by

Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok, Mau Coba?

Cara memperbaiki bodi mobil penyok ringan bisa dilakukan di rumah sendiri. Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang mudah didapatkan dan harganya tidak mahal.

Penyebab penyok pada mobil beragam, bisa disebabkan karena kurang hati-hati saat memarkir mobil, kejatuhan benda, atau bersenggolan dengan pengendara lain dengan intensitas ringan.

Bodi mobil merupakan faktor pendukung utama tampilan sebuah mobil. Nah, jika ada penyok maka tentu saja akan merusak estetika keindahan sebuah mobil.

Saat bodi mobil penyok umumnya pemilik langsung akan membawanya ke bengkel. Tentu saja ongkos perbaikan di bengkel tidak murah, dihitung perpanel dan harganya dikisaran Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribuan.

Padahal jika penyoknya tergolong ringan, ada cara memperbaiki bodi mobil penyok yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Meski harus mempersiapkan beberapa alat, namun alat tersebut tidak mahal dan mudah didapatkan di toko online atau toko perkakas mobil terdekat.

Memperbaiki bodi mobil penyok secara mandiri di rumah

cara memperbaiki bodi mobil penyok
Menggunakan air panas

Ada beberapa cara memperbaiki bodi mobil penyok di rumah dengan peralatan yang mudah didapatkan serta harga yang terjangkau.

  • Menggunakan air panas

Cara memperbaiki bodi mobil penyok yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan air panas. Cara ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, namun beberapa pimilik mobil juga banyak yang belum mempraktekannya.

Adalah terlenih dahulu menyiapkan air panas, disarankan menggunakan air panas yang mendidih dan bukan air panas dari dispenser. Kemudian tempatkan air panas tersebut di dalam teko  serta siapkan juga kain bersih.

Baca juga  Fungsi Kunci Ring dan Kunci Pas, Begini Cara Menggunakannya

Setelah semua disiapkan, siramkan air panas dari teko tersebut secara perlahan dibagian bodi mobil yang penyok secara merata dan bertahap. Kemudian tekan dari dalam bagian yang penyok tersebut dengan menggunakan kain yang sudah disediakan.

Tekan secara perlahan dan jangan terlalu keras, sebab jika terlalu keras menekan bisa jadi bodi mobil akan berubah bentuk dari aslinya dan bahkan efek terburuknya bisa pecah.

Oh ya, sebagai catatan. Cara memperbaiki bodi mobil penyok dengan menggunakan air panas tersebut hanya bisa untuk bagian bumper yang notabennya terbuat dari fiberglass, tidak untuk bodi mobil yang menggunakan pelat besi.

  • Pakai cairan karbondioksida dan hair dryer

Cara memperbaiki bodi mobil penyok yang bisa dilakukan sendiri di rumah selanjutnya adalah dengan alat hair dryer serta cairan karbondioksida.

Hair dryer merupakan alat pengering rambut dan harganya tidak mahal. Saat ini di beberapa toko online dijual dengan harga kisaran mulai dari Rp 175 ribu. Sedangakan cairan karbondioksida dijual dengan kisaran harga Rp 50 ribuan per liter.

Langkah awal untuk memperbaiki bodi mobil penyok dengan menggunakan cairan karbondioksida dan alat hair dryer adalah menyiapkan keduanya. Setelah itu, nyalakan nair dryer tersebut dan arahkan udara panas yang ke luar dari hair dryer ke bagian bodi mobil yang penyok sampai dirasa panas yang dibutuhkan sudah cukup.

Umumnya memanaskan bodi mobil berkisar 5 sampai 10 menit. Selanjutnya adalah dengan menyemprotkan cairan karbondioksida tersebut ke bagian bodi mobil yang penyok sembari ditekan-tekan pada bagian bodi tersebut sampai bentuknya kembali seperti semula.

Baca juga  6 Rekomendasi Bengkel Jok Mobil untuk Modifikasi

Sebagai informasi, cara memperbaiki bodi mobil penyok dengan hairdryer dan cairan karbondioksida tersebut adalah memanfaatkan momentum perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok pada bodi mobil akan tertarik akibat dorongan atau hentakan daya dorong imbas dari perubahan suhu yang mendadak tersebut.

Selain itu, hair dryer merupakan alat pengering rambut yang dapat mengeluarkan hawa panas dengan cepat dan cairan karbondioksida merupakan cairan yang mampu menurunkan panas secara cepat.

Oh ya, perbaikan dengan cara ini hanya bisa dipraktekkan untuk penyok bodi yang kecil dan ringan, tidak bisa untuk penyok bodi yang lebar apalagi ada kerusakan atau pecah pada bodi.

  • Menggunakan es batu

cara memperbaiki bodi mobil penyok
Menggunakan es batu

Cara memperbaiki bodi mobil penyok yang bisa dikerjakan sendiri di rumah adalah dengan menggunakan es batu dan alat hair dryer serta kain bersih.

Caranya cukup mudah, pertama tempelkan es batu pada bagian bodi mobil yang penyok sampai muncul butiran-butiran seperti salju pada bodi mobil. Selanjutnya arahkan panas hair dryer ke bagian bodi mobil yang penyok tersebut sambil ditekan-tekan bagian penyok hingga penyok pada bodi mobil hilang.

Penggunaan es batu sebenarnya sama dengan cara sebelumnya yaitu menggunakan cairan karbondioksida. Es batu bisa digunakan jika susah mendapatkan cairan karbondioksida di sekitaran rumah.

  • Menggunakan alat Pops A Dent

cara memperbaiki bodi mobil penyok
Alat Pops A Dent

Cara memperbaiki bodi mobil penyok selanjutnya untuk dikerjakan di rumah sendiri adalah dengan menggunakan alat yang bernama Pops A Dent.

Baca juga  7 Penyebab Turun Mesin Mobil, Harus Dicegah!

Alat ini berbentuk seperti jembatan yang fungsinya untuk mendistribusikan tekanan yang merata. Oh ya, saat membeli pops a dent, pastikan memilih ukuran pad dan lem yang sesuai dengan ukuran penyok mobilnya.

Langkah awal adalah tuangkan cairan lem yang sudah dipanaskan tersebut ke bagian pad yang akan ditempelkan pada bodi mobil yang penyok selama 3 sampai 5 menit, jangan sampai lebih dari 8 menit.

Kemudian setelah lem benar-benar kering, letakan alat pops a dent yang berbentuk seperti jembatan pada bagian penyok bodi dan pasang knop untuk memutar pad yang sudah dipasang sebelumnya.

Jika sudah terpasang, putar knop secara perlahan sampai bodi tertarik dan penyok hilang. Jika hasil belum maksimal, ulangi cara tersebut secara berulang sampai hasil maksimal.

“Cara memperbaiki bodi mobil penyok sendiri di rumah memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan air panas, hair dryer, es batu, dan alat pops a dent. Namun harus diingat bahwa penyok bodi yang bisa diperbaiki dengan cara tersebut yang bersifat penyok ringan,” ungkap Pak Bandot, salah satu mekanik bengkel reparasi bodi mobil di kawasan Cirendeu. (5/9/2021).

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara memperbaiki bodi mobil penyok yang bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru