oleh

Cara Agar Mobil Terhindar dari Virus Covid-19

Banyak cara agar mobil terhindar dari virus Covid-19. Mulai dari mencucinya, menyemprotkan disinfektan ke dalam kabin, hingga gunakan air purifier.

Hal ini penting untuk kamu tahu, karena notabene kabin mobil umumnya selalu tertutup dan ber-AC. Dalam kondisi ini, virus mungkin akan beredar di sana terus dan sulit mati. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik harus inisiatif untuk lakukan perawatan ekstra di interior mobil.

Apalagi sekarang, varian omnicron sedang merajalela. Jadi dengan memberikan perhatian ekstra pada kebersihan interior mobil, harapanya kita bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Yang lebih besar resikonya, jika kamu berprofesi sebagai taksi online. Karena taksi online mengangkut penumpang yang berbeda-beda dan kita sebagai pengemudi tidak tahu riwayat kesehatan mereka.

Dengan menyemprotkan disinfektan ke dalam kabin mobil, setelah ditumpangi, itu juga bisa jadi salah satu cara menjaga kebersihan kabin. Ini juga berarti, kamu telah menambah satu langkah untuk hidup sehat terhindar dari penularan virus covid-19.

Beberapa sumber kesehatan juga menyebut, penularan virus Covid-19 sangat mudah terjadi melalui udara dan benda-benda yang tersentuh. Terlebihi bisa diperburuk dengan sistem AC atau penyejuk udara yang tidak terawat.

Cara agar mobil terhindar dari virus corona, kita bisa memanfaatkan disinfektan. Saat ini cukup banyak produk yang dapat kita manfaatkan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Mulai dari hand sanitizer, masker, hingga cairan disinfektan dapat dipilih dan tersedia banyak di pasaran.

Manfaat Disinfektan

Cara Agar Mobil Terhindar dari virus
Pilihlan disinfektan yang dikhususkan untuk mobil

Disinfektan bisa membantu mengurangi potensi penyebaran virus berkat kandungannya.

“Disinfektan itu biasanya terbuat dari berbagai macam senyawa kimia, yang diciptakan untuk menangkal dan mematikan virus-virus di udara dan yang menempel pada benda, atau interior kendaraan,” kata Putra, mekanik sekaligus pemilik toko aftermarket di bilangan Otista Jakarta Timur.

Ia juga menyarankan agar konsumen memilih cairan disinfektan yang memang dibuat khusus untuk mobil.

Baca juga  Biaya Servis Shockbreaker Mobil, Ini Perkiraaanya!

“Ya karena pasti dirancang untuk aman digunakan pada interior mobil, tidak merusak kulit jok, dashboard, setir dan sebagainya,” tambah Putra. 

Selain itu, sebaiknya penyemprotan disinfektan juga jangan dilakukan dengan sembarang. Misalnya disinfektan interior belum tentu ramah untuk cat eksterior.

“Sebenarnya tidak ada disinfektan yang ramah untuk cat mobil, kalau pun  harus mengunaknnya ya jangan terlalu sering,” tambah Putra.

Menurutnya kerusakan cat mobil akibat cairan disinfektan bisa menurunkan harga jual mobil.

Harga Paket dan Cairan Disinfektan

Cara Agar Mobil Terhindar dari virus
Fogging mobil

Saat ini hampir semua bengkel mobil resmi dan umum telah menawarkan paket disinfektan untuk interior mobil.

Misalnya pada bengkel resmi Toyota, mereka memiliki produk TMO Cabin Disinfectant. Produk ini hadir dalam kemasan kaleng 150 ml dan tersedia di pasaran dengan bandrol Rp 90 – 120 ribuan.

Penggunaannya sangat mudah untuk di aplikasi di kabin mobil, seperti kita menyemprotkan spray. Produk ini juga praktis karena menggunakan kaleng dengan nosel penyemprot untuk sekali pakai.

Toyota mengklaim produknya ini telah dites oleh laboratorium IPB dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

TMO Cabin memiliki aroma Citrus Lemon yang juga nyaman bagi penumpang dan tidak mengandung Benzene yang termasuk dalam Substance of Concerns (SoC) yang dapat membahayakan manusia.

Pada bengkel umum Nawilis, yang berlokasi di Radio Dalam, Jakarta Selatan, dalam laman resminya menyebut  menyediakan jasa paket sterilisasi kabin mobil dari virus corona.

Harganya mulai dari Rp 300 ribu termasuk jasa pengerjaan. Menurut bengkel Nawilis, untuk beberapa jenis mobil bisa menghabiskan lebih dari satu botol. Dan ini akan dikenakan biaya dua kali lipat. Untuk penggunaan sendiri atau dibawa pulang cairan yang dinamai BG Frigi-Fresh ini dijual Rp 200 ribu per kemasan botol spray 156 gram.

Untuk mendapatkan jasa disinfektan kamu juga bisa meanfaatkan promo diskon yang diberikan bengkel resmi. Promo ini tentu saja berbeda-beda antar satu bengkel dengan lainnya.

Baca juga  5 Fakta Mobil Matic Vs Manual, Lebih Baik Mana?

Misalnya Mitsubishi, ada promo yang masih berjalan saat ini, hanya dengan cara mendownload aplikasi MMID konsumen bisa mendapatkan gratis fogging disinfektan gratis. Setelah itu, konsumen dapat langsung melakukan pembelian disinfektan seharga Rp 20 ribu.

Air Purifier Penting untuk Sirkulasi Udara Bersih di Kabin Mobil

air purifier mobil
Cara agar mobil terhindar dari virus covid-19 salah satunya pakai air purifier

Selain pakai disinfektan, cara agar mobil terhindar dari virus covid-19 bisa dengan mengunakan air purifier. Tentu saja gunakan produk yang sudah terpercaya.

Terlebih sekarang ada jenis air purifier tertentu yang juga memiliki fungsi untuk secara aktif membunuh virus, bakteri, dan kuman yang ditangkapnya. Misalnya kalau terintegrasi dengan teknologi sinar UV atau plasma yang mampu mengurai patogen berbahaya.

Kalau pun fitur tersebut tidak dimiliki, sesungguhnya air purifier tetap memiliki filter yang memungkinkan patogen berbahaya yang tersaring dan mati dengan sendirinya. Jadi memang penggunaan alat ini sangat penting di dalam mobil.

“Hingga saat ini tidak ada air purifier apapun yang diklaim dapat memberantas virus Covid-19. Namun sebagaimana air purifier menyaring sifat virus lain dengan ukuran yang setara dengan virus corona,  air purifier merupakan solusi untuk membantu menghasilkan udara di dalam ruangan yang lebih sehat dan efektif mengurangi jumlah patogen berbahaya,” seperti dikutip dari laman Calmic Indonesia.

Beberapa mobil modern bahkan telah terintegrasi dengan air purifier. Sebut saja Daihatsu Xenia tipe tertinggi, Wuling Almaz RS, Honda Accord, dan lain-lain. Inilah cara agar mobil terhindar dari virus Covid-19 yang diberikan oleh pabrikan mobil.

Supaya Mobil Terhindar Dari Virus Covid-19

Cara bersihkan jok mobil 6
Vacum cleaner menjadi salah satu perangkat wajib untuk membersihkan interior mobil

Karena begitu pentingnya membersihkan kabin mobil dari bakteri dan virus. Berikut tips dari Wuling Indonesia bagaimana cara membersihkan kabin mobil kamu supaya bersih dan steril.

Baca juga  Tips Membawa Sepeda di Mobil Dengan Mudah dan Aman

Waktu Terbaik Membersihkan Mobil

Wuling mengatakan waktu terbaik untuk membersihkan kabin mobil adalah setelah digunakan. Ini juga jadi salah satu cara agar mobil terhindar dari virus Covid-19.

Supaya makin nyaman, membersihkan mobil juga dapat dilakukan sebelum bepergian, sehingga menghindari kuman atau bakteri yang bisa menempel pada supir atau penumpang. 

Gunakan Pembersih yang Tepat

Saat ini memang banyak cairan yang diklaim mampu membersihkan kabin, namun ada baiknya dicoba terlebih dahulu ke barang tak terpakai sebelum ke bagian kabin mobil.

Jika mengandung alkohol, pastikan dites terlebih dahulu apakah membuat kulit menjadi kering atau tidak.

Disarankan, untuk membersihkan interior mobil menggunakan sabun cair dengan kandungan Potential Hydrogen (PH) atau zat asam yang rendah, seperti halnya sabun bayi.

Perlu diketahui juga, ketika membersihkan jangan terlalu memberikan tekanan pada bagian tersebut, apalagi pada bahan yang rentan rusak dan material yang mudah berubah warna.

Langkah Kecil Tapi Penting

Selanjutnya, ada langkah-langkah penting lainnya untuk menjaga kebersihan kabin mobil kesayangan Anda:

1. Sediakan tempat sampah kecil yang tertutup di dalam kabin. 

2. Siapkan tisu basah yang bisa menjadi solusi untuk membersihkan noda di kabin mobil. 

3. Bersihkan alas kaki. Sebelum masuk kabin mobil baiknya diharuskan membersihkan alas kaki baik sepatu atau sandal. Sebab, kotoran yang menempel di alas kaki dari jalanan luar akan terbawa masuk ke dalam kabin. 

4. Pastikan tak ada barang bawaan tertinggal dalam kabin mobil dengan jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kotoran dari barang menempel pada jok mobil kamu.

4.Gunakan pengharum ruangan agar kabin mobil lebih segar dan nyaman setelah dibersihkan.

Demikian ulasan terkait cara agar mobil terhindar dari virus. Simak terus Moladin.com untuk update ulasan terbaru seputar otomotif. 

Terbaru