Friday, December 9, 2022
Banner

Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Bisa Online, Tidak Sulit!

by Baghendra Lodra
cara cek pajak kendaraan riau

Kini sudah banyak cara cek pajak kendaraan di Riau yang bisa kamu coba, baik secara offline dan online. Dengan demikian, para pemilik mobil dan motor akan sangat dimudahkan dalam mengetahui nominal biaya yang perlu dikeluarkan ketika membayar pajak kendaraannya. Caranya bisa lewat SMS hingga website https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/.

Lalu proses pembayaran pajak mobil dan motor ini pun dapat dilakukan tanpa perlu datang ke Samsat terdekat. Kamu bisa mengunduh lebih dulu aplikasi Signal lewat smartphone. Kemudian ikutilah petunjuknya untuk bayar pajak kendaraan via online.

Mau tahu lebih detail soal cara cek pajak kendaraan Riau dan cara bayarnya? Simak langkah-langkah yang bisa kamu ikuti berikut ini!

Apakah bisa cek pajak kendaraan tanpa nomor rangka?

Apakah bisa cek pajak kendaraan tanpa nomor rangka (1)

Kalau kamu tidak tahu nomor rangka mobil dan motor, bisa langsung menuju Samsat untuk cek pajak kendaraannya

Sebagai salah satu syarat yang sering kali dibutuhkan untuk mengurus pajak kendaraan bermotor seperti motor dan mobil penumpang, kamu tentu harus mengetahui nomor rangka kendaraan kamu. Namun, ada beberapa kasus yang mana nomor rangka di kendaraan sudah rusak sehingga tidak terlihat jelas angka yang tampil.

Lalu, apakah bisa cek pajak kendaraan tanpa nomor rangka? Bisa, yaitu dengan cara mengunjungi kantor SAMSAT terdekat dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan, seperti STNK, KTP, BPKB, dan kendaraan untuk dilakukan cek fisik. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk mengunjungi kepolisian terdekat guna melakukan pengecekan. 

Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Terbaru – 2022

cara cek pajak kendaraan riau - website

Cara cek pajak kendaraan di Riau yang termudah bisa kunjungi situs https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

Ada empat cara cek pajak kendaraan motor dan mobil di wilayah Riau yang akan kami bahas pada penjelasan berikut. Kamu bisa memilih salah satu metode saja untuk melakukan pengecekan, ya. Pastikan kamu sudah menyiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan agar proses bisa berjalan lebih cepat. 

Cara cek pajak kendaraan bermotor Riau melalui SMS

Metode yang pertama merupakan cara termudah yang bisa diterapkan tanpa harus membutuhkan kuota data dan internet. Layanan ini disediakan oleh SAMSAT untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan wajib pajak dari mana saja. Tidak hanya di Riau, pengecekan melalui SMS ini bisa juga dilakukan untuk di daerah lain di Indonesia. 

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Ketik Info[spasi]kode nomor polisi daerah/nomor seri/kombinasi huruf terakhir pada plat nomor[spasi]warna kendaraan. Contohnya : Info BM/4564/ZF Hitam
  2. Kirim ke 08112119211 
  3. Tunggu beberapa saat setelah SMS terkirim. 
  4. Kamu akan mendapatkan informasi identitas kendaraan beserta nominal pajak dan kode bayar yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran. 

Jika kamu ingin melakukan pembayaran melalui metode transfer, kamu perlu mendatangi kantor SAMSAT terdekat untuk mendapatkan tanda bukti pengesahan. Jangan lupa untuk membawa dan menyertakan bukti pembayaran untuk nantinya ditukarkan menjadi SKPP yang sah. 

Baca juga  Bayar Pajak di Aplikasi Signal Samsat, ada Biaya Tambahan?

Cara cek pajak kendaraan bermotor Riau melalui e-samsat

Telah tersedia sebuah situs untuk melihat tagihan pajak kendaraan motor dan mobil yang membantu masyarakat agar lebih mudah melakukannya. Untuk melakukan metode ini, ikuti tahapan berikut: 

  1. Kunjungi situs website https://e-samsat.id/riau/
  2. Masukkan kode plat nomor kendaraan sesuai kendaraan kamu
  3. Masukkan nomor plat kendaraan
  4. Masukkan nomor seri kendaraan 
  5. Ketikkan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan
  6. Pilih provinsi registrasi kendaraan
  7. Tekan tombol “Cek sekarang” dan tunggu beberapa saat
  8. Akan tampil informasi mengenai identitas kendaraan kamu secara lengkap beserta rincian tagihan pajak yang perlu kamu bayarkan. Rincian tersebut berisikan PKB, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, parkir berlangganan dan informasi terkait lainnya. 

Untuk sementara website ini belum menyediakan fitur untuk pembayaran tagihan pajak kendaraan bermotor. Kamu bisa menggunakan metode lain yang sekaligus menyediakan menu pembayaran secara online. 

Cara cek pajak kendaraan bermotor Riau melalui Website Resmi

Kamu juga bisa mengecek tagihan pajak kendaraan bermotor Riau melalui website resmi Badan Pendapatan Daerah. Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Kunjungi situs https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  2. Masukkan kode plat nomor kendaraan sesuai format
  3. Ketikkan 5 digit angka terakhir dari nomor rangka kendaraan
  4. Pilih tombol Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan
  5. Akan tampil identitas kendaraan lengkap beserta rincian tagihan pajak yang perlu kamu bayarkan. Rincian tersebut berisikan PKB, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, parkir berlangganan dan informasi terkait lainnya. 

Cara cek pajak kendaraan bermotor melalui Aplikasi e-Samsat Riau

cara cek pajak kendaraan riau - aplikasi signal

Lewat aplikasi Signal, kamu juga bisa bayar pajak kendaraan baik mobil dan motor

Selanjutnya tersedia aplikasi untuk cek pajak kendaraan bermotor Riau yang bisa diakses secara online melalui handphone kamu. Untuk metode satu ini, pastikan kalau kamu telah mengunduh aplikasi yang diperlukan dan terhubung dengan internet agar proses pengecekan berjalan lancar. Yuk, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Buka Play Store dan unduh aplikasi e-samsat Riau yang dibuat oleh aplikasi pengembang “Tim Pembina SAMSAT Riau”
  2. Buka aplikasi dan pilih menu “Cek pajak kendaraan Riau”
  3. Masukkan nomor polisi atau plat nomor kendaraan, contoh: BM1234AC
  4. Ketikkan 5 digit angka terakhir pada nomor mesin kendaraan 
  5. Tekan tombol “Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan”
  6. Tunggu beberapa saat hingga informasi identitas kendaraan akan tampil dengan estimasi biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo.

Selain menggunakan aplikasi resmi dari SAMSAT Riau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi SIGNAL atau SAMSAT Digital Nasional yang merupakan aplikasi untuk membayar pajak di seluruh wilayah di Indonesia secara online. Cek cara cek dan bayar pajak kendaraan bermotor Riau dari SIGNAL di bawah ini. 

  1. Unduh aplikasi SIGNAL-SAMSAT Digital Nasional di Play Store atau App Store
  2. Masuk ke aplikasi dan pilih menu pendaftaran
  3. Masukkan plat nomor kendaraan dan klik “Lanjut”
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman rincian tagihan pajak dengan identitas kendaraan
  5. Kemudian, kamu bisa tekan “Lanjut” dan “Lanjut Proses Pembayaran”
  6. Salin kode pembayaran dan lakukan pelunasan pada media yang mendukung pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. 
  7. Cek status pembayaran untuk mengetahui apakah proses pembayaran sudah selesai
  8. Jika selesai, kamu akan mendapatkan tanda bukti pembayaran yang sah

Untuk saat ini memang masih tersedia beberapa metode saja yang membuka fitur pembayaran pajak kendaraan bermotor Riau secara online, seperti aplikasi SAMSAT Digital Nasional di atas. Tetapi adanya aplikasi dan situs untuk cek tagihan pajak bermotor bisa kamu gunakan untuk mengetahui besaran tagihan serta rincian lengkapnya. Setelah itu, kamu perlu mengunjungi kantor SAMSAT terdekat untuk melakukan pembayaran secara langsung.

Informasi Layanan SAMSAT Riau

syarat bayar pajak mobil

Bayar pajak kendaraan secara langsung di Samsat wilayah Riau juga masih bisa dilakukan

Berdasarkan informasi resmi dari BAPENDA Riau, SAMSAT Riau tersedia di hari Senin hingga Sabtu dengan jam pelayanan pukul 08.00-13.30 dengan jam istirahat pukul 12.00-13.30. Sedangkan untuk di hari Jumat jam pelayanan tersedia pukul 08.00-10.30. Untuk hari Sabtu, pelayanan tersedia hingga pukul 11 siang. Ada pula SAMSAT Keliling pada hari Minggu di Car Free Day Pekanbaru sejak pukul 9 pagi. Kamu bisa mengunjungi di waktu yang telah terlamoir di atas untuk melakukan pembayaran secara langsung di SAMSAT Riau. 

Kini kamu sudah mengerti bagaimana cara cek tagihan pajak kendaraan bermotor di Riau secara online yang paling terbaru. Pastikan kamu sudah melakukan wajib pajak agar denda yang didapatkan tidak menumpuk dan bahkan bisa terblokir. 

Itulah informasi yang bisa kami bagi pada artikel kali ini. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel terkait otomotif lainnya, cek kumpulan informasi terbaru yang ada di Blog Moladin. Tidak hanya sebagai platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia, Moladin juga memiliki mobil berkualitas premium dengan garansi lengkap. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika