by

Begini Cara Melepas Stiker Motor yang Mudah dan Ampuh

-Tips & Trik-344 views

Salah satu hal menarik yang terdapat pada motor dan menjadi tampilan  utama adalah bagian stiker yang menghiasi bodi. Selain bodi yang secara umum memberikan kesan tertentu, stiker akan menambah tampilan motor secara visual. Itulah kenapa beberapa pabrikan menggunakan stiker yang unik dan mudah dikenali.

Saat kamu melakukan modifikasi motor, bodi akan diganti dengan kerangka baru dan ditempeli dengan stiker. Kalau pun bodi tidak diganti, beberapa bagian kerangka akan dipasang stiker khusus atau dicat dengan warna tertentu.

Meski stiker pada motor bisa memberikan efek visual yang lebih baik, setelah menempel semua akan sulit dilepas. Apalagi kamu sudah bosan dan ingin mengubah desain luar dari motor agar lebih gaya dan menarik. Berikut beberapa cara melepas stiker motor.

 

Siapkan Semua Perlengkapan

alat lepas stiker

Sebelum melepaskan stiker pada bodi motor, ada baiknya untuk mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. kamu jangan hanya menggunakan pisau atau sejenisnya untuk mencongkel stiker karena akan sulit lepas dan merusak bodi dari motor yang kamu miliki.

Beberapa alat atau perlengkapan yang harus disiapkan terdiri dari cairan WD-40 atau bensin sebagai alternatif. Selanjutnya gunakan hair dryer untuk memanaskan bagian stiker, kain lap, air, cairan untuk memoles bodi, dan kanebo atau spon untuk membantu membersihkan cairan.

 

[product product=”SM Sport V16″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/smsport/SMSport_V_16_26960_89486_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/smsport/sm-sport-v16-250cc-2019-cruiser-manual-injeksi-5d762ce47b020″ price=”Rp. 1.735.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  Tersisa Tiga Seri, Quartararo Kunci Gelar Rookie of The Year

 

Menyemprotkan Cairan WD-40

Cara Membersihkan Bekas Sriker Motor Dengan WD

Setelah semua alat yang dibutuhkan kamu sediakan, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menyemprotkan cairan WD-40. Penyemprotan ini dilakukan untuk membuat stiker mudah terkelupas. Cairan bisa didapatkan pada toko atau tempat servis motor terdekat dari rumah kamu.

Kalau cairan WD-40 sulit ditemukan di sekitar kamu, lebih baik menggunakan bensin. kamu bisa mengambilnya dari kendaraan atau beli secara eceran. Dua bahan ini bisa disemprotkan atau dioleskan pada bagian stiker yang ingin dilepas. Saat melakukan penyemprotan jangan sampai tercecer ke mana-mana karena dikhawatirkan bisa merusak bagian bodi yang lain.

 

Memanaskan Bagian Bodi yang Ada Stikernya

Panaskan Bagian Stiker Motor

Setelah cairan disemprotkan secara merata ke bagian stiker yang sudah tidak terpakai lagi, lakukan pemanasan. kamu bisa menggunakan hair dryer untuk melakukannya. Setelah melakukan itu tunggu sampai stiker mulai bereaksi seperti mulai mengkerut dari bentuk awalnya.

Kalau kamu tidak memiliki hair dryer di rumah, ada baiknya menggunakan korek api untuk memberikan efek panas. Kalau menggunakan korek ada baiknya hati-hati mengingat kendaraan berisi bensin. Lap dengan bersih agar tidak ada sisa bahan bakar yang bisa tersulut dan menyala kalau terkena korek. Cara melepas stiker motor ini harus diperhatikan baik-baik.

 

Lakukan Pengelupasan Perlahan-lahan

Lepas Secara Perlahan

Kalau bagian dari stiker sudah mulai mengalami pengelupasan, ada baiknya untuk dilepaskan perlahan-lahan. kamu bisa menggunakan tangan atau alat bantu seperti pisau kecil. Saat menggunakan pisau lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu memaksakan diri agar stiker segera lepas.

Baca juga  4 Motor Vespa Matic Pas Buat Macet-Macetan di Jakarta

Kalau ada bagian dari stiker yang sedikit sulit untuk dilepaskan, ada baiknya untuk mengulangi langkah pada nomor tiga. Lakukan pemanasan lagi di bagan stiker setelah sebelumnya diberi cairan WD-40 atau bensin. Lakukan berkali-kali agar pelepasan stiker tidak menyulitkan dan merusak bodi motor.

 

[product product=”Viar Vintech 200″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/viar/Viar_Vintech_200_20022_78228_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/viar/viar-vintech-200″ price=”Rp. 1.047.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Bersihkan Sisa Lem yang Masih Menempel

Bersihkan Bekas Noda Stiker

Setelah semua stiker yang ada di bodi motor terlepas plastiknya, cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan membersihkan lem. Ada banyak lem yang kemungkinan masih menempel dan agak sulit dilepaskan dengan tangan. Kalau sampai hal ini terjadi ada baiknya menggunakan bensin.

Cairan bahan bakar itu akan membuat lem yang menempel mudah sekali dibersihkan. Oleskan cairan bensin ke beberapa bagian yang masih memiliki lem stiker. Selanjutnya agak tekan dan bersihkan perlahan-lahan Lakukan berkali-kali sampai lemnya terlepas semuanya.

 

Gunakan Lap untuk Mengangkat Sisa Lem

Lap Motor

kamu bisa menggunakan lap yang lembut untuk membersihkan sisa lem pada bodi. Lap bisa digunakan dengan memberikan tekanan lalu digesek. Pilih bahan lap yang lembut agar saat pembersihkan tidak terjadi kerusakan pada bodi motor.

Baca juga  Custom Kawasaki Pulsar NS 200, Street Fighter Banget!

 

Bersihkan Bodi yang Sudah Tidak Berstiker

Bersihkan body bekas sisa lem

Setelah semua bodi motor bersih dari stiker dan juga lem untuk menempelkannya, lakukan pembersihan bodi. kamu bisa mengelapnya dengan air sampai bersih. Selanjutnya berikan semacam cairan yang membuat bodi motor kembali mengkilap.

Cara terakhir ini opsional saja. Kalau memang bodi sudah terlihat bersih dan tidak butuh cairan untuk mengkilapkan bodi, kamu bisa melewatinya.

Inilah beberapa cara melepas stiker motor yang mudah dan ampuh. Dengan menggunakan beberapa cara atau langkah di atas, proses pelepasan bisa berjalan dengan lebih lancar. kamu juga tidak akan merusak bodi dari mesin karena salah saat melepaskan stiker.

Kalau kamu tidak ingin mengalami kesulitan dalam hal melepaskan stiker dari motor, lebih baik dipikirkan dahulu sebelum memasangnya. Atau kalau ingin memasangnya, gunakan bahan stiker yang benar-benar mudah dilepas. Selamat mencoba di rumah!

 

Baca Juga : 

Terbaru