by

Daftar Biaya Ketok Magic Vs Bengkel Bodi Repair

Ketok magic menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin melakukan perbaikan bodi mobil yang rusak. Biaya ketok magic pun cenderung lebih terjangkau, bila dibandingkan dengan perbaikan di bengkel resmi.

Keunggulan menggunakan jasa ketok magic selain harganya yang lebih murah. Proses pengerjaannya pun cenderung lebih cepat dibanding bengkel bodi repair biasa.

Pasalnya bila mengandalkan layanan bengkel resmi, biasanya kendaraan kalian akan ditinggal untuk beberapa waktu. Jika terjadi antrian bahkan bisa mencapai 2 minggu hingga 3 minggu.

Tentunya hal ini bakal mengganggu mobilitas kalian, khususnya yang mengandalkan mobil sebagai moda transportasi harian. Maka tak heran hingga saat ini layanan ketok magic masih menjadi pilihan bagi banyak masyarakat di Indonesia.

Sedikit membahas mengenai biaya ketok magic, sebenarnya untuk setiap perbaikan bodi mobil memiliki banderol yang berbeda-beda. Tergantung dari kerusakan, dan juga tingkat kesulitan dalam pengerjaannya.

Daripada penasaran, berikut ini Moladin akan memberikan gambaran seputar biaya ketok magic mobil.

Segini Biaya Ketok Magic Mobil

Menakar biaya ketok magic
Menakar biaya ketok magic, murah?

Mengacu dari pengalaman dan menggali sejumlah sumber. Biaya ketok magic mobil di wilayah Jabodetabek khususnya cukup beragam, menyesuaikan dengan dana yang dimiliki pelanggan.

Nah, yang tak kalah penting biaya ketok magic juga bisa disesuaikan keingingan konsumen. Biasanya setiap penyedia jasa tidak mematok harga.

Bayu Ari Nugroho, seorang pemiliki bengkel ketok magic di Jatimurni, Bekasi menjelaskan, setiap perbaikan bodi itu tidak ada harga patokan resminya.

“Contoh kalau perbaikan penyok halus di panel bodi, tidak bisa disamakan dengan kondisi yang penyoknya banyak. Kita nggak bisa menghargai satu penyok misalnya Rp 75 ribu atau Rp 100 ribu. Untuk harga jadinya berdasarkan kesepakatan antara bengkel dan pemilik mobil,” ujar Bayu.

Pasalnya ada juga konsumen yang justru melihat dulu hasil pengerjaannya, baru memberikan estimasi yang harus dibayarkan. Terkadang dana yang dikeluarkan ditambah dari biaya awal yang disepakati.

Baca juga  8 GPS Tracker Terbaik, Antisipasi Mobil Kemalingan

“Banyak juga konsumen ketika puas dengan pengerjaan yang kita lakukan. Justru memberikan uang lebih. Jadi kalau bicara biaya, sebenarnya tidak bisa diperkirakan dengan jelas,” paparnya.

Ia pun menegaskan, biaya ketok magic itu tidak bisa disamakan dengan bengkel bodi repair. Apalagi dibawah naungan bengkel resmi pabrikan.

“Kalau biaya ketok magic seperti bengkel kami ini biasanya lebih menyesuaikan dengan bujet dari konsumen. Karena terkadang konsumen bujet pas-pasan pun tetap kita layani selama masih cukup untuk biaya pembelian cat dan juga jasa,” imbuh Bayu.

Saat dikonfirmasi lebih jauh mengenai biaya ketok magic untuk mobil yang ringsek. Bayu menegaskan jika konsumen ingin melakukan perbaikan, biasanya di konfirmasi terlebih dahulu.

Apakah ingin diperbaiki atau ingin melakukan penggantian suku cadang. Namun yang pasti jika harus penggantian suku cadang tentunya biaya yang dikeluarkan akan semakin membengkak.

Sebagai gambaran untuk kalian, di bengkel ketok magic milik Bayu. Biasanya biaya ketok magic untuk perbaikan per panel berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 550 ribuan, tergantung kerusakannya.

Biaya ketok magic tersebut sudah meliputi pengecatan pada bodi yang rusak. Harga pun mempengaruhi jenis cat yang digunakan, Sob!

Jika material yang diperbaiki berbahan fiberglass, seperti bumper dan lain-lain. Bakal dikenakan tariff yang cenderung lebih murah, sekira Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribuan.

Tak hanya sebatas perbaikan per panel atau per bagian. Bengkel ketok magic milik Bayu juga menerima perbaikan bodi secara menyeluruh.

