by

Cara Membuka dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Ketika aki mulai soak atau rusak, menggantinya bisa dilakukan secara mandiri. Asalkan kalian mengetahui cara membuka aki mobil dan memasangnya kembali dengan tepat.

Proses bongkar pasang aki mobil memang terkesan mudah, dan mungkin bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Langkahnya cuma melepas kabel kutub negatif dan juga positifnya, lalu keluarkan aki dan ganti dengan yang baru.

Meskipun terlihat sepele, namun cara membuka aki mobil dan memasang akumulator atau aki jangan dianggap enteng. Pasalnya, jika terjadi kesalahan dapat berakibat fatal untuk kendaraan.

Nah, efek paling sering terjadi karena salah memasang aki adalah terjadi korsleting. Bila hal tersebut kejadian, maka menyebabkan sejumlah komponen mengalami kerusakan. Efeknya tentu kamu harus melakukan banyak penggantian komponen, sehingga menguras uang di kantong.

Jangan sampai hal ini menimpa kalian dan mobil kesayangan ya! Untuk lebih jelasnya dan tidak salah, sebaiknya kalian simak cara membuka aki mobil dan memasangnya dengan benar berikut ini:

Ikuti 5 Cara Membuka Aki Mobil yang Benar dan Memasangnya Kembali

Cara membuka aki mobil dengan benar
Cara membuka aki mobil dengan benar

Membahas lebih mendalam mengenai cara membuka aki mobil, prosesnya bisa dikatakan susah-susah gampang. Mudah memang, tapi membutuhkan ketelitian kalian.

Sebelum jauh membahas mengenai cara bongkar-pasang aki, sebaiknya kamu juga mengetahui apa itu yang merupakan komponen vital sebuah kendaraan.

Aki merupakan komponen yang bertugas sebagai cadangan listrik utama yang bekerja memenuhi semua kelistrikan di mobil. Ketika aki mengalami masalah, tentunya akan sangat menghambat kinerja kendaraan.

Ketika aki mobil mengalami kendala, biasanya menimbulkan beberapa masalah. Contohnya kualitas AC menurun, lalu performa yang tidak prima, hingga mesin yang tidak stabil bahkan bisa menyebabkan mogok.

Seluruh masalah kelistrikan di atas, dapat diatasi dengan mengganti aki mobil lama dengan yang baru. Cara membuka aki mobil sejatinya ada tiga tahapan yang perlu dilakukan, mulai dari melepas aki lama, proses pembersihan karat, hingga memasang kembali aki yang baru.

Baca juga  Berapa Lama STNK Keluar dari Dealer? Ini Jawabanya

Adapun tahapan cara membuka aki mobil lama dan menggantinya dengan yang baru antara lain sebagai berikut:

1. Cara Melepas Aki Lama yang Benar

Cek kelistrikan mobil, karena berpotensi membuat mobil mati
Aki mobil berpotensi menyebabkan kendaraan mogok

Cara membuka aki mobil yang benar, pertama-tama adalah buka kap mesin terlebih dulu. Tekniknya tidak sulit, biasanya cukup tekan atau tarik tombol yang ada di kabin mobil area pengemudi bagian bawah.

Setelah kap mesin terbuka, angkat dan pasang pengaitnya agar tidak jatuh secara tiba-tiba yang bisa mengakibatkan celaka. Kemudian kamu perlu cari posisi aki serta siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melepas aki mobil.

Tidak banyak peralatan melepas aki mobil, antara lain obeng minus, tang, kunci pas nomor 10 dan 12. Setelah semua peralatan siap, kamu bisa masuk ke langkah selanjuntya.

2. Perhatikan Bagian Kutub Negatif 

aki kering cara merawat aki basah
kutub negatif aki ditandai dengan kabel berwarna hitam

Langkah berikutnya terkait cara membuka aki mobil, kamu bisa melepas kabel kutub negatif dan positif dengan benar. Supaya lebih aman, lepaskan kabel, baut, dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu.

Ciri kabel kutub negatif biasanya berwarna hitam dan memiliki logo minus. Kamu harus perhatikan baik-baik dan selalu ingat, bahwa kabel negatif perlu dicopot lebih dulu.

Teknik membukanya pun tidak sulit, cukup siapkan kunci pas 10 atau 12, tergantung kebutuhan. Jika sulit, coba pakai tang. Ingat, jangan sampai memaksakan ketika membuat baut, lakukanlah perlahan saja agar ulir baut tidak slek atau rusak.

Pertanyaannya mengapa harus dilakukan dari kabel negatif dahulu? Sebagai informasi, jika kamu melepas kabel bagian positif terlebih dulu, bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek listrik alias ‘nyetrum’.

Bisa saja hal ini membuat alat kerja yang kalian gunakan jadi jatuh ke terminal positif atau benda lainnya. Ujung-ujungnya bisa terjadi korsleting listrik.

Baca juga  Cara Menghilangkan Bau Mobil Baru yang Murah Meriah

Sedangkan jika mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka dengan sendirinya akan memutuskan hubungan arus listrik pada bodi mobil. Apabila terdapat benda logam ataupun benda lainnya jatuh pada kedua terminal, tidak berpotensi mengalami masalah seperti korsleting.

3. Lepaskan Bagian Kutub Positif

kutub positif aki mobil
Kutub positif aki mobil ditandai dengan warna merah

Cara melepaskan kabel kutub positif aki mobil, sama seperti yang negatif. Kamu bisa ketahui ciri kabel positif aki ditandai dengan warna merah dan ada tanda plus. Lepaskan kabel tersebut dengan menggunakan kunci pas 10 atau kunci pas 12, tergantung yang dibutuhkan.

Ingat pula untuk membukanya secara perlahan, jangan sampai baut-bautnya slek atau rusak. Kalau memang keras, boleh pula semprotkan cairan penetran agar lebih mudah membuka kutub positif aki mobil.

4. Pembersihan Bagian yang Berkarat

cara memperbaiki aki kering
Aki yang tekor dapat merusak komponen kendaraan

Kalau dilihat memang sangatlah mudah cara membuka aki mobil, apalagi jika kamu punya peralatan serta kunci-kunci yang lengkap. Salah satu hal penting adalah perhatikan dengan jelas dan pastikan bahwa seluruh kabel dan klem terlepas. Baru setelah itu kamu bisa angkat aki secara tegak lurus. Karena jika kamu masih menggunakan aki basah, agar cairan tidak tumpah.

Setelah aki terlepas, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan pada kabel dan juga klem aki. Jika dirasa sudah berkarat, kamu bisa membersihkannya menggunakan cairan anti karat.

Membersihkannya pun bisa dengan cara menggosokan bagian yang kotor. Karat dan berbagai kotoran yang menempel pada klem dan ujung kabel akan menjadi isolator atau penghalang masuknya aliran listrik. Kalau sudah tidak bisa dipakai atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca juga  5 Manfaat Oli Bekas Untuk Digunakan Sehari-Hari

5. Pasang Aki Baru Dengan Tepat

perbedaan aki kering dan basah
Aki kering biasa memiliki boks berwarna gelap (gambar kiri). Sementara aki basah dibungkus dengan boks transparan (gambar kanan)

Langkah terakhir yang penting untuk kalian ketahui adalah cara memasang aki baru. Step ini perlu dilakukan dengan benar, lho!

Caranya kamu bisa meletakkan aki pada posisi dudukannya dengan tegak lurus. Dilanjutkan kamu bisa pasang kabel positifnya terlebih dulu, baru kemudian dilanjutkan dengan memasang kabel negatif.

Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya percikan api pada kutub positif. Kamu juga perlu teliti untuk memastikan semua kabel dan klem sudah terkunci sempurna.

Setelah itu coba nyalakan mesin mobil, bila semua berjalan baik. Maka kamu bisa menutup kap mobil dan melanjutkan perjalanan.

Gimana sekarang sudah tahukan segala proses cara membuka aki mobil? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba!

Selain itu kamu juga harus memperhatikan untuk merawat aki supaya umurnya bisa panjang. Kalau dirawat, aki bisa tahan hingga 2-3 tahun. Cara merawat aki mulai dari sering memanaskan mobil, minimal 2 minggu sekali. Lalu kalau pakai aki basah, air aki perlu juga diisi ulang.

Lalu untuk aki kering, tidak perlu diisi ulang. Aki jenis ini lebih minim perawatan, cocok sekali buat kamu yang tidak terlalu rajin merawat mobil. Hanya saja, harga aki kering relatif lebih mahal dibanding aki basah.

Baca juga:

Terbaru