Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Riau Online Terbaru 2023, Via HP!

by Baghendra Lodra
cara cek pajak kendaraan riau

Kini sudah banyak cara cek pajak kendaraan Riau 2023 yang bisa kamu coba, baik secara offline dan online. Dengan demikian, para pemilik mobil dan motor akan sangat dimudahkan dalam mengetahui nominal biaya yang perlu dikeluarkan ketika membayar pajak kendaraannya. Khusus online, caranya cukup dari smartphone baik itu lewat SMS hingga website https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/.

Lalu proses pembayaran pajak mobil dan motor Riau pun dapat dilakukan tanpa perlu datang ke Samsat terdekat. Kini kamu bisa mengunduh lebih dulu aplikasi Signal atau Samsat Digital Nasional lewat smartphone. Kemudian ikutilah petunjuknya untuk bayar pajak kendaraan pelat BM via online 2023.

Mau tahu lebih detail soal cara cek dan bayar pajak kendaraan Riau terbaru dan cara bayarnya? Simak langkah-langkah yang bisa kamu ikuti berikut ini!

Apakah bisa cek pajak kendaraan RIAU tanpa nomor rangka?

Apakah bisa cek pajak kendaraan tanpa nomor rangka (1)

Kalau tidak tahu nomor rangka mobil dan motor plat BM kamu, langsung menuju Samsat untuk cek pajak kendaraannya

Sebagai salah satu syarat yang sering kali dibutuhkan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor seperti motor dan mobil penumpang, kamu tentu harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Hal ini berlaku secara online dan offline di mana pun, termasuk Riau.

Namun, ada beberapa kasus yang mana nomor rangka di kendaraan sudah rusak sehingga tidak terlihat jelas angka yang tampil. Lalu, apakah tetap bisa cek pajak kendaraan tanpa nomor rangka? Bisa, yaitu dengan cara mengunjungi kantor SAMSAT terdekat dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan, seperti STNK, KTP, BPKB, dan kendaraan untuk dilakukan cek fisik.

Kemudian, kamu akan diarahkan untuk mengunjungi kepolisian terdekat guna melakukan pengecekan. Tentu saja ini adalah kasus khusus di mana nomor rangka mobil atau motor kamu tidak lagi bisa terlihat

5 Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Terbaru 2023 Via Online, Bisa Bayar Juga!

cara cek pajak kendaraan riau - website

Cara cek pajak kendaraan di Riau yang termudah bisa kunjungi situs Bapenda Riau via online 2023

Ada lima cara untuk mengetahui besaran pajak tahunan kendaraan motor dan mobil di wilayah Riau 2023 yang bisa kamu lakukan via online. Semua pengecekan ini mudah kamu lakukan kapan dan di mana saja, karena hanya membutuhkan smartphone.

Kamu bisa memilih salah satu metode saja. Pastikan kamu sudah menyiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan agar proses pengecekan pajak kendaraan berjalan lebih cepat, khususnya nomor pelat BM dan nomor rangka mobil atau motor. Ini berlaku untuk wilayah Pekanbaru, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Meranti, Kuantang Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, hingga Dumai.

1. Kirim SMS dari Smartphone

Metode yang pertama, merupakan cara termudah untuk cek pajak kendaraan riau terbaru secara online 2023 yang bisa diterapkan tanpa harus membutuhkan kuota data dan internet, karena cuma butuh pulsa via SMS. Layanan ini disediakan oleh SAMSAT untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan wajib pajak dari mana saja. Tidak hanya di Riau, pengecekan melalui SMS ini bisa juga dilakukan untuk di daerah lain di Indonesia. 

Baca juga  Daftar Pajak Mobil Brio Terbaru 2023 Semua Tipe Lengkap

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Ketik Info[spasi]kode nomor polisi daerah/nomor seri/kombinasi huruf terakhir pada plat nomor[spasi]warna kendaraan. Contohnya : Info BM/4564/ZF Hitam
  2. Kirim ke 08112119211 
  3. Tunggu beberapa saat setelah SMS terkirim. 
  4. Kamu akan mendapatkan informasi identitas kendaraan beserta nominal pajak dan kode bayar yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran. 

Jika kamu ingin melakukan pembayaran melalui metode transfer, kamu perlu mendatangi kantor SAMSAT di wilayah Riau yang terdekat dengan lokasi kamu untuk mendapatkan tanda bukti pengesahan. Jangan lupa untuk membawa dan menyertakan bukti pembayaran untuk nantinya ditukarkan menjadi SKPP yang sah. 

2. Buka Website e-samsat Riau

cara cek pajak kendaraan riau online 2023

Tampilan pajak kendaraan kamu di website Bapenda Riau

Telah tersedia sebuah situs resmi dari Bapenda Riau untuk melihat tagihan pajak kendaraan motor dan mobil kamu. Ini hadir untuk membantu masyarakat agar lebih mudah melakukannya. Bila mau melakukan metode tersebut, ikuti tahapan berikut: 

  1. Kunjungi situs website Bapendar Riau https://e-samsat.id/riau/
  2. Masukkan kode plat nomor kendaraan sesuai kendaraan kamu
  3. Masukkan nomor plat kendaraan
  4. Masukkan nomor seri kendaraan 
  5. Ketikkan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan
  6. Pilih provinsi registrasi kendaraan
  7. Tekan tombol “Cek sekarang” dan tunggu beberapa saat
  8. Akan tampil informasi mengenai identitas kendaraan kamu secara lengkap beserta rincian tagihan pajak yang perlu kamu bayarkan. Rincian tersebut berisikan PKB, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, parkir berlangganan dan informasi terkait lainnya. 

Untuk sementara website ini belum menyediakan fitur untuk pembayaran tagihan pajak kendaraan bermotor. Kamu bisa menggunakan metode lain yang sekaligus menyediakan menu pembayaran secara online. 

3. Akses Website Bapenda Riau untuk Cek Pajak Kendaraan Online

Kamu juga bisa mengecek tagihan pajak kendaraan bermotor Riau 2023 melalui website online resmi Badan Pendapatan Daerah. Buat masuk ke sana, kamu cukup milik smartphone dengan akses internet, kemudian ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Kunjungi situs https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  2. Masukkan kode plat nomor kendaraan sesuai format
  3. Ketikkan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan
  4. Pilih tombol Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan
  5. Akan tampil identitas kendaraan lengkap beserta rincian tagihan pajak yang perlu kamu bayarkan. Rincian tersebut berisikan PKB, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, parkir berlangganan dan informasi terkait lainnya. 
Baca juga  Syarat Bayar Pajak Mobil Terbaru dan Cara Bayarnya Lengkap!

4. Cek dan Bayar pajak kendaraan bermotor melalui Aplikasi e-Samsat Riau

cara bayar dan cek pajak kendaraan riau online 2023

Aplikasi e-Samsat di RIau bisa cek dan bayar pajak kendaraan plat BM

Selanjutnya tersedia aplikasi untuk cek dan bayar pajak kendaraan bermotor Riau yang bisa diakses secara online melalui handphone kamu. Untuk metode satu ini, pastikan kalau kamu telah mengunduh aplikasi yang diperlukan dan terhubung dengan internet agar proses pengecekan berjalan lancar. Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Buka Play Store dan unduh aplikasi e-samsat Riau yang dibuat oleh aplikasi pengembang “Tim Pembina SAMSAT Riau”
  2. Buka aplikasi dan pilih menu “Cek pajak kendaraan Riau”
  3. Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan, contoh: BM1234AC
  4. Ketikkan 5 digit angka terakhir pada nomor mesin kendaraan 
  5. Tekan tombol “Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan”
  6. Tunggu beberapa saat hingga informasi identitas kendaraan akan tampil dengan estimasi biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo.
  7. Pembayaran pajak mobil dan motor pelat BM Bisa dilakukan di Bank Riau Kepri terdekat.

5. Aplikasi Signal dari Kepolisian Bisa Cek dan Bayar Pajak Mobil dan Motor Plat BM

cara bayar dan cek pajak kendaraan riau online 2023

Samsat nasional memiliki aplikasi bernama Signal untuk cek dan bayar pajak kendaraan

Selain menggunakan aplikasi resmi dari SAMSAT Riau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi SIGNAL atau SAMSAT Digital Nasional yang merupakan aplikasi untuk membayar pajak di seluruh wilayah di Indonesia secara online. Cek cara cek dan bayar pajak kendaraan bermotor Riau dari SIGNAL di bawah ini. 

  1. Unduh aplikasi SIGNAL-SAMSAT Digital Nasional di Play Store atau App Store
  2. Masuk ke aplikasi dan pilih menu pendaftaran
  3. Masukkan plat nomor kendaraan dan klik “Lanjut”
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman rincian tagihan pajak dengan identitas kendaraan
  5. Kemudian, kamu bisa tekan “Lanjut” dan “Lanjut Proses Pembayaran”
  6. Salin kode pembayaran dan lakukan pelunasan pada media yang mendukung pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. 
  7. Cek status pembayaran untuk mengetahui apakah proses pembayaran sudah selesai
  8. Jika selesai, kamu akan mendapatkan tanda bukti pembayaran yang sah

Pembayaran pajak mobil dan motor Riau 2023 lewat aplikasi Signal bisa dilakukan lewat transfer bank dan ATM. Di samping itu, kamu juga bisa bayar pajak kendaraan plat BM melalui e-commerce seperti Tokopedia. Cara bayar pajak kendaraan lewat Toko Pedia adalah sebagai berikut: 

  1. Pastikan telah memiliki kode bayar dari Aplikasi Signal
  2. Buka Aplikasi Tokopedia
  3. Pilih menu Tagihan & Top Up
  4. Pilih menu Signal
  5. Masukkan kode bayar pajak Riau dari Aplikasi Signal
  6. Klik tombol Cek Tagihan
  7. Rincian tagihan pajak kendaraan ditampilkan
  8. Pilih metode pembayaran pajak kendaraan Riau
  9. Lakukan pelunasan pembayaran pajak.
Baca juga  Bayar dan Cek Pajak Kendaraan Jogja 2023, Online Pakai HP!

Untuk saat ini memang masih tersedia beberapa metode saja yang membuka fitur pembayaran pajak kendaraan bermotor Riau secara online 2023, seperti aplikasi e-Samsat Riau dan SAMSAT Digital Nasional di atas. Tetapi adanya aplikasi dan situs untuk cek tagihan pajak bermotor bisa kamu gunakan untuk mengetahui besaran uang yang harus dikeluarkan, serta rincian lengkapnya. Setelah itu, kamu perlu mengunjungi kantor SAMSAT terdekat untuk melakukan pembayaran secara langsung.

Informasi Layanan SAMSAT di Riau yang Bisa Bayar Pajak Tahunan Mobil dan Motor Plat BM

syarat bayar pajak mobil

Bayar pajak kendaraan secara langsung di Samsat wilayah Riau juga masih bisa dilakukan

Di samping cara cek pajak kendaraan Riau online 2023, kamu juga bisa melakukannya via offline. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunjungi SAMSAT terdekat.

Berdasarkan informasi resmi dari BAPENDA Riau, SAMSAT Riau tersedia di hari Senin hingga Sabtu dengan jam pelayanan pukul 08.00-13.30 dengan jam istirahat pukul 12.00-13.30. Sedangkan untuk di hari Jumat jam pelayanan tersedia pukul 08.00-10.30. Untuk hari Sabtu, pelayanan tersedia hingga pukul 11 siang. Ada pula SAMSAT Keliling pada hari Minggu di Car Free Day Pekanbaru sejak pukul 9 pagi. Kamu bisa mengunjungi di waktu yang telah terlampir di atas untuk melakukan pembayaran secara langsung di SAMSAT Riau. 

Lokasi Samsat Terdekat di Riau

cara cek dan bayar pajak kendaraan riau 2023 lewat samsat

Selain online, bayar pajak kendaraan juga masih bisa di Samsat terdekat

Ini merupakan daftar lokasi alaman Samsat yang ada di Riau 2023 untuk bayar pajak tahunan dan 5 tahunan:

  • Samsat Pekanbaru Barat Jalan Mr. SM Amin, Simpang Baru, Tampan, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau
  • Samsat Pekanbaru Kota Simpang Empat, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau
  • Samsat Senapelan Jl. Senapelan No.128, Kp. Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau
  • Samsat Bangkinang Jl. Letnan Boyak No.74, Langgini, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.
  • Samsat Perawang Jalan Raya Minas Perawang, Tualang, Minas, Perawang Barat, Siak, Kabupaten Siak, Riau.
  • Samsat Kabupaten Pelalawan Jl. Pamong Praja, Pangkalan Kerinci Bar., Kec. Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.
  • Samsat Lubuk Dalam Rawang Kao, Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Riau
  • Samsat Kubang Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Samsat Siak Sungai Mempura, Mempura, Kabupaten Siak, Riau
  • Samsat Bengkalis Senggoro, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis, Riau
  • Samsat Rokan Hulu Pematang Berangan, Kec. Rambah, Kab. Rokan hulu, Riau

Kini kamu sudah mengerti bagaimana cara cek tagihan pajak kendaraan bermotor di Riau secara online yang paling terbaru 2023, serta offline. Pastikan kamu sudah melakukan wajib pajak agar denda yang didapatkan tidak menumpuk dan bahkan bisa terblokir. 

Itulah informasi yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform fintech otomotif terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika