Wednesday, February 8, 2023
Banner

Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil yang Menguning dan Kusam

by Deni Ferlindungan
Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil

Setiap pemilik kendaraan wajib mengetahui cara membersihkan lampu depan mobil. Mengingat semakin menuanya kendaraan, biasanya membuat kualitas lampu jadi terlihat kusam, baret dan juga menguning. Alat yang dibutuhkan pun sederhana, bahkan bisa pakai pasta gigi.

Tentunya jika ini terjadi pada kendaraan kalian, dapat mengakibatkan cahaya yang keluar jadi tidak maksimal. Saat hal ini terjadi pada kendaraan kalian, sejatinya bisa ditangani secara mandiri.

Pasalnya cara membersihkan reflektor lampu mobil sangatlah mudah, dan kalian bisa bersihkan sendiri di rumah. Dengan begitu, kalian tidak perlu merogoh biaya yang besar hanya untuk sekadar menjaga sistem pencahayaan mobil kembali bersih.

Nah berdasarkan laman Youtube Moladin yang dipandu host Fikri dan Tigor, setidaknya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membersihkan reflektor lampu mobil yang menguning serta kusam? Berikut ulasan lengkapnya.

Alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Kaca Lampu Mobil, Bisa Pakai Pasta Gigi

Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil

Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan, jadi bagian cara membersihkan reflektor lampu mobil

Ada tahapan atau cara membersihkan lampu depan mobil yang perlu kalian ketahui. Mulai dari menyiapkan perlengkapan, proses pembersihan, menghilangkan bekas baret, dan sejumlah hal lainnya.

Untuk itu, kalian perlu mengetahui proses membersihkan reflektor mobil dengan tepat. Agar apa yang kalian kerjakan mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan terkait cara membersihkan reflektor lampu mobil adalah kalian wajib untuk mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya:

1. Amplas halus berukuran 2.000 dan sanding pad

Amplas halus berfungsi menggosok dasar lampu agar kotoran-kotoran terluar yang ada di dasar lampu terkikis. Amplas halus berukuran 2000 sendiri terbilang terjangkau harganya di pasaran, berkisar Rp 5 – 8 ribu perlembar.

Baca juga  Ketahui Fungsi Power Steering dan Cara Merawatnya

Sedangkan sanding pad berfungsi sebagai alas amplas, karena sifatnya yang elastis mengikuti lekuk objek.

2. Ivory rubbing compound

Berikutnya adalah ivory rubbing compound yang berfungsi sebagai zat pembersih, karena memiliki sifat mengikis. Compound jenis ini berukuran kecil, seperti bedak yang mudah dikantongi. Harganya juga terbilang terjangkau hanya Rp 8 – 10 ribuan.

3. Aplikator sponge / busa poles

Agar lebih aman sebaiknya gunakan busa poles yang memang diperuntukan untuk menggosok mobil.

4. Headlamp Polish

Sama seperti compound, head lamp polish juga memiliki sifat mengikis. cairan jenis ini mudah ditemui di marketplace-market place dengan harga mulai Rp 30 ribuan.

5. Pasta Gigi

Berikutnya adalah pasta gigi yang bisa menjadi optional terakhir atau pilihan di kala darurat. Sama dengan kedua jenis produk pembersih di atas, pasta gigi juga punya sifat mengikis. Maka dari itu bisa dikatakan pasta gigi ampuh membersihkan noda kuning di mobil.

Namun kekurangannya adalah sedikit kurang maksimal dan membuat lengket jika tidak dicuci bersih permukaan yang dipoles. Selanjutnya kamu juga perlu menyiapkan air untuk membilas.

Tahap Pengerjaan Lampu Depan Mobil yang Kusam

Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil

Membahas mengenai cara membersihkan lampu depan mobil yang menguning dan kusam selanjutnya. Kamu bisa memulai prosesnya dengan mencuci mika dengan air bersih. Tujuannya agar kotoran-kotoran seperti debu dan pasir hilang.

Selanjutnya bilas hingga bersih dam lap kering permukaan lampu mobil. Setelah kering, kamu bisa melanjutkan proses pembersihan lampu dengan mengamplas terlebih dahulu kaca lampu mobil hingga merata. Proses pengamplasan bertujuan agar noda-noda di dasar lampu terkikis.

Selanjutnya pilih satu zat pemberish yang kalian inginkan, misalnya odol, cairan headlamp polish atau compound.

Baca juga  10 Tips Penting Saat Membeli Mobil Bekas

Gosok secukupnya secara merata, dan bilas hingga bersih dan kering. Jika dirasa masih kurang ulangi sekali lagi hingga permukaan kaca sampai benar-benar bening.

Jika sudah mongering, kalian bisa gosok kembali permukaan mika, agar lebih halus dan bening seperti semula. Kalau kondisi mika masih mulus, maka bisa dipastikan kondisinya akan seperti baru.

Langkah Pembersihan Kaca Lampu Mobil Itu Bisa Juga untuk Menghilangkan Baret di Bodi Mobil

Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil

Bodi mobil yang baret juga bisa dipoles dengan pasta gigi

Pada mobil yang sudah berumur, biasanya kerap ditemui bekas baret atau goresan alus yang tentunya mengganggu tampilan.  Cara membersihkan lampu depan mobil yang terkena baret, kalian juga bisa menggunakan amplas 2000 tersebut untuk menghilangkan baret.

Cara pengerjaannya fokus ke objek yang baret, dan mulai lakukan pengamplasan. Selanjuntya gosjok menggunakan compound hingga kira-kira baret tersebut sudah terkikis. 

Supaya permukaan cat bodi mobil tidak tergores amplas, sebaiknya kalian bisa menutupi sekitar lampu dengan menggunakan solasi.

Proses Akhir Membersihkan Reflektor Lampu Mobil

Proses akhir membersihkan reflektor lampu mobil

Proses akhir membersihkan reflektor lampu mobil

Setelah mengetahui sejumlah cara membersihkan lampu depan mobil yang kusam dan menguning dengan langkah-langkah di atas. Selanjutnya kalian perlu mengecek kondisi mika lampu mobil.

Lakukan pengecekan secara detail, dan pastikan seluruh kotoran, maupun goresan dan noda kuning sudah bersih di mika lampu mobil kalian. Apabila dirasa kurang puas pada saat pengecekan, kamu bisa menyalakan lampu mobil, dan mengatur arah sorotan cahaya.

Contohnya kamu bisa mengarahkan ke dinding, ataupun ke permukaan yang datar lainnya. Bila dirasa kurang bersih, kamu bisa membersihkan ulang kaca lampu mobil hingga dirasa sudah benar-benar bersih.

Lampu Kurang Terang Bisa Disebabkan Reflektor Rusak

Cara Membersihkan Lampu Depan Mobil

Lampu reflektor kurang terang? Begini cara mengatasinya

Setelah mengetahui cara membersihkan reflektor lampu mobil, alangkah baiknya kalian juga mengetahui penyebab lampu mobil kurang terang atau sebaran cahayanya melemah.

Baca juga  Syarat, Lokasi, dan Jam Buka Samsat Drive Thru

Tentunya kondisi ini akan menyulitkan pengemudi ketika membaca medan jalan, khususnya saat berkendara di malam hari. Lebih repot lagi, melesat malam dibarengi hujan lebat. Mata pun terpaksa harus melotot bikin cepat lelah.

Menurunnya pencahayaan lampu mobil kalian mungkin bisa disebabkan terjadi kerusakan pada reflektor lantaran faktor panas pada lampu. Kalau sudah rusak begitu, permukaannya seperti terbakar api, melepuh, tergores, dan bahkan terkelupas.

Tentunya hal ini dapat membahayakan saat kalian mengemudi, terlebih untuk mobil yang sudah di modifikasi ceper dan menggunakan pelek berukuran lebar. Ban bisa pecah atau pelek lecet, karena menabrak benda keras akibat pandangan kurang maksimal.

Sebenarnya ada trik simpel menangani kondisi seperti itu, namun hanya bersifat sementara. Caranya, bongkar lampu yang sinarnya kurang terang tadi berikut kaca mika sampai tampak bagian dalamnya (batok).

Gunakan aluminium foil yang permukaannya mirip dengan krom untuk mendongkrak pantulan sinar. Bahan itu bisa kalian temui di sejumlah swalayan terdekat dari rumah kalian.

Lalu gunting sesuai dengan bidang yang rusak pada batok lampu. Lebih bagus lagi, jika bahan aluminium itu seperti stiker. Tempelkan aluminium pada bagian yang rusak.

Usahakan sambungannya benar-benar rapi, agar sinarnya juga optimal (tak bisa mendekati 100 persen seperti aslinya). Jika sudah selesai, kalian bisa pasang kembali lampu mobil kalian.

Langkah ini paling mudah dan murah ketimbang harus membeli reflektor. Hanya, sekali lagi, kondisi ini tidak tahan lama (sifatnya sementara).

Semoga informasi mengenai cara membersihkan lampu depan mobil yang menguning dan kusam ini dapat bermanfaat untuk kalian. Tak lupa, selalu rawat kendaraan secara rutin agar kondisi berkendara kamu tetap dalam kondisi nyaman dan aman. (Revisit : Tigor Sihombing)

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika