by

6 Penyebab Pintu Mobil Berbunyi Berisik, Harus Tahu!

Penyebab pintu mobil berbunyi ada beberapa faktor, umumnya disebabkan karena kualitas karet-karet yang sudah tidak layak pakai. Meski demikian ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan agar bunyi yang mengganggu bisa sirna.

Pintu mobil berfungsi sebagai akses keluar masuk pengemudi dan penumpangnya. Tentu buka tutup pintu mobil merupakan aktivitas yang dilakukan pemilik mobil baik sebelum dan sesudah melakukan perjalanan dengan mobil kesayangannya.

Dalam beberapa kasus, pemilik mobil mengeluhkan bunyi yang muncul saat pintu dibuka atau ditutup. Bunyi decitan yang muncul tersebut tentunya menganggu kenyamanan bagi pemilik mobil.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab pintu mobil berbunyi, mari kita simak beberapa biang masalahnya:

Inilah yang Menyebabkan pintu mobil berbunyi

1. Engsel pintu kurang pelumas

penyebab pintu mobil berbunyi
Engsel pintu harus diberi pelumas secara berkala

Penyebab pintu mobil berbunyi yang pertama umumnya disebabkan oleh bagian engsel pintu yang kering alias kurang pelumas.

Engsel pintu terbuat dari bahan besi yang bertugas memegang sekaligus membuat pintu bisa dibuka dan ditutup. Perubahan cuaca, terkena debu dan air merupakan penyebab engsel pintu menjadi kurang optimal fungsinya.

Nah, jika kotoran atau debu sudah hinggap di engsel pintu dan tidak dibersihkan maka biasanya akan muncul bunyi decitan saat pintu dibuka atau ditutup. Selain itu juga pintu akan terasa berat saat akan dibuka atau ditutup.

Baca juga  Cakram Mobil Berkarat, Bisa Berbahaya?

2. Karet pintu sudah getas

Penyebab pintu mobil berbunyi selanjutnya adalah kondisi karet pintu yang sudah getas alias tidak layak pakai.

Karet pintu mobil berfungsi untuk menahan benturan langsung antara pintu dengan bodi mobil. selain itu juga berfungsi untuk menahan air, debu dan angin dari luar agar tidak masuk ke dalam kabin mobil, serta meredam getaran pintu mobil saat melewati jalan yang tidak rata.

Beberapa ciri karet mobil yang sudah tidak layak pakai adalah karet sudah mengeras atau sudah tidak lentur, bentuk karet yang berubah (menjadi lebih pipih) serta ada robekan dari karet tersebut.

Imbas dari karet mobil yang sudah getas tentunya akan muncul bunyi berisik dari getaran pintu saat melewati jalanan yang rusak. Selain itu juga saat pintu ditutup akan muncul bunyi benturan antara pintu dengan bodi mobil karena fungsi elastis karet mobil tersebut sudah tidak optimal untuk menahannya.

3. Karet bantal ganjalan pintu aus

Berikutnya, penyebab pintu mobil berbunyi adalah karet ganjalan pintu sudah aus. Karet ganjalan pintu berfungsi hampir sama dengan karet pintu. Namun lebih spesifik fungsinya untuk menahan pintu agar tidak berbenturan langsung dengan bodi mobil.

Umumnya jika karet bantalan pintu sudah mulai aus, maka akan muncul suara benturan antara pintu dan bodi mobil. selain itu juga pintu mobil kerapatannya tidak optimal saat kondisi ditutup.

Baca juga  Mobil Tersendat Saat Digas? Bisa Jadi Ini 6 Penyebabnya

Untuk kenyamanan berkendara, jika bantalan karet pintu sudah terindikasi aus segera diganti dengan yang baru, karena harga komponen ini juga tergolong ramah di kantong alias murah.

4. Kaca pintu kendur

penyebab pintu mobil berbunyi
Bunyi berisik pintu bisa disebabkan oleh kaca yang sudah kendur

Kaca pintu yang kendur merupakan salah satu penyebab pintu mobil berbunyi. Suara getaran kaca yang kendur tentunya sangat menganggu kenyamanan berkendara.

Hal tersebut baiknya jangan dibiarkan berlarut-larut. Sebab selain menimbulkan suara yang berisik bisa juga mengakibatkan kaca mobil menjadi pecah karena getaran tersebut.

5. Doortrim kendur

Selain kaca mobil, penyebab bunyi pintu mobil berbunyi berisik adalah karena bagian doortrim ada yang kendur. Biasanya ada salah satu baut yang copot sehingga menyebabkan doortrim menjadi kendur.

Hal tersebut tentu sudah pasti menganggu kenyamanan berkendara dan juga jika dibiarkan terlalu lama posisi doortrim akan menganga dan menganggu estetika keindahan kabin interior mobil.

6. Talang air kendur

penyebab pintu mobil berbunyi
Penyebab pintu mobil berbunyi selanjutnya bisa dari talang air yang kendur

Ada satu komponen lagi sebagai salah satu penyebab pintu mobil berbunyi, adalah talang air yang kendur.

Talang air berfungsi untuk membantu menahan air masuk ke dalam kabin mobil serta bersifat sebagai pemanis atau aksesoris mobil.

Baca juga  Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil, Mahal?

Pemasangan talang air terbilang mudah, hanya direkatkan dengan double tip pada bagian pilar atas kaca pintu mobil.

Nah, karena hanya pemasangannya hanya direkatkan dengan double tip maka rentan akan tersenggol atau menjadi kendur karena faktor usia pakai yang notabennya posisi talang air yang akan langsung terkena sengatan sinar matahari dan air hujan.

Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan perekat pada talang air fungsinya menurun dan imbasnya talang air menjadi kendur.

“Penyebab pintu mobil berbunyi biasanya karena karet-karet yang sudah aus atau engsel kering. Baiknya ganti saja dengan yang baru untuk karet-karetnya, kalau engsel semprot saja dengan cairan khusus biar bunyinya hilang,” ujar Pak Bandot selaku mekanik bengkel spesialis bodi mobil dibilangan Tangerang Selatan. (1/10/2021).

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab pintu mobil berbunyi. Memang penyebab umumnya karena kondisi karet-karet mobil yang sudah aus atau bagian engsel yang perlu dilumasi kembali.

Meski demikian, bunyi yang muncul dari bagian pintu tentu akan menganggu kenyamanan dan fokus saat mengemudikan mobil. Untuk itu baiknya segera diperbaiki atau diganti dengan komponen yang baru agar lebih nyaman dan aman.

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru