”

“Angka itu membuktikan bahwa pasar SUV di Indonesia semakin berkembang dan Suzuki XL7 menjadi salah satu SUV yang dapat memenuhi harapan masyarakat Indonesia,” jelas Donny.

Tingginya pemesanan yang diraih itu diketahui, karena mobil ini telah diluncurkan di 34 kota di seluruh Indonesia. Selain Jakarta, permintaan juga cukup tinggi di Surabaya, Bali, Yogyakarta, Cirebon dan Semarang.

Baca juga  Harga Suzuki XL7 Rp200 Jutaan, SUV 7-Penumpang Termurah?

“Animo konsumen Suzuki XL7 ternyata sangat baik. Untuk varian paling diminati konsumen itu yang varian Alpha, dengan angka penjualan tertinggi dibandingkan dengan varian lainnya, yakni sebesar 1.052 unit atau sekitar 53% dari total penjualan,” imbuh Donny ketika berbincang dengan Moladin beberapa waktu lalu.

Lalu sebenarnya apa yang membuat para konsumen Suzuki bisa kepincut dengan XL7? Berikut fakta menarik yang perlu kalian ketahui:

Suzuki XL7 varian Alpha lebih diminati

Suzuki XL7 diharapkan mampu meningkatkan penjualan Suzuki
Suzuki XL7 varian Alpha diklaim lebih laris lantaran fitur yang tersedia lebih menggoda konsumen

Menurut Suzuki Indonesia, Suzuki XL7 varian Alpha yang merupakan varian tertinggi justru meraih penjualan paling baik. Nampaknya, konsumen terlihat lebih mempertimbangkan fitur yang ditawarkan ketimbang harga.

“Dari data SPK Suzuki XL7 Alpha paling banyak dipesan konsumen, alasannya mungkin karena sudah dilengkapi dengan fitur E-Mirror dan juga warna two tone yang terlihat justru lebih disukai masyarakat,” jelas Donny.

Fitur E-Mirror merupakan fitur baru yang hadir di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Fitur ini merupakan spion digital yang dilengkapi 2 kamera yang berada di depan yang terletak di balik spion dan kamera belakang yang terletak di bagian belakang berdekatan dengan dudukan pelat nomor.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R, Awas Salah Pilih

Fungsinya, E-Mirror dapat merekam kondisi ketika berkendara. Terlebih ketika terjadi kecelakaan, rekaman video itu bisa saja menjadi bukti, terlebih ketika ingin klaim asuransi. Selain itu, jika ditilang pihak berwajib atas pelanggaran yang tidak dilakukan, pengemudi bisa memperlihatkan bukti rekaman untuk membuktikan Anda tidak bersalah dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Apa saja yang dibutuhkan konsumen?

interior Suzuki XL7
Sejumlah fitur serta desain two tone lebih menarik konsumen

Bila melihat dari penjualannya, tampaknya di segmen SUV konsumen lebih mempertimbangkan fitur. Tercatat Suzuki XL7 dilengkapi dengan sejumlah fitur modern seperti start/stop engine button, AC digital, Auto Climate with Heater serta Power Outlet.

Dengan sejumlah fitur itu, tampaknya menjadi keunggulan Suzuki XL7, jika dibandingkan sejumlah kompetitornya yang juga dipasarkan di Indonesia.

Selain itu, rival Toyota Rush dan Daihatsu Terios tersebut dipersenjatai dengan mesin K15B berkapasitas 1.5 liter. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 ps pada rpm 6.000 dan torsi maksimum sebesar 138 Nm pada rpm 4.400. Mesin ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat.

Baca juga  Layanan Home Service Suzuki Alami Peningkatan Saat PSBB

Promo penjualan yang menggiurkan bagi konsumen

Suzuki XL7
Suzuki XL7 pakai ban lebih besar sehingga ground clearance lebih tinggi

Untuk mendorong penjualan mobil terbarunya itu, PT SIS menghadirkan promo menggiurkan berupa hadiah langsung iPhone 11 untuk pembelian pada periode Februari-Maret 2020, gratis layanan perawatan berkala dan suku cadang hingga 50.000 km, dan program lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Tentunya dengan sejumlah promo-promo menarik bakal lebih menarik minat konsumen, selain harganya yang memang cenderung lebih terjangkau ketimbang sejumlah produk sejenis dikelasnya.

Sebagai informasi tambahan, Suzuki XL7 ditawarkan dalam 3 varian yakni Alpha, Beta dan Zeta. Mobil ini ditawarkan dengan rentang harga Rp230 juta hingga Rp267 juta on the road Jakarta.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru