oleh

4 Bus Tingkat yang Beroperasi di Indonesia, Siap Mudik?

Kali ini Moladin ingin membahas soal ragam bus tingkat yang beroperasi di Indonesia. Bus tingkat atau double decker sempat populer di era 1980. Namun saat itu hanya sebatas sebagai angkutan dalam kota saja, khususnya Jakarta.

Lalu di tahun 2010 ke atas, penggunaan bus tingkat oleh perusahaan otobus (PO) kembali marak. Daya jelajahnya pun semakin luas, hingga antar kota dan antar provinsi. Kota Solo menjadi salah satu pelopor yang membuat bisnis bus tingkat kembali bergejolak. Singkat cerita kala itu di tahun 2011 Kota Solo masih dipimpin oleh Walikota, Joko Widodo memesan bus tingkat untuk pariwisata yang dinamai Werkudara, buatan Karoseri Trisakti.

Mengutip laman karoseri Trisaktibus, dikatakan bus Werkudara merupakan bus buatan pertama dari pabrikan karoseri Indonesia. Lanjut setelah itu barulah muncol PO bus lainnya yang membuat pesanan karoseri bus tingkat.

Salah satu perusahaan PO bus terbesar di Sumatera Utara, Medan turut bermain di segmen ini, langsung untuk trayek antar kota. Beberapa sumber menyebut waktu itu Sempati Star, membeli sebuah bus tingkat modern buatan karoseri Adi Putro yang dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

Tidak tanggung-tanggung, bus tingkat ini kemudian digunakan untuk melayani penumpang dengan trayek Aceh – Medan. Mulai saat itu, banyak perusahaan-perusahaan otobus terkenal lainnya di Indonesia juga menggunakan bus tingkat untuk layanan transportasinya.

Nah kira-kira bus tingkat apa saja sih yang beroperasi di Indonesia, yang melayani rute komersil antar kota atau antar propinsi. Siapa tahu kamu mau mudik naik bus tingkat. Berikut ulasannya.

Baca juga  Tarif Jalan Tol Trans Jawa Terupdate 2022, Pemudik Harus Tahu!

1. Sempati Star

Bus Tingkat yang Beroprasi di Indonesia
Bus tingkat Sempati Star dibuat oleh Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Bus tingkat yang beroperasi di Indonesia yang pertama adalah Sempati Star. Sempati Star memiliki PO yang bermarkas di Medan Sumatera Utara. Ini merupakan salah satu bus tingkat yang pertama kali melayani perjalanan komersil antar kota antar provinsi.

Sempati Star dibuat oleh Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Dibangun dari basic Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Scania K410iB.

Body menggunakan dominan warna kuning, merah dengan livery bintang. Sempati Star juga memiliki versi unit lain dengan kelir body abu-abu dipadu aksen biru tua dengan livery garis-garis, terkesan kalem dan elegan.

Nah jika kamu ingin naik Sempati Star dengan tujuan Medan – Pidie tiketnya seharga Rp 430 ribuan. Sedangkan Medan – Banda Aceh tiket dimulai dari Rp 230 ribuan. Cocok buat kamu yang ingin mudik atau pulang kampung di wilayah Sumatera.

2. Agung Sejati

Bus Tingkat yang Beroprasi di Indonesia
Untuk harga tiket bus tingkat Agung Sejati, kelas kursi di dek atas  dipatok mulai Rp 220 ribuan.

Bus tingkat yang beroperasi di Indonesia berikutnya adalah Agung Sejati, yang melayani trayek Parung, Bogor hingga ke Purwantoro (Wonogiri), Jawa Tengah. Pas buat kamu yang mau mudik atau pulang kampung di sekitaran Jawa.

Bus berjenis Super Double Decker (SDD) berjulukan Nuh, lantaran pada bodynya terdapat livery kapal bahtera Nabi Nuh. Adapun fasilitas yang ditawarkan bus tingkat bergaya Jetbus 3+ SDD Voyagerini adalah Audio Video On Demand (AVOD) baik di dek atas (kecuali hot seat), single seat, dan sleeper.

Baca juga  Aturan Ganjil Genap Mudik 2022, Berlaku 7 Hari!

Mengutip dari laman Instagram PO Agung Sejati di @pt.agungsejati, untuk penumpang yang menaiki trayek dengan bisa ini akan mendapatkan free snack dan minuman hangat seperti teh atau kopi selama perjalanan.

Untuk harga tiket bus tingkat Agung Sejati, kelas kursi di dek atas dipatok mulai Rp 220 ribuan. Sedangkan kelas Single Seat yang jumlahnya hanya empat bangku ditawarkan dengan harga Rp 280 ribuan. Terakhir untuk kelas Sleeper yang hanya ada dua bangku, tiketnya dibanderol Rp 310 ribuan.

3. Rosalia Indah

Bus Tingkat yang Beroperasi di Indonesia
Mengacu laman resmi Rosalia Indah, untuk kelas Executive Plus, kursinya berada di dek atas. Konfigurasinya 2-2 jumlahnya 34 seat.

Bus tingkat yang beroperasi di Indonesia berikutnya adalah Rosalia Indah. Di kalangan bus mania Rosalia Indah merupakan salah satu PO bus yang paling kesohor.

Bus tingkat Rosalia Indah bermerkas di Palur Jawa Tengah dekat Kota Solo. Bus Double Decker yang dimiliki Rosalia Indah ini menggunakan rangka dan jantung pacu dari Volvo seri B11R yang dibalut dengan bodi 3+ SDD buatan karoseri Adi Putro.

Bus berkapasistas 44 penumpang ini mengaplikasi mesin berkonfigurasi 6-silinder inline dengan tenaga 430 dk dan torsi maksimal 1.970 Nm. Bus tingkat Rosalia Indah memiliki perangkat keselamatan bawaan karoseri berupa 2 pintu darurat, martil pemecah kaca, dan 2 APAR.

Jika kamu ingin menggunakan jasa bus ini, ada 3 kelas yang ditawarkan, yakni Executive Plus, Super Top, dan First Class. Masing-masing memiliki tingkat kenyamanannya sendiri dan Harga yang berbeda.

Baca juga  Posko Mudik Toyota Siap Layani Konsumen

Mengacu laman resmi Rosalia Indah, untuk kelas Executive Plus, kursinya berada di dek atas. Konfigurasinya 2-2 jumlahnya 34 seat.

Juga ada fasilitas tambahan seperti monitor LCD, selimut, bantal, jok dengan leg rest, dan foot rest yang juga berfungsi sebagai tempat sepatu.

Harga tiket bus tingkat Rosalia Indah dari Jakarta-Solo, kelas Executive Plus Rp 250 ribuan, Super Top Rp 300 ribuan, dan First Class Rp 385 ribuan.

4. Agra Mas

Bus Tingkat yang Beroperasi di Indonesia
Agra Mas menggunakan armada bus mewah double decker Scania K410 IB dan Mercedes-Benz OC 500 RF.

Bus tingkat yang beroperasi di Indonesia berikutnya adalah Agra Mas. Operator bus yang telah berdiri sejak tahun 2003 silam ini dan melayani perjalanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Agra Mas Menggunakan armada bus mewah double decker Scania K410 IB dan Mercedes-Benz OC 500 RF. Adapun cakupan wilayan yang dilalui Agra Mas dari provinsi Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Trans Jawa Solo, hingga wilayah Jawa bagian utara, termasuk Semarang, Demak, Kudus, Jepara, Kelet, dan Tayu.

Contoh harga tiket bus tingkat Agra Mas Rp 350 ribuan untuk trayek Jakarta – Solo, jika dipantau dari laman resminya.

Nah kamu juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas premium selama perjalanan seperti layar LCD 10 inci yang menyuguhkan film dan musik, tempat duduk dengan sistem reclining seat yang bisa diatur tingkat kemiringannya, leg rest atau sandaran kaki, dispenser untuk sajian air panas dan dingin.

Selain itu kabin tentunya dilengkapi dengan penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), smoking room khusus bagi Anda yang ingin merokok di bagian belakang lantai atas, serta toilet yang letaknya ada di bagian belakang lantai bawah.

Demikian ulasan terkait bus tingkat yang beroperasi di Indonesia. Kiranya ulasan ini bisa menjadi sumber refrensi kamu, terutama jika punya rencana melakukan mudik lebaran.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru