by

Apa Itu Bengkel Ketok Magic? Pakai Sihir?

Bengkel ketok magic, bengkel yang pada era 1980-an sampai awal tahun 2000-an masih menjadi pilihan beberapa pemilik mobil jika mengalami kerusakan pada bodi mobilnya.

Umumnya bengkel ketok magic pagar pintu depannya sengaja dibuat tinggi dan terkesan tertutup untuk akses orang lain selain karyawan dan pemiliknya. Alhasil bengkel ini banyak dirumorkan mendapat bantuan dari mahluk halus seperti tuyul atau gendoruwo saat mengerjakan perbaikkan bodi mobil.

Umumnya pemilik mobil tidak boleh masuk dan melihat proses perbaikannya. Hanya terdengar dari luar, suara ketukan palu pada plat mobil serta proses pengerjaanya terbilang cepat.

Hal tersebutlah yang membuat beberapa pemilik mobil menyangka bengkel ketok magic mendapat bantuan mahluk halus dalam proses perbaikannya.

Sejarah singkat ketok magic

bengkel ketok magic
Kusmanadi (bersedekap) dan rekan bengkelnya

Ketok magic sebenarnya merupakan bengkel reparasi bodi mobil yang terkenal dengan kecepatan perbaikannya. Selain itu, harganya juga terbilang ramah di kantong.

Dilansir dari beberapa sumber, pelopor ketok magic adalah Mbah Turut pada tahun 1976, kemudian dilanjutkan oleh muridnya bernama Kusmanadi yang merantau ke Yogyakarta pada tahun 1984 dengan nama bengkel “kenteng teter”.

Proses pengerjaan perbaikan yang cepat serta pemilik mobil tidak boleh melihat secara langsung porses perbaikannya dan dipatok dengan tarif yang ganjil menimbulkan persepsi konsumen di wilayah tersebut ada mahluk halus yang membantunya, sehingga munculah nama bengkel ketok magic, menggantikan nama bengkel kenteng teter.

Baca juga  6 Bahaya Air Hujan Untuk Mobil, Waspadalah!

Singkat cerita, seiring berkembangnya bengkel tersebut, akhirnya Kusmanadi membuka bengkel ketok magic di Jakarta pada tahun 1988 di wilayah Condet, hingga sekarang menyebar di beberapa wilayah Jakarta.

Peralatan bengkel ketok magic

Bengkel ketok magic
Peralatan tradisional bengkel reparasi bodi mobil atau dikenal ketok magic

Meski terkenal dengan hasil yang mulus dan cepat serta harga yang kompetitif, bengkel perbaikan bodi mobil ini pada awalnya hanya menggunakan alat yang terbilang sederhana.

Adalah alat palu, teter dan lamak, keduanya terbuat dari bahan material besi baja berbentuk lempengan dengan berbagai bentuk untuk menyesuaikan kebutuhan saat proses perbaikan.

  • Teter

Teter dalah lempengan besi baja yang berfungsi untuk menahan ketukan palu dari depan pelat bodi mobil.

  • Lamak

Sementara lamak merupakan lempengan besi baja yang berfungsi untuk menahan ketukan palu dari bagian dalam atau belakang pelat bodi mobil.

Meski demikian, peralatan pendukung yang digunakan bengkel ketok magic saat ini selain menggunakan teter dan lamak serta palu juga menggunakan dent removal, hair dryer, serta kawat las.

Cakupan dan biaya perbaikan bengkel ketok  magic

bengkel ketok magic
Perbaikan di bengkel yang disebut sebagai ketok magic

Awal mula bengkel ketok magic di wilayah Blitar dan di Yogyakarta adalah memperbaiki kerusakan bodi yang tergolong ringan, seperti penyok yang tidak terlalu besar dan dalam.

Baca juga  Cara Mudah Membersihkan Busi Motor dan Busi Mobil

Namun seiring dengan pengetahuan para mekaniknya, saat ini bengkel tersebut juga bisa menangani kerusakan bodi yang parah.

“Umumnya konsumen yang datang ke bengkel kami kerusakan bodi mobilnya tergolong ringan. Kami juga terus belajar untuk bisa menangani kerusakan yang lebih parah, namun bisa dikerjakan dengan waktu singkat dan hasil yang maksimal,” terang Pak Bendot, salah satu mekanik bengkel ketok magic dikawasan Cirendeu. (4/9/2021).

“Jika kerusakan ringan bisa kami tangani sendiri, namun jika kerusakannya parah dan kami merasa membutuhkan waktu lama untuk proses perbaikannya maka biasanya kami menghubungi bengkel ketok magic lain rekanan kita untuk datang membantu proses perbaikannya. Tujuannya agar tidak memakan waktu lama,” imbuh Pak Bandot.

Biaya perbaikan di bengkel ketok magic ada dua jenis, yaitu tergantung dari material mobilnya. Untuk bagian bodi  mobil yang terbuat dari fiberglass seperti bumper dikisaran Rp 300 ribuan.

“Untuk perbaikan pada bagian bumper kita patok harga kisaran Rp 300 ribuan, sedangkan untuk perbaikan pada bagian bodi yang terbuat dari plat besi harga yang kami patok dikisaran Rp 450 ribu per panel. Itu sudah termasuk pengecatan,” jelas Pak Bandot.

Baca juga  Tips Sewa Mobil Saat Wisata di Jogja

“Selain itu, kami juga bisa menawarkan paket untuk restorasi total. Seperti contohnya sempat ada pemilik mobil Toyota Avanza yang mobilnya mengalami kerusakan parah pasca kecelakaan. Kami perbaiki dan kami ganti semua, untuk harganya Rp 27 juta. Namun hasilnya seperti mobil baru keluar dari diler,” imbuh Pak Bandot sambil tersenyum.

Durasi perbaikan di bengkel ketok magic

bengkel ketok magic
Ilustrasi lokasi bengkel yang ahli ketok magic

Bengkel ketok magic terkenal dengan kecepatan perbaikan kerusakan bodi mobil dan hasil yang bagus. Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan bodi yang penyok tidak lebih dari 3 jam.

“Untuk kerusakan yang ringan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan sekitar satu sampai dua jam. Bahkan kalau penyoknya sedikit dan hanya di satu titik 30 menit bisa selesai. Nah, kalau kerusakannya parah dan mengharuskan kami memanggil mekanik bengkel ketok magic dari bengkel lain biasanya kami butuh waktu sehari alias mobil diinapkan sehari,” tutup Pak Bandot.

Moladiners, itulah ulasan mengenai bengkel ketok magic. Kamu boleh coba untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak, terlebih kalau punya bujet terbatas. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya pantau terus Moladin.com.

Terbaru