Untuk urusan harga, biaya ketok magic untuk satu unit mobil bisa mencapai puluhan juta rupiah, Sob! “Kalau untuk pengerjaan satu mobil, contoh Avanza biayanya bisa di atas Rp 20 jutaan. Karena biasanya banyak part-part yang butuh diganti baru dan nge-press rangka,” beber Bayu.

Biaya Ketok Magic Vs Bengkel Bodi Repair Pribadi, Mana Lebih Murah?

proses dempul dan pengecatan di bengkel bodi repair
Proses dempul dan pengecatan di bengkel bodi repair

Gimana sudah ada gambaran mengenai biaya ketok magic? Nah, sebelum kalian memutuskan untuk memperbaiki bodi kendaraan. Sebaiknya juga perlu mengetahui biaya pengecatan di bengkel pribadi.

Bengkel perbaikan bodi milik pribadi atau independen dan bengkel ketok magic merupakan dua pilihan layanan pengecatan yang tersedia untuk masyarakat. Keduanya menjadi tempat perbaikan bodi yang populer, karena harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau.

Baca juga  Penyebab Persneling Mobil Matik Macet dan Solusinya

Apalagi bila dibandingkan dengan bengkel bodi repair resmi milik dealer atau agen pemegang merek (APM). Lalu mana kira-kira yang lebih murah, antara bengkel ketok magic Vs bengkel bodi repair pribadi?

Sebagai gambaran untuk kalian, baik bengkel ketok magic dan bengkel bodi repair pribadi. Sebenarnya metode penghitungan biayanya nyaris serupa.

Penghitungan biaya perbaikan bodi berdasarkan panel yang diperbaiki. Untuk biaya perbaikan di bengkel bodi repair pribadi biayanya sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribuan per panel tergantung pada tingkat kerusakannya.

Namun jika ingin pengecatan secara menyeluruh, biayanya sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 650 ribuan. Tergantung pada jenis cat yang akan digunakan.

Namun ada sebagian bengkel yang memberikan tarif cukup unik, berdasarkan jengkal tangan. Namanya bengkel pribadi, jadi mungkin disesuaikan dengan keinginan si pemilik, Sob!

Menurut penelusuran Moladin, perbaikan bodi sampai mulus kembali biasanya mulai Rp 300 ribu dan dihitung per jengkal tangan pada bagian yang rusak. Jadi semakin besar kerusakan yang diperbaiki, biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Kedua jenis bengkel pribadi tersebut pengerjaannya tidak menggunakan oven, ya! Jadi kira-kira lebih baik ketok magic atau bengkel bodi repair pribadi, Sob?

Merawat Cat Mobil Tetap Dalam Kondisi Kinclong

Merawat mobil dengan mencuci
Setelah mengetahui biaya ketok magic, sebaiknya lakukan perawatan bodi kendaraan kalian

Setelah mengeluarkan biaya ketok magic, sebaiknya kalian jangan lupa untuk selalu menjaga bodi mobil tetap kinclong. Mobil yang bersih tentunya menjadi impian semua orang, karena akan lebih sedap dipandang.

Baca juga  9 Penyebab Mobil Brebet Saat Digas, Bikin Tidak Nyaman

Dalam merawatnya, kalian perlu melakukan sejumlah langkah yang wajib diperhatikan. Mulai dari mencuci mobil setelah terkena air hujan, jangan menutup mobil dengan sarung mobil, hindari sinar matahari langsung, hindari terkena embun pagi, dan gunakan wax seperlunya.

Air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil. Sebaiknya mobil langsung dicuci dan diseka sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur.

Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari body mobil. Kalian pun sebaiknya tidak menutup mobil dengan sarung mobil.

Pasalnya dengan menutup body mobil dengan sarung malam hari atau saat hujan dapat membuat permukaan body mobil menjadi lembab sehingga menjadi lebih mudah berjamur. Begitupun saat panas, debu yang menempel di permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

Tak kalah penting, sebaiknya kalian tidak memarkirkan mobil dibawah matahari langsung. Karena matahari berpotensi menyebabkan kadar warna cat akan menurun.

Embun malam ternyata juga kurang baik bagi bodi mobil kalian. Sama seperti hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung air hujan. Oleh karena itu, lebih baik simpan mobil di tempat tertutup seperti garasi.

Terakhir, kalian juga perlu perhatikan penggunaan wax untuk merawat cat mobil. Boleh saja asal tidak berlebihan, karena pemakaian wax yang berlebihan dan sering dapat membuat cat mobil kalian terkikis. Jadi, gunakan wax seperlunya agar cat mobil tetap mengkilap dan awet lebih lama.

Semoga informasi biaya ketok magic, beserta cara merawat cat mobil ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru